Slider

Hangat di Musim Hujan dengan Padu Padan Kardigan

Musim hujan telah tiba, saatnya kita keluarkan pakaian-pakaian hangat dari dalam lemari!

Indonesia sebagai negara tropis hanya mempunyai dua iklim yang bergantian masanya, yakni musim kemarau – yang ditetapkan sebagai musim panas, dan musim hujan – yang ditetapkan sebagai musim dingin di Indonesia.

Di beberapa bagian wilayah di Indonesia, dingin pada musim hujan terasa begitu dingin hingga kita harus menyesuaikan pakaian agar tidak terpapar flu atau berbagai penyakit yang biasa muncul di musim hujan.

Cardigan atau kardigan adalah salah satu item fashion multifungsi, dimana tidak hanya sebagai pelengkap gaya pakaian, kardigan juga dapat menghalau hawa dingin dari tubuh kita.

Pada artikel kali ini, kami akan membahas apa itu kardigan dan bagaimana memakai padu padan kardigan untuk para hijabers sekalian.

Penasaran? Yuk, simak penjelasan di bawah ini!

Apa Itu Kardigan?

Cr: pinterest.com

Cardigan atau kardigan merupakan salah satu item fashion serbaguna karena selain menjadi pelengkap fashion, kardigan juga dapat menjadi pelapis pakaian hangat saat musim hujan ataupun menghalau panas ketika masuk musim panas.

Bahan-bahan dari kardigan juga bermacam-macam, mulai dari kain spandex hingga bahan rajut yang terasa ringan dan nyaman saat digunakan. Di Indonesia sendiri, kardigan dengan bahan rajut menjadi primadona karena sangat sesuai dengan iklim Indonesia.

Pemakaian kardigan sendiri tidak mengenal batasan usia, jenis kelamin atau gender, maupun pembedaan untuk yang memakai hijab atau tidak memakai hijab – semua dapat menggunakan kardigan sebagai pelengkap OOTD sehari-hari.

Kali ini, kami akan membahas beberapa padu padan atau mix and match kardigan sebagai pelengkap outfit of the day untuk para pengguna hijab sekalian.

Cerah dengan Si Kuning!

Kardigan yang biasa dikenakan oleh fashionista Indonesia berkisar di warna-warna pastel, warna-warna earth tone ataupun warna-warna basic. Seperti hitam, abu-abu, putih, hingga cokelat tua.

Cr: pinterest.com

Di gaya pertama ini, kita bisa melihat kalau kardigan dengan warna-warna cerah seperti warna kuning ternyata bisa membuat tampilan kita tetap terlihat elegan dan standout dalam bersamaan.

Untuk mengimbangi kecerahan dari warna kuning, kalian bisa memadukan skinny jeans favorit kalian dengan oversized shirt atau kemeja berukuran besar sebagai dalaman. Kalian bisa memadukan padu padan tersebut dengan alas kaki berupa sneakers warna senada dengan kemeja kalian.

Untuk menghindari kesan monoton, kalian bisa menggunakan hijab warna krem atau cokelat pastel, loh. Agar terlihat makin menarik dan out of the box, kalian bisa menggunakan mini sling bag yang diaplikasikan seperti waist bag. Yakni, dengan melingkarkan tas di bagian perut hingga pinggang kalian.

Gaya satu ini bisa kalian contek untuk kencan pertama ataupun sekedar jalan-jalan dengan teman-teman. Tertarik mencoba?

Back to 00’s with Long Cardigan

Siapa yang ingat dengan tren celana jeans warna-warni?

Yup! Hallyu Wave, atau arus budaya Korea Selatan ke Indonesia di tahun 2000-an sempat membawa banyak perubahan ke gaya hidup masyarakat, salah satunya di bidang pakaian. SNSD atau Girls Generation – girl group di bawah naungan SM Entertainment sempat membuat heboh dunia fashion dengan menggunakan celana jeans warna-warni di video klip lagu Gee yang booming di tahun yang sama.

Banyak retail pakaian yang mengeluarkan series celana dengan warna-warna cerah, seperti merah, hijau, kuning, biru, hingga ungu untuk ikut menyemarakkan tren fashion Korea Selatan tersebut.

Untuk kalian yang merasa rindu dengan gaya tersebut tapi tidak ingin terlihat norak, kalian bisa banget mencontoh gaya kedua ini.

Cr: pinterest.com

Kalian bisa memadukan celana jeans dengan warna cerah kalian dengan kaos berwarna netral seperti warna putih. Sebagai outer dan penyeimbang gaya pakaian ini, kalian bisa mengenakan long cardigan berbahan rajut agar gaya kalian tetap terlihat chic.

