Slider

Celana Kulot: Si Celana Nyaman dan Praktis

Kalau dulu celana jeans menjadi primadona di kalangan fashionista, seiring perkembangan tren yang ada, mulai banyak bermunculan jenis-jenis baru dari celana yang dapat menjadi bagian outfit of the day kalian. Contohnya, celana palazzo, boyfriend jeans, overall hingga celana kulot.

Item fashion yang makin beragam ini kadang membawa plus dan minus tersendiri, mulai dari salah memadu padankan beberapa jenis pakaian dalam satu look, atau kehabisan gaya dan stuck dengan gaya yang itu-itu saja.

Tapi, jangan khawatir, kali ini kita akan membagikan tips dan trik memadu padankan celana kulot favorit kalian dalam beberapa gaya yang bisa kalian tiru untuk berbagai acara.

Penasaran? Yuk, simak penjelasan di bawah ini!

Pengertian Kulot

Disadur dari Wikipedia, kata kulot berasal dari bahasa Prancis ‘culotte’ yang memiliki pengertian sebagai salah satu jenis pakaian yang digunakan di tubuh bagian bawah. Culotte dalam bahasa Prancis sendiri memiliki makna sebagai celana dalam, celana panjang, celana pendek, dan lain-lain.

Kata kulot dalam industri mode merupakan jenis kata yang diambil dari desain lintas sejarah, bahasa dan budaya, yang kemudian digunakan untuk mendeskripsikan pakaian yang berbeda – dan seringkali menimbulkan kebingungan bagi sejarawan dan pembaca.

Di Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata kulot memiliki artian sebagai celana dengan potongan lebar dan sebatas lutut. Banyak juga yang mengartikan kulot sebagai perpaduan antara rok dan celana, yakni celana yang memiliki potongan lebar seperti rok – atau muncul istilah rok celana.

Padu Padan Kulot

Dengan bentuk melebar menyerupai rok, celana kulot kini menjadi item fashion favorit karena bahannya yang menyerap keringat, adem saat digunakan dan mempermudah penggunanya untuk bergerak bebas. Celana kulot sangat nyaman digunakan karena biasanya pada bagian pinggang menggunakan karet atau tali yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya tanpa membuat begah atau terlalu ketat.

Meski sering hadir hanya dalam satu ukuran, satu celana kulot dapat digunakan untuk beberapa jenis bentuk tubuh, loh! Elastisitas di bagian pinggang dan sifat celana yang tidak membentuk atau mengexpose bentul kaki sangat menguntungkan untuk beberapa bentuk tubuh. Nah, kali ini kami akan memberi beberapa jenis padu padan atau mix and match celana kulot dalam berbagai gaya pakaian. Yuk, simak penjelasan berikut!

Kulot untuk Gaya Semi-Formal? Siapa Takut!

Dengan bentuk yang mirip rok, celana kulot seringkali memberi kesan santai dan tidak cocok untuk dipadukan dalam OOTD ke acara-acara semi-formal. Tapi, mix and match yang satu ini bisa kalian contek!

Cr: pinterest.com

Memadukan celana kulot hitam dengan blazer warna merah muda seperti ini membuat tampilan kalian menjadi elegan dan cenderung formal. Bentuk tegas dari potongan blazer dapat diimbangi dengan pemakaian celana kulot dalam warna gelap.

Memilih dominasi warna hitam sebagai padu padana outfit semi-formal terbukti dapat membuat tampilan kalian lebih rapi, elegan dan juga sophisticated. Untuk alas kaki, kalian bisa menggunakan heels, flat shoes atau juga dengan sepatu sneakers favorit.

Sebagai pemanis, kalian bisa memadukan OOTD ini dengan beberapa aksesoris berwarna emas untuk menegaskan kesan elegan. Contohnya, jam tangan, gelang / bracelet, atau juga cincin warna serupa. Pemilihan tas dengan tali rantai juga makin membuat tampilan kalian semakin elegan, loh!

Pretty Monochrome

Gaya monokrom atau hanya memakai satu warna dalam padu padan outfit of the day masih menjadi gaya favorit bagi para penikmat fashion. Salah satunya untuk gaya yang satu ini.

