Slider

Dijamin Cair! Begini Caranya Mendapatkan Pinjaman dari Aplikasi Akulaku Terbaru


Pernah nggak sih kamu punya kebutuhan yang begitu mendesak tapi keuangan sedang seret dan tanggal gajian masih lama? Mau pinjam ke tetangga atau kerabat tapi mereka juga sedang sama-sama susah. Mau mengajukan pinjaman ke bank tapi prosesnya cukup ribet dan butuh waktu yang lama padahal kebutuhanmu sudah sangat mendesak untuk segera dipenuhi.

Kalau kamu punya masalah seperti di atas, pinjaman online adalah solusi yang paling tepat untuk mengatasi masalahmu. Kamu bisa mendapatkan sejumlah dana dengan cepat dan tanpa ribet dengan mengajukan pinjaman melalui aplikasi-aplikasi penyedia jasa pinjaman online. Salah satu aplikasi yang menawarkan kemudahan untuk mendapatkan pinjaman dana secara online adalah Akulaku. Nah, untuk kamu yang ingin tahu serba-serbi mendapatkan pinjaman dari aplikasi Akulaku, pastikan kamu membaca artikel ini sampai selesai ya!

Sekilas tentang aplikasi Akulaku

Akulaku adalah salah satu perusahaan pembiayaan yang sudah mendapatkan izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Indonesia. Adapun nomor izinnya adalah KEP-436/NB.11/2018. Untuk mempermudah dalam memberikan layanan kepada para nasabahnya, perusahaan ini meluncurkan aplikasi yang bisa diinstal melalui perangkat seluler baik yang berbasis android maupun ios. 

Aplikasi Akulaku yang pertama kali dirilis di Google Play Store pada tanggal 19 Mei 2016 sudah diunduh oleh lebih dari 10 juta pengguna android. Aplikasi ini mendapat sambutan yang cukup hangat dari masyarakat karena fiturnya yang lengkap dan terhitung mudah untuk digunakan. Hal ini dibuktikan dari rating yang diperoleh aplikasi Akulaku di Play Store yaitu 4,3 dari bintang 5.

Layanan yang disediakan oleh Akulaku

Dikenal sebagai salah satu aplikasi perusahaan pembiayaan terbaik di Indonesia, Akulaku memiliki beberapa layanan yang sangat membantu masyarakat dalam urusan pembiayaan. Layanan yang dimaksud adalah sebagai berikut :

1# Layanan Kredit

Kamu ingin membeli handphone baru tetapi budgetmu terbatas? Atau kamu ingin berbelanja aneka gadget lainnya secara online tapi ragu akan keamanannya? Kamu bisa menggunakan aplikasi Akulaku untuk mengatasi permasalahanmu itu.  

Aplikasi Akulaku memungkinkanmu untuk belanja banyak barang secara online dengan aman. Mirip dengan marketplace lainnya, dengan menggunakan aplikasi yang satu ini kamu juga bisa menemukan beragam barang mulai dari make up sampai gadget. Kelebihan menggunakan aplikasi Akulaku untuk berbelanja online adalah kamu bisa membeli barang dengan cara kredit. 

Tenang saja! Untuk dapat menikmati layanan kredit ini, kamu tak perlu memiliki kartu kredit kok. Kamu juga bisa mencicil barang yang kamu beli dengan beragam pilihan cicilan mulai dari 3 bulan sampai 12 bulan. Selain itu beberapa barang bahkan bisa langsung kamu pinang tanpa perlu membayar DP loh.

2# Layanan Pinjaman Online 

Selain memungkinkan para penggunanya untuk dapat berbelanja dengan sistem kredit, aplikasi Akulaku juga memberikan layanan pinjaman secara online. Ya, pengguna Akulaku bisa melakukan pengajuan melalui aplikasi yang telah diinstal di ponselnya masing-masing. Selain kemudahan proses yang ditawarkan, pinjaman online melalui aplikasi Akulaku juga memiliki banyak kelebihan, diantaranya :

  • Limit yang cukup tinggi yakni bisa mencapai 15 juta rupiah.
  • Tenor atau waktu pengembalian dana yang dipinjam cukup panjang yakni lebih dari 90 hari. Tersedia 4 jangka waktu pengembalian dana yaitu 3 bulan, 6 bulan, 9 bulan dan 12 bulan.
  • Biaya administrasi per bulan hanya 1% dari pokok dana yang dipinjam
  • Bunga pengembalian dana setiap bulannya hanya 0,6% dari pokok pinjaman
  • Maksimum suku bunga tahunan yang diterapkan hanya 30% dan ini sudah meliputi biaya administrasi dan bunga pengembalian setiap bulan

