Slider

Jenis-Jenis Kain yang Cocok untuk Jilbab Segi Empat, Mana Favorit Kamu?


Jika bicara tentang jilbab segi empat, seringkali kita teringat dengan jilbab paris yang menjadi bahan atau jenis jilbab segi empat paling laris dan favorit di awal munculnya tren jilbab muslimah.

Jilbab dengan jenis paris sering menjadi bahan konsumsi pertama bagi mereka yang baru dan belajar mengenakan jilbab sebagai syarat menutup aurat dan juga sebagai fashion bagi beberapa kalangan. Bahannya yang adem, harga terjangkau dan mudah ditemui di berbagai toko muslimah menjadikan jenis jilbab segi empat ini sebagai favorit para muslimah.

Namun, seiring berkembangnya tren fashion, jilbab segi empat semakin sedikit diminati karena dinilai ketinggalan zaman dengan bahan dan motif yang monoton tanpa ada perkembangan berarti dibandingkan jenis jilbab lainnya.

Meski begitu, jilbab segi empat masih menjadi pilihan utama dalam aktivitas bersifat formal atau yang menuntut tampilan professional. Contohnya, untuk pekerja kantoran dan untuk para pengajar, hingga pegawai bank.

Tapi, tahu nggak sih kalau jilbab segi empat memiliki banyak bahan yang dapat dipadu padankan dengan pakaian kalian?

Penasaran? Yuk, simak penjelasan mengenai jenis-jenis kain yang cocok untuk jilbab segi empat di bawah ini!

Katun

Jilbab segi empat berbahan katun menjadi favorit para hijabers untuk dikenakan dalam berbagai aktivitas di dalam maupun di luar ruangan. Bahannya yang nyaman dan menyerap sangat cocok untuk mereka yang harus melakukan banyak kegiatan dalam sehari.

Polycotton

Jenis jilbab segi empat ini adalah gabungan dari bahan polyster dan katun. Hampir sama dengan katun, jenis jilbab ini juga cocok digunakan dalam berbagai aktivitas karena bahannya yang adem dan mudah menyerap keringat, sangat cocok dengan iklim tropis di Indonesia. Selain itu, jilbab berbahan polycotton sangat mudah dibentuk dan dikreasikan menyesuaikan jenis baju atau jenis kegiatan para pembaca sekalian.

Voal

Jilbab berjenis voal menjadi idola para hijabers karena bahannya yang mudah dibentuk, tidak mudah apek dan memiliki harga yang terjangkau. Kain voal ini 90 hingga 100 persen menggunakan kapas sebagai serat pembuatannya, sehingga sangat cocok dipakai dalam segala kondisi dan cuaca. Selain itu, jilbab dengan jenis voal saat ini tidak hanya hadir dalam berbagai warna polos, namun juga memiliki banyak motif yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Hm, bisa jadi alternatif selain paris, nih!

Kaos

Bahan satu ini biasa ditemui untuk jilbab segi empat instan. Bahannya yang dingin dan mudah menyerap keringat sangat digemari hijabers untuk digunakan dalam segala kondisi, terutama untuk berkegiatan sehari-hari. Eits, tapi perlu hati-hati nih! Salah mencuci jilbab berbahan kaos, bisa membuat kain melar dan merubah bentuk jilbab loh!

Spandex

Yup! Kain jenis spandex yang biasa kita pakai di pakaian olahraga ternyata bisa digunakan dalam jilbab juga, loh. Seperti kegunaannya secara umum, jilbab berbahan spandex biasanya dipakai untuk kegiatan olahraga atau kegiatan lain yang membutuhkan daya serap keringat tinggi. Sama seperti bahan kaos, kalian harus hati-hati dalam mencuci karena sifat kain yang mudah melar.

Cornskin

Sama seperti namanya, jenis jilbab segi empat ini memiliki tekstur dan penampilan yang berserat seperti kulit jagung. Tapi jangan salah! Meski memiliki serat seperti kulit jagung, kain ini sangat halus saat disentuh atau diraba. Uniknya, jilbab ini tidak dikenal sebagai jilbab cornskin, namun lebih populer sebagai Bella Square karena menjadi booming sejak dikenakan oleh Laudya Cynthia Bella di berbagai kesempatan.

