Slider

Halau Dingin di Musim Hujan dengan Sweater

Musim hujan telah tiba!

Berkegiatan di luar selama musim hujan menjadi kendala tersendiri bagi beberapa orang karena udara semakin dingin dari hari ke hari. Retail-retail baju kenamaan berlomba-lomba mengeluarkan series musim dingin, mulai dari jaket, mantel, hingga sweater.

Yup! Sweater adalah salah satu item fashion multifungsi yang tidak hanya menutupi bagian tubuh kita untuk yang berhijab, tapi juga dapat menjadi bagian OOTD kegiatan sehari-hari dan berfungsi menghalau hawa dingin ke badan kita.

Membuat mix and match menggunakan sweater sebenarnya sangat mudah karena sweater sendiri memiliki berbagai warna dan pola yang membuat penampilan kita otomatis standout saat digunakan. Tapi, adakalanya kita merasa bosan dan membuat tampilan kita menjadi jenuh saat dilihat.

Jangan khawatir! Di artikel kali ini, kami akan berbagi seputar sweater – mulai dari memberikan informasi apa itu sweater hingga tips dan trik memadu padankan sweater dalam berbagai gaya yang cocok untuk digunakan sehari-hari.

Mau tahu? Yuk, simak penjelasan di bawah ini!

Apa Itu Sweater?

Cr: zara.com

Menyadur dari Wikipedia, sweater atau dalam British English jugadisebut sebagai jumper adalah jenis pakaian yang biasanya memiliki sepasang lengan panjang, terbuat dari bahan rajut atau tersusun dari rajutan, dan dapat menutup seluruh tubuh bagian atas.

Dalam bahasa Indonesia, sweater memiliki artian sebagai ‘penghangat’. Dapat ditarik kesimpulan bahwa sweater merupakan jenis pakaian berlengan panjang yang dapat berfungsi sebagai penghangat. Jika dulu sweater banyak ditemukan dalam bahan rajut, sekarang ini sweater telah hadir dalam berbagai jenis bahan. Contohnya katun, wool, baby terry, fleece dan lain-lain.

Sweater termasuk jenis item fashion unisex atau jenis pakaian yang dapat digunakan oleh berbagai jenis kelamin. Tidak hanya itu, sweater juga dapat digunakan untuk segala usia. Hal ini menjadikan sweater sebagai salah satu item fashion paling laris di pasaran.

Padu Padan Sweater

Agar tidak membosankan, ada beberapa padu padan atau mix and match sweater yang bisa kalian contek untuk OOTD sehari-hari, loh! Apa saja? Yuk simak di bawah ini!

Color Block Sweater

Ada yang tahu color block?

Meski sudah cukup populer, tapi istilah yang satu ini ternyata masih cukup asing untuk sebagian orang. Disadur dari Fimela.com, color block adalah kombinasi dari dua atau lebih warna dalam fashion. Biasanya color block diaplikasikan pada produk baju, tas, sepatu, aksesoris hingga make up.

Color block sendiri tidak harus memiliki warna yang komplementer atau senada dengan satu sama lain, tren ini juga hadir dalam warna-warna cerah, muted hingga kontras.

Cr: pinterest.com

Gaya pertama yang bisa kalian contoh pemakaiannya adalah memadukan color block sweater dengan celana, sepatu dan hijab berwarna netral seperti ini. Motif tabrak warna pada sweater akan membuat penampilan kalian standout dan beda dari yang lain.

Guna mengimbangi warna-warna cerah pada sweater, kalian bisa menggunakan celana, sepatu, hijab atau aksesoris berwarna netral. Seperti warna-warna dasar yakni hitam atau putih, dan warna-warna pastel atau warna-warna kalem.

Dijamin tampilan kalian akan terlihat fresh di tengah kelabu musim hujan!

Old School still Cool!

Ingin terlihat santai dan simpel, tapi juga ingin menampilkan OOTD yang out of the box? Tentu bisa dengan mencontek gaya satu ini!

Cr: pinterest.com

Sweater dengan warna-warna pucat seperti contoh gaya di atas sangat pas untuk dipadu padankan menjadi gaya old school. Memakai sweater warna pucat, kalian bisa memadukannya dengan boyfriend jeans atau jenis celana yang non-fit in agar terlihat santai.

Untuk memberi kesan old school, kalian bisa menggunakan jenis kaos kaki panjang hingga mencapai betis dan menggunakan sepatu sneakers favorit sebagai pelengkap. Memakai kaos kaki hingga betis sangat identik dengan masa-masa sekolah dan nggak salah untuk dipadu padankan dengan gaya kalian.

Selain old school, tampilan kalian juga terkesan sporty dan nyaman digunakan. Siap untuk jadi keren?