2.1# Syarat mengajukan pinjaman Akulaku

Untuk dapat menikmati fasilitas pinjaman online dari aplikasi Akulaku, terlebih dulu kamu harus memenuhi beberapa persyaratan yang telah ditentukan. Pada dasarnya, syarat mengajukan pinjaman di Akulaku tidak jauh berbeda dari syarat yang ditetapkan untuk memperoleh pinjaman online lainnya. Berikut ini adalah syarat mengajukan pinjaman di aplikasi Akulaku

  • Memiliki tanda pengenal berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang menyatakan kamu adalah Warga Negara Indonesia
  • Memiliki pekerjaan dan penghasilan tetap setiap bulannya
  • Berusia minimal 21 tahun dan maksimal 55 tahun
  • Memiliki nomor rekening bank yang masih berlaku

2.2# Cara daftar pinjaman Akulaku

Jika kamu sudah memenuhi syarat yang ditetapkan, terlebih dahulu kamu harus mendaftarkan diri sebelum melakukan peminjaman. Ikuti panduan di bawah ini untuk membuat akun di aplikasi Akulaku

  • Pertama, pastikan kamu sudah menginstall aplikasi Akulaku. Untuk kamu yang menggunakan ponsel dengan sistem operasi android, kamu bisa menginstall aplikasi Akulaku di Google Play Store. Sedangkan untuk kamu yang menggunakan Iphone, silahkan install aplikasi Akulaku di Appstore.
  • Buka aplikasi Akulaku yang sudah kamu install kemudian klik menu akun yang terdapat di pojok kanan bawah layar.
  • Klik menu login atau daftar 

  • Isi semua data diri dan informasi keluarga yang diminta lalu ikuti langkah yang diperintahkan selanjutnya

 Akun Akulaku mu sudah siap. Kamu bisa langsung menikmati layanan yang ditawarkan aplikasi Akulaku seperti layanan kredit barang tanpa DP dan pinjaman.

2.3# Cara mengajukan pinjaman Akulaku

Setelah memiliki akun di aplikasi Akulaku, kamu bisa mulai menikmati layaan pinjaman tanpa agunan. Adapaun plafon yang ditawarkan oleh Akulaku mulai dari 500 ribu sampai 3 juta rupiah. Akan tetapi, jika kamu adalah pengguna baru, plafon maksimal yang bisa kamu nikmati hanya 1,5 juta rupiah saja. berikut ini adalah cara mengajukan pinjaman tanpa agunan di aplikasi Akulaku

  • Bukalah aplikasi Akulaku yang sudah terinstall di ponselmu dan pastikan kamu telah membuat akun lalu klik menu KTA Asetku
  • Layar akan menampilkan nominal pinjaman dan tenor pengembalian yang bisa kamu pilih sesuai kemampuanmu. Kamu juga akan diberikan informasi tentang perhitungan bunga sesuai nominal dan tenor pengembalian yang kamu pilih
  • Jika kamu sudah memilih nominal dan tenor, tambahkan nomor rekening dan isilah data diri yang diminta. Pastikan nama di nomor rekening sama dengan nama pada identitas yang sudah kamu input saat melakukan pendaftaran akun agar peluang pengajuan pinjaman untuk diterima lebih besar.
  • Lakukan beberapa verifikasi yang dimita oleh aplikasi Akulaku seperti verifikasi email dan suara.
  • Proses sudah selesai. Kamu tinggal menunggu pengajuanmu disetujuan dan dana ditransfer ke rekening milikmu.

2.4# Cara mengajukan pinjaman 2 juta di Akulaku

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, limit pinjaman yang bisa diperoleh pengguna baru hanya 1,5 juta rupiah. Tapi tenang saja! Kamu juga bisa mengajukan pinjaman hingga 2 juta rupiah di aplikasi Akulaku. Caranya adalah dengan membayar pinjaman yang telah kamu dapatkan sebelumnya tepat waktu. Hal ini akan mempengaruhi skor kreditmu di mata aplikasi dan memperbesar peluangmu untuk mendapat limit pinjaman yang lebih tinggi mencapai 2 juta rupiah.