Cr: pinterest.com

Memadukan celana kulot berwarna pink pastel dengan blouse warna senada, tampilan ini sangat cocok untuk first date atau untuk datang ke acara semi-formal. Padu padan warna pink pastel memberi kesan girly namun juga elegan untuk look kalian.

Agar tidak monoton atau membosankan, kalian bisa memilih alas kaki dengan warna cokelat tua atau cokelat muda yang masih cocok digunakan dengan padu padan outfit ini. Percantik gaya kalian dengan satchel bag warna putih atau krem pastel.

Make It Simple

Cr: pinterest.com

Padu padan yang ketiga ini sangat cocok untuk jalan-jalan ke mall atau sekedar ngopi dengan teman-teman. Yakni dengan memadukan celana kulot warna hitam dengan blouse lengan panjang warna terracotta. Kalian bisa memadukan kedua warna primer tersebut dengan warna-warna lembut, seperti pink pastel untuk hijab dan tas kalian. Sedangkan untuk alas kaki, kalian bisa menggunakan warna abu-abu pastel atau warna pucat lainnya agar senada dengan warna pink pastel.

Berbunga dan Berseri

Celana kulot tidak hanya hadir dalam berbagai warna-warna polos, loh. Celana dengan bentuk seperti rok ini juga hadir dalam berbagai motif, salah satunya adalah motif bunga-bunga atau flowery pattern.

Cr: pinterest.com

Mencontek dari influencer dan artis Melody Prima, kalian bisa memadukan celana kulot dengan motif bunga-bunga dengan dominasi warna pastel dengan blouse berwarna gelap. Tampilan ini akan membuat kalian terlihat elegan dan juga cocok untuk beraktivitas di acara semi-formal ataupun sekedar jalan-jalan dengan teman.

Sebuah tips untuk kalian yang kadang terlihat lebih pendek saat memakai kulot, pilih celana kulot dengan model tali di pinggang yang dapat disesuaikan dengan bentuk pinggang kalian, ya. Dengan mengeratkan bagian pinggang, kaki kalian akan terlihat lebih jenjang.

Street-Culotte-Style

Bergaya streetstyle tidak selamanya menggunakan celana jenis jeans atau berbahan kulit. Dengan celana kulot, kalian juga bisa bergaya ala streetstyle dengan padu padan yang pas seperti contoh gaya di bawah ini.

Cr: pinterest.com

Menggunakan layering, kalian bisa memadukan dalaman berbahan kaos dengan warna abu-abu muda dengan kardigan berwarna lebih tua. Celana kulot warna hitam dengan aksen belt memberi kesan tegas dan misterius, serta menegaskan gaya streetstyle. Untuk tampil beda, kalian bisa menggunakan tas selempang bermotif tutul atau leopard pattern agar tampilan kalian makin standout.

Kulot Lipit

Selain dengan motif bunga-bunga, celana kulot juga hadir dalam bentuk lipit atau plisket. Sesuai dengan penjelasan sebelumnya, celana kulot dengan bahan plisket makin membuat jenis celana ini mirip dengan rok dengan model serupa.


Cr: pinterest.com

Gaya yang satu ini bisa kalian tiru atau contek untuk hangout ataupun sebagai OOTD ke kampus, loh! Yakni dengan mix and match celana kulot beraksen lipit atau plisket dengan kemeja warna hitam. Alas kaki dengan model  mules beraksen pom-pom sangat cocok untuk tampilan yang lebih elegan.

Agar tidak membosankan, kalian bisa menggunakan tas dengan warna-warna lebih tua, seperti paduan warna cokelat dan hitam seperti yang ada pada model. Selain santai, kalian masih bisa terlihat feminine dan girly.

Nah, dari beberapa gaya di atas, mana nih yang jadi favorit dan akan dicoba?

Apapun gaya yang akan kalian coba, jangan lupa memilih yang paling nyaman dengan kalian, ya. Karena rasa nyaman akan menumbuhkan rasa percaya diri untuk berkegiatan sehari-hari. Semoga artikel kali ini bisa menambah informasi dan menginspirasi kalian semua, ya!

No comments

Post a Comment

DON'T MISS

Facebook, Instagram, Tiktok, Youtube
© all rights reserved
i want my journey to be full of laughter