Untuk mengimbangi warna cerah dari bawahan kalian, gunakan hijab warna hitam dan sepatu warna senada dengan kardigan, ya. Dan voila! Kalian berhasil meniru gaya tahun 2000-an namun tetap terlihat kekinian!

Cool in Crop

Seiring dengan perkembangan tren fashion, kardigan hadir dalam berbagai jenis bahan dan potongan yang menyesuaikan dengan kebutuhan konsumennya. Salah satunya adalah cropped cardigan.

Cropped cardigan atau kardigan dengan potongan pendek di bagian perut ini biasa digunakan oleh mereka yang tidak berhijab. Eits, jangan salah. Kalian para hijabers juga bisa memakai cropped cardigan ini loh!

Cr: pinterest.com

Di gaya ketiga ini, kalian bisa memadukan cropped cardigan dengan turtle neck warna krem pastel untuk menutupi bagian yang tidak tertutup sempurna oleh kardigan. Untuk bawahan, kalian bisa mengenakan plaid trousers atau celana bahan dengan motif kotak-kotak dengan bagian bawah cuffed untuk memaksimalkan kesan tomboy dan santai dari padu padan ini.

Kalian bisa mengenakan high cut sneakers untuk memberi kesan tegas dan sporty. Padu padan ini bisa menjadi alternatif gaya streetstyle untuk ngopi bareng teman atau jalan-jalan ke mall dengan keluarga.

Padu Padan Hitam dan Biru

Bosan dengan gaya yang itu-itu saja untuk ke kantor? Kalian bisa mencontek gaya yang satu ini!

Cr: pinterest.com

Padu padan kemeja berwarna biru-putih dengan kardigan warna biru sangat memanjakan mata, karena warna biru dipercaya memancarkan rasa nyaman dan tenang saat dipakai. Untuk terlihat makin rapi, kalian bisa menggunakan celana kulot warna hitam dan hijab warna serupa.

Baguette bag dengan motif kotak-kotak warna hitam putih bisa mengimbangi warna biru yang menjadi dominasi di padu padan ini. Untuk alas kaki, kalian bisa menggunakan flat shoes ataupun sepatu sneakers kesayangan kalian.

Maxi in Mono

Warna hitam senantiasa menjadi warna paling aman dan nyaman digunakan untuk siapa saja dalam kesempatan apa saja. Gaya kali ini menunjukkan kalau menggunakan padu padan monokrom tidak selamanya membosankan dan memberi kesan ‘main aman’.

Cr: pinterest.com

Memadukan kardigan hitam dengan celana hitam beraksen seperti di gaya ini membuat tampilan kita terlihat standout dan juga misterius. Menghindari kesan monoton, kalian bisa menggunakan alas kaki dengan paduan warna hitam, putih dan kuning.

Santai dengan Warna Army

Ingin tampilan yang simpel tapi nyaman dipakai? Gaya yang satu ini mungkin cocok untuk kalian.

Back to basic untuk OOTD sehari-hari sangat tidak salah, loh. Karena nyaman adalah dasar dari padu padan pakaian agar kalian semakin percaya diri untuk berkegiatan.

Cr: pinterest.com

Kalian bisa menggunakan kardigan dengan bahan rajut yang dipadukan dengan dalaman warna putih dan straight pants warna hitam seperti di gaya kali ini. Alas kaki berupa sepatu sneakers memberi kesan nyaman dan praktis karena memudahkan kita untuk bergerak.

Padu padan ini sangat cocok untuk kalian yang pergi ke kampus atau sekedar jalan-jalan dengan teman-teman.

Padu Padan Kardigan dan Rok Lipit

Rok plisket atau juga dikenal sebagai rok plisket adalah salah satu item fashion yang sedang banyak digunakan para hijabers untuk OOTD sehari-hari.

Cr: pinterest.com

Kalian juga bisa memadukan rok plisket favorit dengan kardigan terbaru kalian seperti di padu padan gaya yang satu ini. Selain terlihat simpel dan nyaman, tampilan kalian juga tetap terlihat elegan dari aksen lipit pada rok plisket.

Agar semakin nyaman, kalian bisa menggunakan sneakers sebagai alas kaki, atau juga flat shoes kesayangan kalian.

Nah, dari semua penjelasan di atas, mana nih yang jadi favorit kalian? Semoga penjelasan di artikel kali ini bisa menambah informasi dan menginspirasi kalian semua, ya!

No comments

Post a Comment

DON'T MISS

Facebook, Instagram, Tiktok, Youtube
© all rights reserved
i want my journey to be full of laughter