2.5# Cara mengajukan pinjaman Akulaku tanpa NPWP dan BPJS

Akulaku sebagai penyedia pinjaman berbasis online tentunya akan melakukan pengecekan terhadap data-data dari calon peminjamnya seperti KTP dan NPWP. Tentu saja hal ini menjadi sandungan bagi para mahasiswa atau mereka yang belum bekerja untuk mendapatkan pinjaman tunai di aplikasi Akulaku. Tapi ternyata ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan pinjaman dana dari aplikasi Akulaku walaupun kamu belum memiliki NPWP. Berikut ini cara mengajukan pinjaman di Akulaku tanpa NPWP

  • Pertama, siapkan beberapa hal yang diperlukan untuk proses pengajuan pinjaman seperti KTP, email yang masih bisa diakses, nomor HP aktif, kontak teman atau kerabat terdekat yang bisa dihubungi, dan akun Facebook aktif. Pastikan kamu telah mengatur akun Facebookmu agar data yang ditampilan seperti alamat dan tanggal lahir lahir sesuai dengan KTP yang kamu miliki. Kamu juga harus memastikan foto profil Facebookmu adalah gambar diri yang jelas dan menampilkan wajahmu. Hindari menggunakan foto profil yang tidak relevan seperti gambar anime atau lainnya. Hal ini dilakukan karena pihak Akulaku akan meninjau identitasmu melalui akun Facebook
  • Bukalah aplikasi Akulaku yang telah kamu intsal di ponselmu lalu klik menu akun yang berada di bagian pojok kanan bawah
  • Langkah selanjutnya sama dengan mengajukan pinjaman biasa yaitu mengisi semua data diri yang diminta. Yang perlu kamu ingat adalah dibagian informasi pekerjaan, jangan mengklik menu tidak bekerja. Kamu bisa memilih opsi karyawan dan pilih waktu bekerja 1 sampai tiga tahun. Untuk bagian gaji dan nama perusahaan silahkan kamu isi sesuai dengan keinginanmu. Usahakan nama perusahaan yang kamu pilih adalah usaha yang berada di sekitar alamat tempat tinggalmu
  • Kamu akan diminta untuk mengunggah foto KTP dan fotomu saat memegang KTP. Ikuti proses yang diminta sampai selesai. Pastikan kamu mengambil foto di tempat yang memiliki cahaya yang bagus agar fotomu bisa terlihat jelas.
  • Hubungkan ke akun Facebook yang telah kamu siapkan lalu ikuti langkah selanjutnya yaitu verifikasi suara. Kamu akan diminta untuk membaca nomor yang ditampilkan di layar. Pastikan kamu membacanya dengan suara yang keras dan lancar. Hindari tempat yang memiliki kebisingan agar suaramu dapat terekam dengan jelas.
  • Ikuti langkah selanjutnya dan pengajuanmu telah berhasil. Kamu tinggal menunggu pihak aplikasi Akulaku menyetujui pengajuanmu dan mengirim dana yang disetujui melalui rekeningmu. Biasanya hal ini membutuhkan waktu kurang lebih 24 jam.

Cara ini aman selama kamu memakai KTP asli. Cara ini juga bisa dilakukan ketika kamu ingin mengajukan pinjaman di aplikasi Akulaku tetapi kamu tidak memiliki kartu BPJS.

2.6# Cara membatalkan pinjaman di aplikasi Akulaku

Kemudahan pinjaman yang ditawarkan oleh aplikasi Akulaku memang menggiurkan. Akan tetapi seringkali seseorang berubah fikiran lalu ingin membatalkan pinjaman yang telah diajukan sebelumnya karena alasan tertentu. Jika kamu ingin membatalkan pinjaman yang telah kamu ajukan di aplikasi Akulaku, ikuti langkah-langkah yang telah kami rangkum khusus untukmu berikut ini. 

  • Cari tahu nomor call center Akulaku yang bisa dihubungi. Hal ini diperlukan karena pada dasarnya kamu tidak bisa membatalkan pinjaman yang telah kamu ajukan secara langsung di aplikasi Akulaku. Kamu bisa menghubungi pihak Akulaku melalui nomor telepon 1500920 atau melalui Whatsapp di nomor 0811 1350 8161. Kamu juga bisa menghubungi pihak Akulaku di alamat email cs.id@akulaku.com
  • Hubungi kontak pihak Akulaku. Usahakan untuk menghubungi di hari dan jam kerja untuk meningkatkan peluang pesanmu dibaca oleh customer service Akulaku
  • Sampaikan maksudmu untuk membatalkan pengajuan pinjaman kepada CS Akulaku dan ikuti petunjuk yang diberikan oleh mereka.