Sweater Dress

Sweater untuk dress? Atau dress dengan sweater? Dua-duanya benar!

Seiring dengan perkembangan tren, kini sweater berkembang dengan berbagai jenis potongan yang dapat dipadu padankan menjadi OOTD super trendy untuk kegiatan sehari-hari. Seperti vest sweater hingga dress sweater.

Dress sweater adalah jenis sweater dengan potongan panjang, biasanya memiliki panjang hingga betis atau hingga mata kaki. Hal ini tentu menjadi keuntungan sendiri bagi para hijabers karena semakin mudah memadu padankan sweater dalam beragam gaya.

Cr: pinterest.com

Seperti gaya ketiga yang bisa kalian contek atau tiru untuk jalan-jalan atau untuk kencan, kalian bisa memadukan dress sweater dengan rok lipit atau rok plisket favorit kalian. Untuk jenis rok nya sendiri bisa kalian ganti menyesuaikan dengan kebutuhan, seperti menggunakan rok tutu atau rok denim.

Agar tidak terlihat terlalu polos, kalian bisa menambahkan aksen belt atau sabuk di bagian perut atau pada perpotongan perut dan pinggang. Hal ini dapat menjadi batas jelas dimana bagian perut dan pinggang kalian.

Gaya ini juga sangat cocok untuk kalian yang memiliki pinggul kecil dengan menaruh sabuk di bagian perut, jadi pinggul kalian akan terlihat sedikit lebih besar dari ukuran aslinya.

Gunakan warna-warna earth tone yang dipadukan dengan warna putih untuk kesan hangat dan nyaman, ya!

Back to Basic

Menggunakan warna-warna basic di musim hujan? Tentu paduan yang pas!

Warna-warna basic seperti hitam, putih dan abu-abu seringkali diidentikkan dengan musim hujan yang selalu gloomy setiap hari. Menggunakan warna-warna ini tentu sangat pas untuk digunakan jalan-jalan atau sebagai padu padan pakaian kantor kalian.

Cr: pinterest.com

Di gaya keempat ini, kalian bisa memadukan sweater abu-abu kalian dengan straight skirt atau plain skirt warna hitam untuk tampilan basic tapi elegan. Gunakan sepatu putih agar tampilan kalian tidak membosankan.

Untuk hijab, kalian bisa menggunakan warna satu tingkat lebih tua atau warna tengah dari hitam dan abu-abu muda, ya.

Be Pretty in Lilac

Warna lilac merupakan salah satu tren fashion tahun 2020 yang masih terus digunakan hingga awal tahun ini. Jadi, tidak ada kata terlambat untuk memadu padankan outfit kalian dalam warna lilac.

Contoh gaya pertama dari warna lilac yang bisa kalian contoh adalah dengan memadukan knitted cable sweater dengan plain skirt berwarna putih ini. Cable sweater merupakan sebutan untuk jenis sweater yang memiliki motif ulir atau kepang seperti kabel pada umumnya.

Cr: pinterest.com

Untuk terlihat makin girly sekaligus beda dari yang lain, kalian bisa menambahkan aksen renda di bagian kerah sweater kalian. Dijamin gaya kalian nggak akan membosankan dan terlihat makin elegan!

Sedangkan di gaya kedua yang masih memadukan warna lilac dan warna putih, kalian bisa terlihat out of the box dengan memilih hijab bermotif tie dye yang juga menjadi tren di akhir tahun 2020.

Cr: pinterest.com

Crop Sweater for Sweater Weather

Para hijabers seringkali menghindari menggunakan crop sweater untuk OOTD sehari-hari karena potongannya yang di atas perut.

Cr: pinterest.com

Tapi, kalian bisa menambahkan manset atau dalaman senada dengan warna bawahan kalian agar tetap aman dengan crop sweater seperti gaya yang satu ini.

Makin Trendy dengan Warna Cerah

Sweater tidak hanya hadir dalam warna-warna basic, tapi juga warna-warna cerah seperti pada gaya satu ini.

Cr: pinterest.com

Kalian bisa memadukan sweater warna cerah dengan kulot bermotif kotak-kotak dalam warna cerah lainnya untuk mendapat kesan santai dan bright. Untuk aksesoris, kalian bisa menggunakan bucket hat dan kaos kaki dengan motif garis-garis. Keren, kan?

Dari semua gaya yang ada, mana nih yang jadi favorit kalian? Semoga penjelasan di artikel kali ini bisa menambah informasi dan menginspirasi kalian semua, ya! Stay safe, stay healthy!

No comments

Post a Comment

DON'T MISS

Facebook, Instagram, Tiktok, Youtube
© all rights reserved
i want my journey to be full of laughter