Slider

Dear Parents, Begini Cara Mengatasi Anak Pemalu

Di masyarakat kita, kita tahu setiap orang mempunyai sifat yang beragam. Ada orang yang mempunyai sifat pemberani, pemalu, penakut, dan lain sebagainya. Dan tentu sifat itu tak langsung muncul tiba-tiba ketika seorang itu sudah beranjak dewasa. Namun sifat itu sudah muncul ketika masa balita. Adapun salah satu jenis sifat itu adalah pemalu.


Menurut kamus psikologi sifat pemalu di sini mempunyai arti sifat yang ada dalam diri seseorang yang sangat peduli dengan pandangan seseorang terhadap orang lain.  Biasanya sifat pemalu itu sendiri sudah dimiliki oleh seseorang ketika masih  anak. Di mana pada anak yang mempunyai sifat pemalu itu sendiri biasanya tidak percaya diri saat bertemu dengan orang baru.

Bagi para orang tua yang mempunyai anak dengan sifat pemalu pasti akan mencari cara agar sifat pemalu pada anak segera pergi. Di sini kami akan memberikan informasi yang berguna dan bermanfaat untuk anda semua tentang cara mengatasi anak yang pemalu. Anda penasaran? Yuk kita baca dan simak bersama penjelasan yang akan kami tulis dan utarakan seperti yang ada di bawah ini.

Ajarkan anak untuk percaya diri

Salah satu jenis penyebab yang menjadikan anak itu menjadi pemalu saat bertemu dengan orang lain yaitu adalah karena ia kurang percaya diri. Maka dari itu sebagai langkah pertama yang perlu diajarkan oleh orang tua adalah dengan mengajari anak untuk bisa percaya diri. Setelah anak diberikan edukasi dari orang tua untuk percaya diri dan merasa nyaman dengan dirinya. Rasa malu itu secara perlahan akan hilang.

Ajak anak untuk bertemu dengan lingkungan sosial

Sebab lain yang membuat seorang menjadi pemalu adalah karena kurang interaksi anak dengan dunia sosialnya. Maka dari itu di sini peran orang tua yang bisa dilakukan adalah  dengan mengaja anak untuk bertemu dan berkomunikasi dengan  lingkungan sosial. Adapun di sini contohnya adalah dengan mengajak anak untuk mau bermain dengan teman yang sebaya dengannya.

Bantu dan ajarkan pada anak untuk berinteraksi dengan orang lain.

Kemudian untuk cara kedua yang bisa dilakukan oleh orang tua adalah dengan mengajarkan pada anak untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain. Karena rupanya di sini sebab lain seorang anak itu merasa pemalu adalah karena masih sulit untuk berinteraksi dengan orang lain. Maka dari itu di sini perlu peran dari orang tua untuk mau mengajarkan untuk bisa berinteraksi dengan orang lain.

Jangan terlalu memaksa anak

Sebagian besar orang tua ketika melihat atau mengetahui anak mereka itu pemalu ketika bertemu dengan orang lain adalah mereka cenderung membujuk anak. Namun rupanya hal yang semacam itu tentu saja kurang pas. Karena setiap anak itu sendiri mempunyai cara sendiri ketika mereka berada di tempat yang baru. Mungkin saja di sini anak termasuk anak yang mempunyai karakter yang mengamati lingkungan terlebih dahulu barulah ia mau bersosialisasi. Maka dari itu para orang tua jangan terlalu memaksakan anak.

Beri latihan pada anak saat di rumah

Cara lain yang bisa dilakukan oleh para orang tua ketika anak mereka pemalu adalah anak perlu untuk diberikan latihan saat berada di rumah. Karena di sini beberapa kasus ditemui adalah jika anak yang pemalu karena tidak dilatih di rumah oleh orang tua. Maka perlu untuk anda agar memberi latihan pada anak. Sebagai contoh di sini adalah anda bisa mengajarkan pada anak anda untuk bersalaman dengan orang lain yang lebih tua.

Beri pujian

Selain itu di sini orang tua perlu untuk  memberi pujian pada anak mereka. Ketika si anak sudah berani untuk melawan rasa malu yang ada dalam dirinya ketika bertemu dengan orang lain. Maka dari itu di pihak orang tua itu sendiri jangan pernah sungkan untuk memberikan pujian pada anak.  Dengan anda memberikan pujian pada anak anda tidak hanya membuat anak merasa senang tapi juga membuat anak merasa semakin menjadi percaya diri dan tidak malu saat bertemu dengan orang lain.

Ajarkan pada anak cara menanggapi sapaan

Cara lain di sini yang bisa dilakuan oleh para orang tua adalah dengan mengajarkan pada anak cara untuk bisa menanggapi sapaan. Karena bisa jadi di sini seorang anak  menjadi pemalu karena ia tidak tahu bagaimana cara menanggapi sapaan orang lain. Maka dari itu di sini orang tua perlu untuk mengajarkan pada anak untuk bisa menanggapi sapaan yang diberikan pada orang lain pada si anak.

Tidak merasa malu dengan sikapnya

Beberapa orang tua merasa  malu dan tidak enak pada orang lain ketika anak mereka itu pemalu. Sebaiknya di sini anda tidak perlu merasa malu. Karena kita semua tahu bahwa masing-masing anak itu sendiri mempunyai karakter masing-masing. Di sini anda sebagai orang tua diajak untuk tidak hanya fokus pada sifat anak anda yang pemalu saja. Namun di sini anda perlu melihat sisi positif yang dimiliki oleh anak anda.

Sabar

Seringkali di sini orang tua itu merasa tidak sabar dengan anak ketika anak mempunyai sifat pemalu. Akibatnya di sini orang tua itu sering memaksakan pada anak apa yang harus dilakukan pada orang lain. Maka dari itu di sini orang tua itu perlu belajar untuk sabar dalam menghadapi sifat anak yang pemalu ketika bertemu dan berinteraksi dengan orang lain.

Tidak melabel anak

Sebagian besar orang tua akan merasa gemas ketika  melihat anak mereka itu  pemalu. Akibatnya di sini sering orang tua melabel anak dengan nada yang negatif. Akibatnya di sini anak menjadi semakin  menjadi-jadi. Maka dari itu dari para orang tua alangkah baiknya untuk tidak melabel cap negatif pada anak.

Ajak bermain dengan teman

Salah satu sebab lain yang membuat anak menjadi pribadi yang pemalu adalah karena ia jarang untuk berinteraksi dengan teman sebaya. Akibatnya di sini anak menjadi asing ketika bertemu dengan orang lain dan menjadi pemalu. Maka dari itu di sini penting bagi para orang tua untuk bisa mengajak anak untuk bermain dan juga berinteraksi dengan teman sebayanya.

Nah untuk para orang tua yang mempunyai anak yang memiliki sifat pemalu janganlah merasa khawatir. Karena sifat pemalu itu bisa dilatih secara terus-menerus dengan tindakan yang positif sehingga bisa menjadikan anak mempunyai sifat berani dan juga percaya diri.

Itulah tadi beberapa informasi yang bisa kami bagikan untuk anda semua tentang cara mengatasi anak yang pemalu. Semoga informasi yang kami bagikan itu bisa berguna untuk anda semua para orang tua yang mempunyai anak yang pemalu.

No comments

Post a Comment

DON'T MISS

Facebook, Instagram, Tiktok, Youtube
© all rights reserved
i want my journey to be full of laughter