Slider

Jenis Kandang Ayam Petelur


Bisnis peternakan menjadi salah satu jenis usaha yang masih banyak peminatnya di tengah kecepatan teknologi dan informasi. Bahkan, adanya perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan berhasil mengubah bisnis peternakan menjadi bisnis yang lebih modern dan menghasilkan banyak keuntungan.

Jika Anda adalah salah satu dari sekian banyak yang ingin memulai usaha peternakan, terutama peternakan ayam petelur, maka artikel ini sangat cocok untuk Anda. Pada artikel kali ini, kami akan memberi sedikit informasi mengenai jenis kandang yang paling baik untuk ternak ayam petelur.

Mau tahu? Yuk, simak penjelasan selengkapnya di bawah ini!

A. Syarat Membuat Kandang

Sebelum kita terjun pada jenis kandang ayam petelur, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan dipenuhi oleh calon peternak sebelum membuat kandang ayam petelur. Antara lain:

  • Lokasi pembuatan kandang jauh dari tempat tinggal warga sehingga dapat memberi rasa nyaman untuk ayam petelur yang melakukan reproduksi.
  • Pembuatan kandang tidak merugikan pihak manapun.
  • Guna mencapai tujuan kondisi lingkungan yang nyaman, ada baiknya membuat kandang ayam petelur dengan arah dan letak kandang dibangun membujur dari arah Timur ke Barat.
  • Kandang harus memberi kemudahan untuk peternak dalam memelihara dan menjalankan usaha ternak.

Letak dari kandang ayam petelur menjadi hal krusial. Hal ini dikarenakan limbah dan bau yang dihasilkan oleh kandang ayam petelur dapat mengganggu lingkungan sekitar, yang mungkin juga menyebabkan masalah baru apabila tidak ditempatkan pada lokasi yang tepat. Harap diperhatikan lokasi pembangunan kandang jauh dari pemukiman atau tempat tinggal warga agar peternak dapat menjalankan usaha dengan baik dan masyarakat sekitar tetap merasa nyaman dan aman.

B. Penentuan Jenis Kandang

Jenis kandang untuk ternak ayam petelur dilihat dari konstruksi kandang terbagi menjadi dua jenis. Yakni kandang postal dan kandang baterai.

1. Kandang Postal

Yang dimaksud dengan kandang postal yaitu jenis kandang ayam petelur dimana sistem pemeliharaan ayam disatukan dalam bentuk kelompok dalam suatu luas kandang tertentu, atau dengan singkatnya, ayam akan dikumpulkan dalam satu kandang tanpa adanya sekat atau pembedaan tempat. Ayam dalam satu kandang postal dapat mencapai ribuan ekor. Harap diperhatikan, setiap satu ekor ayam setidaknya mempunyai ruang gerak seluas kurang lebih dari 250 cm2.

a. Kelebihan Kandang Postal

Kandang jenis postal mampu menstabilkan suhu kering pada lantai. Hal ini dikarenakan lantai yang terbuat dari bahan berdaya serap tinggi pada lembap dan cairan, sehingga membuat ternak ayam lebih nyaman dan kondisi lantai tetap kering. Tentu dengan penggantian sekam yang teratur. 

Selain itu, litter atau alas pada lantai kandang dapat membantu menyimpan suhu yang berasal dari penghangat suhu. Hal ini akan sangat berguna saat musim hujan tiba, dimana ternak ayam akan mudah merasa kedinginan dan suhu hangat dari lantai serta alat penghangat dapat menjaga suhu dalam ruang kandang.

b. Kelemahan Kandang Postal

Kandang jenis postal juga memiliki kelemahannya sendiri. Salah satunya adalah bagian lantai yang dapat dengan mudah menyebarkan penyakit. Hal ini dikarenakan ternak ayam dan lantai yang terus bersinggungan sehingga kotoran dan sisa pakan atau jenis kotoran lainnya dapat melekat pada ternak ayam dan juga telur dari ayam petelur.

Litter yang terlambat diganti dan terlalu lembap dapat mengundang berbagai parasit dan penyakit berbahaya bagi ayam maupun wilayah sekitar. Maka dari itu, pembersihan kandang dan penggantian litter sangat penting saat menggunakan jenis kandang postal ini.

