Slider

Langkah Membuat Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris dan Terjemahannya


Beberapa perusahaan yang sudah bertingkat Internasional, kebanyakan akan meminta para pelamar kerja untuk membuat surat lamaran dan CV dalam bentuk bahasa Inggris. Mengingat bahwa di era globalisasi sekarang ini kemampuan dalam berbahasa Inggris sangat dibutuhkan.

Oleh karena itu, dengan mengirimkan surat lamaran dengan menggunakan bahasa Inggris, tentu akan memberikan nilai plus di mata perusahaan. Bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara membuat surat lamaran kerja bahasa Inggris dan terjemahannya. Simak ulasan berikut hingga akhir ya!

Pemahaman Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris

Sebelum masuk ke dalam pembahasan dalam membuat surat lamaran kerja bahasa Inggris dan terjemahannya yang baik dan benar. Tentunya Anda harus memahami terlebih dahulu mengenai surat lamaran kerja bahasa Inggris.

Pada dasarnya surat lamaran kerja atau dalam bahasa Inggrisnya disebut dengan istilah application letter merupakan jenis surat yang dibuat secara khusus. Application letter atau surat lamaran kerja ini dibuat dan dikirim oleh seseorang yang ingin bekerja. Biasanya dikirim pada suatu perusahaan, kantor ataupun instansi tertentu.

Surat lamaran kerja termasuk kedalam golongan surat resmi atau surat dinas. Karenanya membutuhkan aturan tertentu yang harus diperhatikan pada saat menulis surat.

Cara Tepat Menulis Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris

Dalam menulis surat lamaran kerja membutuhkan tata cara tertentu yang harus Anda perhatikan. Penulisan surat lamaran dalam Bahasa Inggris harus menggunakan Bahasa Inggris yang baku. Selain itu dalam penulisan grammar juga harus tepat dan benar. Tentunya dalam menulis application letter harus menggunakan kalimat yang sopan.

Anda bisa mengusahakan menulis surat secara manual dengan rapi agar lebih mudah untuk dibaca oleh penerima surat. Surat lamaran kerja yang baik selalu dilengkapi dengan syarat-syarat yang diminta oleh perusahaan. Tentunya tidak lupa untuk melampirkan sertifikat pendukung lainnya. Hal ini digunakan untuk mendukung surat lamaran dan memberi nilai tambahan.

Catatan penting yang tidak boleh dihiraukan pada menulis surat lamaran kerja adalah selalu memastikan tidak melakukan typo. Atau bahkan dapat disebut dengan tidak melakukan kesalahan pada saat menulis surat lamaran kerja. Perlu untuk diketahui apabila terdapat kesalahan dalam penulisan surat lamaran kerja dapat menunjukkan bahwa Anda kurang professional.

Sistematika Surat Lamaran Kerja Berbahasa Inggris

Terdapat format tertentu dalam menulis surat lamaran kerja atau application letter yang harus Anda lakukan. Surat lamaran kerja diawali dengan menulis tempat dan tanggal pembuatan surat (date line). Tanggal dan tempat penulisan surat biasanya dituliskan pada bagian kanan atas surat.

Selanjutnya menuliskan alamat penerima surat (Inside Address). Mulai alamat penerima, dituliskan secara normal atau tidak di bagian kanan surat. Anda harus memastikan alamat penerima surat telah benar dan akurat. Tentunya agar surat tidak sampai salah tujuan dan tidak salah alamat.

Untuk mengawali surat harus diberi salam pembuka atau salutation. Setelah salam pembuka terdapat paragraf pembuka (Opening paragraph). Dalam paragraf pembuka, Anda harus menuliskan posisi atau jabatan yang ingin dilamar. Sumber informasi pekerjaan juga harus Anda cantumkan.

Selain itu menuliskan data diri secara detail dalam suatu lampiran atau dokumen. Kemudian terdapat paragraf isi (Body paragraph). Paragraf isi memuat latar belakang pendidikan terakhir yang Anda tempuh (Education background). Bagian kedua dari paragraf isi adalah pengalaman kerja (experience) yang pernah Anda tekuni sebelum melamar pekerjaan ini.

Pengalaman kerja yang Anda tuliskan dapat menambah peluang Anda diterima bekerja. Namun pengalaman kerja bersifat opsional, apabila Anda masih lulusan baru Anda tidak perlu menuliskan pengalaman kerja. Anda juga dapat menambahkan skill yang Anda miliki pada bagian ini.

