Slider

Kenali Cara Mengatasi Anak yang Susah Tidur


Tidur adalah salah satu bentuk istirahat yang paling baik bagi tubuh kita. Karena dengan kita melakukan istirahat kita tidak hanya bisa berhenti sejenak dari aneka macam jenis aktivitas kita. Namun juga di sini dengan kita berisitirahat kita bisa mengisi kembali energi kita setelah  seharian penuh kita melakukan aneka macam jenis aktivitas dan juga kegiatan.

Tapi di sini sering kali beberapa orang yang mengalami kasus insomnia atau gangguan yang terjadi karena kesulitan untuk tidur. Kendati mereka sudah merasa lelah dan juga ngantuk. Tapi rupanya di sini masih kesulitan untuk tidur. Hal semacam ini bila berlangsung dalam waktu yang lama tentu akan mengganggu kesehatan kita.

Tampaknya di sini juga gangguan susah untuk untuk tidur atau insomnia ini tidak hanya terjadi di kalangan orang dewasa saja. Namun rupanya di sini insomnia ini juga bisa terjadi pada anak-anak. Karena jika hal itu berlangsung dalam waktu yang lama tentu bisa berdampak pada kesehatan dan tumbuh kembang anak. Hal ini tentu saja menjadi kekhawatiran tersendiri untuk orang tua terlebih para ibu.

Nah untuk menjawab keresahan para ibu ketika menjumpai anak mereka yang susah tidur. Maka dari itu di bawah ini kami akan memberikan beberapa informasi yang berguna dan bermanfaat untuk anda tentang cara mengatasi anak yang susah untuk tidur. Penasaran kan? Yuk kita baca dan simak bersama penjelasan yang ada di bawah ini.

Berikanlah makanan yang sehat

Mengonsumsi makanan yang sehat tentu saja sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Termasuk juga di sini bisa bisa berdampak pula pada pola tidur seseorang, terlebih juga pada anak-anak. Mengonsumsi makanan yang tidak sehat bisa memberikan efek yang tidak baik pada kesehatan, termasuk mengganggu pola tidur.

Salah satu jenis makanan yang baik untuk dikonsumsi bagi anak agar mereka bisa tidur dengan baik adalah susu. Karena di mana kita tahu bahwa di dalam susu terdapat aneka macam jenis vitamin dan juga nutrisi yang baik dan dibutuhkan oleh tubuh anak-anak di masa pertumbuhannya.

Hindari mengonsumsi kafein dan coklat

Kopi dan coklat adalah menu makanan yang banyak disukai oleh banyak orang dari berbagai kalangan usia. Rasanya yang manis dan bisa diolah menjadi banyak variasi membuat banyak orang menyukainya. Terlebih juga di sini kalangan anak-anak yang sangat suka  ketika mereka mengonsumsi coklat.

Namun kendati coklat itu sangat disukai oleh kalangan anak-anak. Ternyata coklat juga bisa memberikan efek yang kurang baik. Salah satunya dii sini bisa menyebabkan menjadi susah untuk tidur.

Nah maka dari itu ibu perlu untuk memberikan batasan pada anak ketika mengonsumsi coklat. Karena bila coklat itu dikonsumsi dalam jumlah banyak bisa mengakibatkan anak menjadi susah untuk tidur.

Membiasakan untuk tidur tepat waktu

Cara lain  yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah anak yang susah untuk tidur adalah membiasakan anak tidur tepat waktu. Adapun cara ini tak hanya perlu dilakukan pada tidur malam saja. Namun juga perlu dilakukan pula untuk mengatur jam tidur siang pada anak.

Dengan membiasakan anak untuk tidur dengan tepat  waktu  adalah cara terbaik untuk mengatur waktu istirahat anak sesuai dengan kebutuhan umur mereka. Nah untuk para ibu cobalah mengajak anak anda untuk bisa tidur tepat waktu setiap hari.