2.7# Cara membayar pinjaman Akulaku

Untuk kamu yang telah mengajukan pinjaman melalui aplikasi Akulaku dan telah disetujui, pastikan kamu selalu membayar tagihannya tepat waktu ya! Hal ini dilakukan agar skor pinjamanmu di mata pihak Akulaku baik dan bisa meningkatkan peluangmu untuk mendapatkan limit pinjaman yang lebih tinggi. Ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk membayar tagihan di Akulaku seperti berikut ini. 

2.7.1# Cara membayar pinjaman Akulaku melalui transfer bank

Untuk melakukan pembayaran tagihan Akulaku melalui transfer bank, terlebih dahulu kamu harus memiliki nomor Virtual Accoun dari tagihanmu. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mendapatkan nomer VA dai tagihanmu

  • Buka aplikasi Akulaku lalu Klik menu Keuangan yang berada di sebelah bawah layar
  • Layar aplikasi akan menampilkan jumlah tagihanmu lalu klik Pelunasan Cepat
  • Selanjutnya kamu bisa mengisi kolom jumlah pembayaran dengan nominal yang ingin kamu bayarkan lalu klik Bayar Sekarang
  • Layar akan menampilkan opsi pembayaran Bank Transfer VA  untuk kamu pilih lalu pilih salah satu nomor virtual akun dari Bank yang kamu pilih
  • Salin nomor VA yang ditampilkan oleh layar. 

Kamu juga bisa melihat instruksi pembayaran selanjutnya yang ditampilkan oleh aplikasi Akulaku. Kamu bisa membayar tagihanmu melalui Mobile Banking, Internet Banking, dan ATM

2.7.2# Cara menbayar tagihan Akulaku melalui E-wallet

Selain melalui transfer bank, kamu juga bisa membayar tagihan Akulaku melalui e-wallet seperti Go-Pay. Caranya pun sangat mudah. Pastikan kamu sudah mempunyai akun GoPay yang didalamnya tersedia saldo yang cukup untuk membayar tagihan. Pertama, kamu harus mengakses aplikasi Akulaku lalu klik menu Keuangan. Setelah itu klik Pelunasan Cepat kemuadian klik Bayar Sekarang. Pilih opsi E-wallet yang berada di bawah menu Bank transfer VA. Setelah layar menampilkan tagihanmu, klik Bayar Sekarang lalu masukkan Pin GoPay mu untuk memproses pembayaran.

2.7.3# Cara membayar tagihan Akulaku melalui minimarket 

Kamu juga bisa membayar tagihan Akulaku melalui minimarket yang telah ditunjuk. Ada dua minimarket yang bisa kamu gunakan untuk melakukan pembayaran ini yaitu Alfamart dan Indomaret. Kamu tinggal mendatangi salah satu minimarket lalu menuju kasir. Katakana kalau kamu akan melakukan pembayaran tagihan Akulaku dan tunjukkan kode pembayaran yang kamu dapatkan dari aplikasi Akulaku. Setelah itu serahkan sejumlah uang yang diminta dan tunggu sampai pembayaranmu selesai diproses.

Tips melakukan pinjaman online

Kemudahan yang ditawarkan oleh pinjaman online memang menggiurkan. Tapi kamu tetap perlu berhati-hati dalam memanfaatkan fasilitas pinjaman tanpa jaminan yang ditawarkan oleh aplikasi penyedia jasa ini. Berikut adalah beberapa tips yang harus kamu perhatikan saat memutuskan untuk mengajukan pinjaman online

  • Pastikan kamu memilih platform pinjaman online yang telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Hal ini sangat penting agar seluruh transaksimu diawasi oleh pihak OJK sehingga hal-hal yang tidak diinginkan tak terjadi.
  • Pastikan kamu memiliki pemasukan untuk membayar tagihan agar terhindar dari resiko gagal bayar.
  • Pilih limit dan tenor pinjaman yang paling sesuai dengan kemampuan membayarmu
  • Jangan lupa untuk membaca seluruh ketentuan dari pinjaman yang kamu pilih dengan teliti.

Itulah artikel mengenai cara mendapatkan pinjaman dari aplikasi Akulaku. Walaupun meminjam uang secara online sudah sangat mudah dilakukan, kamu harus bijak dalam melakukan pinjaman macam ini. Hanya lakukan pinjaman untuk kegiatan yang benar-benar mendesak agar kamu terhindar dari perilaku hidup konsumtif yang berlebihan.


No comments

Post a Comment

DON'T MISS

Facebook, Instagram, Tiktok, Youtube
© all rights reserved
i want my journey to be full of laughter