Bagian terakhir surat adalah paragraf penutup (closing paragraph) dan salam penutup (closing greeting). Isinya adalah harapan Anda agar dapat segera di-interview dan diterima untuk bekerja. Tidak lupa untuk memberikan complimentary close serta nama dan tanda tangan dari pengirim surat lamaran kerja.


Contoh Surat Lamaran Bahasa Inggris : 

Versi Bahasa Indonesia :

Semua File dalam Bentuk Word Tiggal edit saja sesuai kebutuhan

Tips dan Trik Agar Surat Lamaran Kerja Diterima

Surat lamaran kerja dibuat untuk ditujukan kepada pimpinan dari perusahaan. Pimpinan perusahaan memiliki wewenang untuk menerima lamaran atau bahkan menolak lamaran kerja. Terdapat beberapa tips dan trik agar surat lamaran kerja Anda dapat diterima oleh perusahaan tempat Anda melamar, diantaranya sebagai berikut.

1# Menggunakan Tata Bahasa yang Tepat

Dalam menulis application letter sangat penting untuk menggunakan tata bahasa yang tepat. Hal ini bertujuan agar surat Anda menjadi lebih menarik untuk dibaca.

2# Menghindari Kata yang Bertele-tele.

Tips yang kedua yaitu menghindari kalimat yang bertele-tele. Dengan kalimat yang berbelit akan membuat pembaca menjadi bingung dengan tujuan yang ingin Anda sampaikan.

3# Mencantumkan Data Diri Lengkap

Dalam menulis surat lamaran kerja tentu membutuhkan data diri pelamar dengan lengkap. Anda bisa mencantumkan nama, email, alamat dan nomor telepon. Data opsional seperti agama dan tanggal lahir alangkah baiknya untuk tidak perlu dicantumkan dalam surat.

4# Alasan Bergabung

Salah satu poin penting yang harus disertakan yaitu alasan bergabung ke dalam perusahaan tersebut. Anda bisa menjelaskannya dengan menggunakan bahasa yang jelas dan mudah dipahami. Karena alasan ketertarikan Anda adalah poin terpenting pada surat lamaran kerja.

5# Pengalaman Kerja

Apabila Anda memiliki beberapa pengalaman dalam bekerja, sangat wajib untuk mencantumkannya. Akan tetapi perlu untuk diingat bahwa meskipun pengalaman bekerja yang dimiliki sangat banyak, Anda tidak perlu mencantumkan semuanya. Cobalah untuk mencantumkan pengalaman yang relevan saja dengan posisi yang sedang dilamar.

6# Kemampuan yang Dimiliki

Tips selanjutnya yaitu menyertakan kemampuan atau skill yang Anda miliki.  Dalam hal ini perlu untuk dipastikan bahwa kemampuan tersebut memang benar Anda miliki. Sehingga pada saat melalui proses interview semua pertanyaan bisa terjawab dengan mudah.

7# Riwayat Pendidikan

Dalam riwayat pendidikan, Anda dapat menyebutkan berapa IPK Anda setelah lulus dari bangku kuliah. Anda juga dapat menambahkan beberapa penghargaan akademik yang telah diperoleh selama menempuh pendidikan. Kedua hal ini akan memberikan nilai lebih pada surat lamaran Anda.

8# Memeriksa Kembali

Tips terakhir yang perlu diperhatikan yaitu dengan memeriksa kembali seluruh isi surat lamaran kerja yang telah Anda buat. Hal ini harus dilakukan agar surat yang dikirimkan menjadi lebih maksimal dan tidak memuat kesalahan dalam penulisannya.

Kenapa Sih Surat Lamaran Kerja Anda Bisa Ditolak?

Ada banyak sekali penyebab mengapa surat lamaran kerja Anda ditolak oleh perusahaan atau tempat Anda melamar kerja. Apa saja sih penyebabnya? Simak penjelasan berikut ini.

1# Tidak Mengikuti Persyaratan atau Instruksi

Dalam membuka lowongan kerja, perekrut kerja biasanya memberikan persyaratan khusus pada pengumuman lowongan. Anda harus membaca dengan baik apa saja persyaratan yang diberikan oleh perekrut. Anda juga perlu memperhatikan instruksi apa saja yang diberikan.

Apabila Anda gagal untuk mengaplikasikan instruksi ke dalam surat lamaran kerja Anda, Anda akan memungkinkan untuk ditolak. Hal ini dikarenakan perekrut menganggap Anda tidak memperhatikan suatu hal secara detail dan teliti. Dan Anda dapat terkesan tidak bertanggung jawab akan suatu instruksi.

