Slider

Ini Cara Mengatasi Anak yang Susah Makan


Setiap orang tua tentu pernah mengalami masalah dalam membesarkan dan merawat anak. Adapun permasalahan yang dihadapi oleh para orang tua dalam membesarkan dan merawat anak sangatlah beragam. Namun salah satu permasalahan yang paling sering muncul adalah menghadapi anak yang susah makan.

Ketika para orang tua mengalami masalah tersebut tentu saja memberi rasa cemas yang tersendiri bagi para orang tua. Terutama di sini para orang tua yang merasa khawatir karena tumbuh kembang anak menjadi terhambat. Karena asupan nutrisi gizi pada anak terganggu.

Saat orang tua mengalami masalah yang semacam itu mereka melakukan banyak cara agar anak mau makan. Namun di sini rupanya kendati sudah mencoba banyak cara agar anak mau makan. Tapi tetap saja gagal.

Nah untuk menjawab permasalahan yang di hadapi oleh orang tua tentang anak yang susah makan. Di bawah ini kami akan memberikan beberapa informasi yang berguna dan bermanfaat untuk anda sekalian tentang cara menghadapi anak yang susah makan. Penasaran kan? Yuk kita baca dan simak bersama penjelasan yang akan kami uraikan seperti yang ada di bawah ini.

Jangan terlalu memaksa anak

Banyak orang tua yang merasa khawatir ketika anak mereka tidak mau makan. Akibatnya mereka justru malah memaksa anak untuk makan. Hal itu cenderung membuat anak semakin tidak mau untuk makan. Maka untuk solusinya di sini adalah sesekali orang tua memberikan kesempatan pada anak untuk makan ketika ia sudah merasa sangat lapar.

Memberikan kesempatan pada anak untuk memilih menu

Salah satu dari banyak penyebab seorang anak tidak mau makan adalah karena mereka tidak menyukai menu yang diberikan oleh orang tua padanya.  Maka dari itu sebagai alternatif atau jalan lain untuk membuat anak itu mau makan adalah memberikan kesempatan pada anak untuk memilih menu makanan apa yang mau ia makan. Dengan begitu anak akan lebih bersemangat untuk makan dengan menu makanan yang sudah dipilih.

Membuat variasi menu makanan

Penyebab lain yang membuat anak menjadi susah untuk makan di sini adalah karena menu makanan yang diberikan pada anak cenderung sama. Sehingga anak tidak mau untuk makan dengan menu makanan yang diberikan oleh orang tua. Maka dari itu sebagai solusi ketika anak tidak mau makan adalah orang tua bisa memberikan makanan pada anak  dengan menu yang berbeda. Sebagai contoh di sini adalah menu pagi A, menu siang B, menu sore C. Dengan diberikan menu makanan yang berbeda beda bisa memberikan variasi rasa dan  sekaligus juga meminimalisir kasus anak yang tidak mau makan.

Menghias makanan agar menarik

Selanjutnya di sini penyebab lain dari anak yang tidak mau makan adalah karena mereka menganggap makanan yang dimakan. Solusi lain yang bisa dilakukan oleh para orang tua adalah membuat hiasan semenarik mungkin agar anak merasa tertarik untuk makan. Adapun hiasan itu bisa berupa tokoh kartun yang disukai oleh anak atau jenis gambar lain yang menarik dan lucu. Dengan begitu bisa membuat anak menjadi tertarik untuk makan dan  mengurangi resiko pada anak untuk tidak mau makan.

Memberikan vitamin pada anak

Sekarang ini kita tahu ada banyak sekali jenis vitamin untuk anak yang berguna untuk menambah nafsu makan. Adapun vitamin itu di jual dengan harga yang bervariasi dan beragam. Maka dari itu para orang tua perlu untuk memilih vitamin mana yang cocok untuk  anak. Alasan yang membuat vitamin dapat berguna untuk menambahkan nafsu makan pada anak karena dalam kandungan zat curcuma yang dipercaya bisa menambah selera makan pada anak. Nah untuk anda yang mempunyai masalah anak yang susah makan memberi vitamin bisa menjadi solusi yang baik.

Atur dengan camilan yang konsumsi anak

Sebagian besar anak itu suka mengonsumsi camilan. Dan biasanya camilan yang paling disukai anak sebagaian besar mengandung rasa manis. Seringkali di sini setelah anak mengonsumsi camilan biasanya akan merasa kenyang. Sehingga akibatnya anak menjadi susah makan dan lebih suka mengonsumsi camilan. Maka dari itu orang tua perlu untuk mengatur camilan yang di konsumsi oleh anaknya. Jangan sampai anak terlalu banyak mengonsumsi camilan namun justru membuatnya menjadi susah makan.

Atur jadwal minum susu pada anak

Selain camilan yang bisa membuat anak kenyang dan susah makan rupanya ada lagi yang membuat anak menjadi susah makan. Adapun itu adalah susu. Di mana kita tahu bahwa susu itu sendiri di dalamnya terkandung kalori dan juga gula. Maka tidak jarang anak yang minum susu selalu merasa kenyang. Itulah sebabnya di sini orang tua perlu untuk mengatur jarak waktu makan dan waktu untuk minum susu. Dengan cara yang demikian bisa mengurangi resiko anak yang tidak mau makan.

Beri edukasi pada anak tentang pentingnya makan

Cara lain yang bisa dilakukan oleh para orang tua mengatasi anak yang susah makan adalah memberikan edukasi pada anak. Di sini anda sebagai orang tua bisa mengatakan pada anak tentang apa yang dampak positiv  ketika anak mau makan dan apa dampak negativ ketika anak tidak mau makan. Dengan anda memberikan edukasi pada anak juga bisa mengembangkan tingkat kesadaran pada anak. Dengan cara yang demikian bisa mengurangi resiko anak yang tidak mau makan.

Batasi anak mengonsumsi makanan siap saji

Makanan siap saji adalah jenis makanan yang disukai oleh banyak orang dari berbagai kalangan usia termasuk juga di sini disukai oleh kalangan anak-anak. Rasanya jauh lebih enak membuat semua dari berbagai kalangan usia menyukainya. Maka dari itu untuk anda para orang tua berusahalah untuk bisa mengatur makanan siap saji yang di konsumsi oleh anak. Jangan sampai di sini anak lebih memilih mengonsumsi makanan siap saji daripada mengonsumsi makanan biasa.

Temani anak saat makan

Cara lain yang bisa anda lakukan untuk mengatasi anak yang susah makan adalah temani anak saat maka. Di sini bisa anda lakukan dengan cara menemani anak makan. Dengan cara yang demikian bisa mengurangi rasa pada yang sendiri ketika makan. Dan ketika anda menemani anak makan ia tidak lagi merasa kesepian dan tentu saja di sini bisa membuat anak menjadi bersemangat untuk makan. Dengan cara yang demikian bisa mengurangi resiko anak yang tidak mau makan.

Nah itulah tadi beberapa informasi yang bisa kami bagikan untuk anda sekalian tentang tips cara mengatasi anak yang susah makan. Semoga informasi yang kami berikan tadi bisa berguna dan bermanfaat  untuk para orang tua yang anak mereka susah makan.

No comments

Post a Comment

DON'T MISS

Facebook, Instagram, Tiktok, Youtube
© all rights reserved
i want my journey to be full of laughter