Sutera

Selain spandex, jenis kain yang biasa kita temui di pakaian lalu diaplikasikan menjadi jilbab selanjutnya adalah sutera. Sama seperti tekstur pada pakaian, jilbab berbahan sutera sangat lembut dan nyaman dikenakan. Berbeda dengan jenis jilbab lainnya, jilbab sutera biasa dikenakan untuk acara formal, seperti dipadu padankan untuk menghadiri pernikahan. Harganya pun cenderung lebih mahal dibandingkan dengan jenis jilbab lainnya.

Chiffon

Alternatif bahan jilbab yang pas untuk dikenakan dalam acara formal lainnya adalah chiffon. Jenis jilbab segi empat ini memiliki tekstur yang tipis dan cenderung licin saat disentuh dan dikenakan. Tekstur bahan tersebut sangat memungkinkan jilbab untuk dibentuk dan dikreasikan sesuai dengan kebutuhan pemakainya. Tapi, ada baiknya menggunakan ciput atau dalaman jilbab sebelum mengenakan jilbab berbahan chiffon karena tekstur yang licin.

Satin

Memiliki tekstur yang sama dengan chiffon, untuk mengenakan jilbab segi empat dengan bahan satin, dianjurkan memakai ciput atau dalaman jilbab terlebih dahulu. Jilbab bahan satin memiliki satu sisi permukaan yang mengkilap sehingga cocok dikenakan dalam acara formal. Kekurangan bahan ini adalah bahannya yang cukup licin sehingga membutuhkan waktu lebih banyak untuk mengkreasikan jilbab satin.

Diamond Crepe

Jenis kain jilbab segi empat yang juga menjadi favorit hijabers adalah diamond crepe. Jilbab diamond crepe memiliki tekstur kain yang berpasir dan ringan, sehingga memberi kesan jatuh yang alami dan elegan. Jilbab segi empat dengan bahan diamond crepe cenderung hadir dalam warna-warna polos yang mudah dipadu padankan dengan kebutuhan fashion penggunanya.

Wolfis

Jenis kain wolfis berasal dari serat sutera yang dicampur dengan serat lainnya, seperti katun hingga serat sintetis. Bahannya yang halus dan lembut menjadi incaran hijabers untuk dikenakan sehari-hari. Meski terbuat dari sutera, jenis jilbab wolfis ini memiliki harga yang lebih terjangkau, loh!

Ceruti

Jika cornskin mempunyai tekstur seperti kulit jagung, jenis kain ceruti mempunyai tekstur mirip kulit jeruk. Jilbab ceruti memiliki sifat bahan yang serupa dengan chiffon, dimana kain jilbab ini sangat ringan dan mudah dikreasikan. Namun, ceruti kurang cocok untuk digunakan sehari-hari dan lebih cocok dikenakan untuk acara formal.

Double Hycon

Selain cornskin, jenis kain jilbab yang terkenal setelah dikenakan Laudya Chyntia Bella yang lainnya adalah double hycon. Jenis jilbab ini mempunyai tekstur lembut dan jatuh, serta sifat kain yang mudah menyerap keringat sehingga sangat cocok dikenakan sehari-hari. Jilbab double hycon dapat ditemui dalam warna-warna polos hingga berbagai macam pattern atau tekstur print yang dapat dipadu padankan dengan kebutuhan penggunanya.

Jersey

Kalian nggak salah baca, kok! Selain digunakan sebagai bahan pakaian, kain jersey ternyata dapat diaplikasikan untuk jenis jilbab, loh! Sama seperti jenis spandex, jilbab dengan bahan jersey ini cocok dikenakan untuk beraktivitas di luar ruangan karena dapat menyerap keringat dan sangat nyaman digunakan. Eits, tapi tetap ya, jangan salah mencuci! Jilbab jenis jersey yang salah dicuci dapat merubah bentuk asli jilbabnya, loh.

Wah, ternyata banyak ya jenis jilbab segi empat! Meski banyak jenisnya, disarankan memilih jilbab dengan kebutuhan dan kenyamanan para pembaca sekalian, ya. Tidak perlu mengoleksi semua jenisnya, yang penting kalian nyaman dan percaya diri mengkreasikan bahan jilbab di atas dengan kebutuhan kalian.

Semoga penjelasan di atas dapat menambah informasi pembaca sekalian, ya!

No comments

Post a Comment

DON'T MISS

Facebook, Instagram, Tiktok, Youtube
© all rights reserved
i want my journey to be full of laughter