2# Tidak Nyaman untuk Dibaca

Surat lamaran yang Anda buat harus nyaman untuk dibaca. Anda tidak disarankan membuat surat lamaran kerja yang terlalu panjang. Dalam surat ini Anda tidak perlu memasukkan detail yang tidak penting ke dalam surat Anda. Namun surat lamaran kerja yang terlalu singkat dan terlalu pendek juga sering kali tidak dibaca oleh perekrut.

Secara estetika, surat lamaran kerja harus tetap nyaman untuk dilihat bahkan untuk dibaca. Poin pentingnya, surat yang nyaman dibaca memiliki ruang putih polos pada bagian pinggirnya. Menggunakan poin-poin yang penting serta menggunakan karakter huruf yang tidak berlebihan atau sederhana saja.

3# Terdapat Kesalahan Penulisan

Kesalahan penulisan pada surat memang terlihat sepele, namun hal ini dapat menjadi fatal karena menyebabkan Anda terlihat kurang professional. Kesalahan penulisan juga akan menjadi nilai minus pada surat lamaran kerja Anda. Kesalahan dalam tulisan dapat berupa kesalahan pengejaan ataupun kesalahan pada grammar.

Jika memang Anda tahu diri bahwa Anda tidak dapat menulis surat lamaran kerja dengan baik, Anda dapat meminta bantuan orang lain. Mintalah bantuan pada orang yang lebih handal untuk mengecek surat Anda sebelum melakukan pengiriman surat.

Satu atau dua kesalahan dalam penulisan mungkin tidak terlalu menggangu bagi pembaca. Namun apabila kesalahan penulisan terlalu banyak maka akan mempengaruhi penilaian terhadap diri Anda.

4# Tidak Memperbarui Curriculum Vitae

Tidak memperbarui curriculum vitae (CV) merupakan salah satu penyebab mengapa lamaran kerja sering ditolak. Mungkin saja Anda sebenarnya memenuhi kualifikasi dan pengalaman kerja yang mumpuni. Namun apabila CV tidak diperbarui maka tidak akan sesuai dengan informasi untuk syarat pekerjaan yang dilamar.

Dengan selalu memperbarui CV, Anda telah menunjukkan inisiatif yang sangat baik. CV yang baru akan memberikan informasi yang lebih relevan mengenai bagaimana diri Anda. Skill dan pengalaman kerja pada CV harus selalu dipastikan sesuai dengan pekerjaan yang akan Anda lamar. Agar dapat memperbesar peluang diterima bekerja.

5# Tidak Detail dalam Menulis Pencapaian

Sebenarnya tidak masalah bagi Anda untuk memaparkan tangguh jawab kerja pada surat lamaran kerja. Namun akan lebih baik apabila pemaparan tanggung jawab kerja dijelaskan secara detail. Hal ini akan membantu perekrut untuk menilai kepribadian diri Anda.

Contoh pemaparan tanggung jawab kerja adalah Anda dapat berhasil membawa banyak klien untuk bekerja sama dengan perusahaan. Dapat membantu tim agar memperoleh pendapatan tambahan dan lain sebagainya.

6# Tidak Melampirkan Dokumen yang Dibutuhkan

Dalam mengumumkan lowongan pekerjaan, biasanya perekrut kerja akan memberikan suatu persyaratan khusus. Misalnya adalah mencantumkan beberapa dokumen penunjang yang akan menambah nilai. Dokumen tersebut dapat berupa transkrip nilai selama kuliah, lembar portofolio, fotokopi ijazah dan lain sebagainya.

Anda harus memastikan bahwa telah mengikuti instruksi yang telah diberikan oleh perekrut. Tentunya Anda harus memastikan bahwa telah mengirim dokumen pelengkap secara lengkap sebagai syarat untuk melamar kerja. Surat lamaran kerja harus sesuai dengan peruntukannya dan sesuai dengan format penulisan.

7# Salah dalam Melamar Pekerjaan

Masih banyak sekali orang yang salah dalam melamar pekerjaan. Memang terlihat lucu tapi kenyataannya banyak sekali terjadi. Banyak yang mengira bahwa melamar pekerjaan yang tidak sesuai spesifikasi dapat tetap diterima untuk bekerja. Namun nyatanya adalah tidak.