2. Kandang Baterai

Jenis kandang ayam petelur kedua ini merupakan jenis kandang dengan panjang 40 cm dan lebar 20 cm. Untuk tinggi kandang, dapat menyesuaikan dengan tinggi ayam yang hendak diternakkan. Umumnya menggunakan tinggi sekitar 30 cm hingga 40 cm dengan kandang yang dibuat menyambung satu sama lain.

Penyambungan kandang ini dapat membentuk unit memanjang yang bisa menampung ratusan hingga ribuan ekor ayam petelur. Jenis kandang baterai juga dapat dimanfaatkan untuk memelihara dengan sistem kelompok. Contohnya, satu kandang ayam petelur diisi 4 hingga 6 ayam, dengan luas kandang yang disesuaikan dengan kondisi dan jumlah ayam petelur.

Jenis kandang baterai dinilai sangat cocok untuk pemeliharaan ayam petelur karena kandang yang mempunyai ventilasi dengan baik dan pergantian udara yang leluasa pada kandang sehingga ayam tidak mudah stress dan terjaga kebersihan lingkungan kandang.

a. Spesifikasi Kandang

Kandang ini memiliki bentuk kotak atau sangkar dengan bahan pembuat dari bilah bamboo dan rengdan kayu atau kaso. Kerangka kandang dapat terbuat dari bamboo atau kawat besi dengan ukuran panjang 45 cm, lebar 30 hingga 35 cm, serta tinggi 60 cm. Panjang keseluruhan dari kandang sendiri yakni 70 m dengan lebar sekitar 7 m.

Dengan ukuran tersebut, peternak dapat menampung setidaknya 1.000 ekor ayam petelur dengan dibuat 4 lajur kandang yang tiap lajurnya terdiri dari 3 tingkat. Penggunaan lantai dapat dibuat miring ke depan dengan 9 derajat atau 6 hingga 7 cm. Kemiringan ini dapat memudahkan peternak mengambil telur dari ternak yang akan otomatis menggelinding ke depan tanpa memecahkan telur.

Atap kandang dapat dibuat dengan memberi ruang agar udara dapat masuk atau dengan ventilasi yang cukup sehingga udara dalam kandang dapat bertukar dengan udara luar. Selain itu, usahakan cahaya matahari leluasa masuk ke dalam kandang untuk meminimalisir stress pada ternak serta mencegah parasit atau penyakit pada ternak ayam. Atap kandang dapat menggunakan genteng ataupun asbes.

b. Keuntungan Kandang Baterai

  • Ayam tidak mudah stress
  • Lebih mudah merawat dan mengontrol ternak ayam yang sakit
  • Ventilasi alami dengan udara yang mudah masuk dan keluar dengan lancar
  • Meminimalisir adanya kanibalisme atau sifat saling patuk mematuk pada ternak
  • Produksi telur dalam keadaan bersih, higienis dan telur tidak terkontaminasi kotoran maupun sisa pakan ternak

c. Kelemahan Kandang Baterai

  • Penyusunan pakan yang kurang baik dapat menyebabkan ayam mudah sakit
  • Apabila terlambat membersihkan kandang, dapat menimbulkan bau yang menyengat serta datangnya lalat maupun parasit lainnya
  • Investasi awal dalam pembuatan kandang memakai biaya yang relatif tinggi
  • Menimbulkan kelumpuhan, dimana ayam yang dimasukkan terlalu muda maka dapat melemahkan bagian kaki ayam

C. Jenis Lantai Kandang 

Untuk jenis lanttai pada kandang, Anda dapat menyesuaikan dengan jenis kandang dan kebutuhan dari masing-masing peternak. 

Umumnya, lantai pada kandang ayam petelur menggunakan jenis lantai tanah atau semen yang di atasnya diberi lapisan tambahan dari bekas kayu yang digergaji atau litter, atau bisa juga menggunakan sekam.

Jenis lantai yang kedua yakni lantai kandang panggung atau slat. Jenis lantai ini biasanya digunakan pada kandang tipe postal atau koloni, sedangkan lantai panggung diaplikasikan pada jenis kandang baterai. Hal ini dikarenakan pada kandang baterai digunakan kawat untuk membuat tingkat pada kandang.


No comments

Post a Comment

DON'T MISS

Facebook, Instagram, Tiktok, Youtube
© all rights reserved
i want my journey to be full of laughter