Menciptakan suasana yang mendukung

Setiap orang tentu saja memerlukan suasana yang mendukung ketika sedang melakukan aktivitas. Begitu pula  di sini ketika sedang beristirahat atau tidur juga perlu didukung oleh suasana. Suasana yang tenang bisa membantu seseorang untuk beristirahat.

Nah untuk para ibu yang menjumpai anaknya yang susah untuk tidur adalah berusahalah untuk menciptakan suasana tenang. Dengan menciptakan suasana  bisa membantu anak melakukan proses tidurnya.

Mengatur pencahayaan lampu kamar saat tidur

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi anak  yang susah tidur adalah dengan mengatur pencahayaan lampu pada kamar anak. Karena sering kali lampu kamar yang terlalu terang seringkali membuat mata silau sehingga menjadi sulit untuk tidur.

Maka dari itu untuk para ibu cara mematikan lampu ketika anak akan tidur. Hal itu bisa dilakukan untuk membantu dan mendukung anak untuk tidur.

Membacakan cerita pada anak

Para ibu tentu masing ingat ketika masa kanak-kanak sebelum  tidur dibacakan cerita dongeng oleh ayah atau ibu. Adapun dongeng  yang dibacakan bisa berupa fabel atau dongeng lain yang memberikan pesan amanat tertentu pada anak.

Mungkin mendongeng itu termasuk cara yang tradisional namun bisa juga dilakukan pada anak-anak sekarang untuk membacakan dongeng sebelum mereka tidur. Dan rupanya di sini membacakan dongeng secara tidak langsung juga menanamkan nilai penting yang ada dalam cerita.

Menemani tidur

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi anak yang susah untuk tidur adalah dengan menemani anak tidur. Di sini ibu bisa menemani anak dengan tidur di sampingnya hingga anak benar-benar tidur.

Mengajak dan membiasakan anak melakukan ritual rutin sebelum tidur

Lalu  untuk cara yang berikutnya yang bisa dilakukan adalah mulailah mengajari anak untuk melakukan ritual rutin sebelum tidur. Adapun ritual sebelum tidur itu bisa berupa mencuci tangan kaki, menggosok gigi, berdoa. Adapun hal itu bila dilakukan secara terus menerus secara rutin tiap hari bisa mengurangi resiko anak yang mengalami kesulitan saat tidur malam.

Jauhkan anak pada gadget

Di jaman modern seperti sekarang ini keberadaan  gadget itu tidak hanya dipakai oleh kalangan orang dewasa saja. Namun rupanya juga di sini banyak dipakai pula oleh anak-anak untuk bermain game yang ada di hp. Nah untuk membantu anak agar bisa tidur orang tua berusaha mengurangi anak bermain hp 30 menit sebelum mereka tidur. Dengan begitu anda bisa mengurangi resiko anak yang kesulitan untuk tidur.

Tanyakan pada anak yang membuatnya susah tidur

Dan cara yang selanjutnya yang bisa anda lakukan untuk mengatasi anak yang susah tidur adalah bertanya pada anak yang membuatnya menjadi susah tidur. Lalu setelah anda mengetahui apa yang membuatnya menjadi susah tidur. Kemudian buatlah menjadi tenang dengan mengatakan semua baik baik saja. setelah secara perlahan bisa dilakukan dengan memberikan musik dengan nada yang tenang atau bisa juga di sini anda menemani anak tidur di sampingnya hingga anak itu benar-benar bisa tidur dengan pulas dan juga nyenyak.

Nah bunda, itulah tadi beberapa informasi yang bisa kami bagikan tentang bagaimana cara mengatasi anak yang susah tidur. Semoga informasi yang kami bagikan bisa berguna dan juga bermanfaat untuk anda sekalian ketika menjumpai anak yang kesulitan tidur di malam hari.

No comments

Post a Comment

DON'T MISS

Facebook, Instagram, Tiktok, Youtube
© all rights reserved
i want my journey to be full of laughter