Pelamar yang tidak sesuai spesifikasi tentunya tidak akan diterima oleh perekrut. Pelamar Akan dianggap buang-buang waktu perekrut saja. Spesifikasi Anda dalam melamar pekerjaan harus Anda sesuaikan sesuai kebutuhan. Tidak boleh terlalu tinggi dan tidak boleh terlalu rendah pula.

8# Tidak Menggunakan Email Professional

Alamat email adalah salah satu data penting yang harus Anda cantumkan dalam menulis surat lamaran kerja. Alamat email yang Anda cantumkan juga tidak boleh sembarangan. Banyak sekali pelamar kerja yang menggunakan alamat email yang tidak profesional untuk melamar kerja.

Yang dimaksud dengan email tidak profesional adalah alamat email yang menggunakan panggilan atau julukan aneh. Anda cukup menggunakan nama lengkap Anda untuk dijadikan sebagai alamat email professional.

Selain nama alamat email, pemilihan penyedia layanan email juga berpengaruh. Alangkah baiknya Anda menggunakan penyedia layanan yang umum untuk digunakan. Misalnya adalah menggunakan Gmail.

Apabila Anda menggunakan penyedia layanan email yang lama, Akan memungkinkan email Anda langsung dimasukkan ke dalam tempat sampah.

9# Mengirim Surat Mepet dengan Deadline

Dalam pengumuman lowongan pekerjaan biasanya diberikan detail kapan waktu terakhir untuk mengirim surat lamaran kerja. Anda tidak diperbolehkan mengirim surat lamaran yang mepet dengan deadline. Kirimlah surat lamaran kerja dan CV Anda secepat mungkin.

Perektur pekerjaan berkehendak untuk menutup lowongan pekerjaan kapanpun. Walaupun belum memasuki tanggal terakhir pengumpulan lamaran. Alasan pemajuan penutupan adalah perekrut telah menemukan kandidat yang cocok untuk diterima.

Semakin cepat Anda mengirimkan surat lamaran kerja Anda maka akan semakin cepat dibaca oleh perekrut. Begitu pula dengan surat lamaran kerja yang dikirimkan paling akhir akan diletakkan pada tumpukan paling bawah. Tentunya akan membutuhkan antrian lebih lama untuk dibaca oleh perekrut.

Pengiriman surat yang mepet dengan tenggat waktu juga akan memberikan peluang lebih bagi pelamar yang lain. Barangkali pelamar yang lain lebih unggul dari Anda dan akan menggeser posisi Anda.

10# Tata Paragraf Tidak Beraturan

Application letter atau surat lamaran kerja merupakan surat resmi yang harus ditulis dengan menggunakan tata paragraf yang rapi. Isi dari surat lamaran kerja yang baik harus terdiri dari pembuka, perkenalan, data diri, tujuan, dan lampiran berkas pendukung.

Anda juga tidak boleh lupa untuk mencantumkan posisi atau pekerjaan apa yang akan Anda lamar. Data diri harus dituliskan secara singkat dan jelas. Dimana data diri terdiri dari nama, alamat rumah dan nomor yang aktif. Informasi diri yang jelas akan membuat perekrut lebih mudah dalam menindaklanjuti seleksi lamaran.

Apabila surat lamaran Anda tidak menggunakan tata paragraf yang beraturan, maka perekrut akan kesulitan untuk memahami isi surat. Dan membuat perekrut enggan menerima Anda untuk bergabung dengannya.

11# Mengosongkan Bagian Subject dan Body Email

Kebanyakan alasan mengapa pelamar mengosongkan bagian subject dan body pada email adalah karena bingung harus menulis apa. Padahal dengan Anda mengosongkannya akan memberikan kesan yang tidak profesional dan kurang kreatif terhadap perekrut.

Dengan pengosongan subjek dan body email akan membuat perektur sulit mengenali email surat lamaran kerja yang masuk. Email Anda akan dilewati begitu saja oleh perekrut dan mungkin Anda ditolak untuk memperoleh pekerjaan.

12# Adanya Jejak Digital Yang Buruk

Anda tidak boleh melupakan istilah jempolmu harimaumu. Postingan pada media sosial Anda adalah cerminan dari kepribadian dan perspektif Anda. Perekrut kerja akan memantau media sosial pelamar kerja secara mendetail dan menyeluruh. Anda tidak boleh mengunggah postingan yang bersifat negatif.

Apabila memang pernah mengirimkan postingan buruk, Anda harus segera menghapusnya. Karena tindakan yang negatif Anda akan membuat perekrut tidak mau menerima Anda menjadi pekerjanya.

Itulah berbagai tips dan poin-poin penting yang perlu untuk diperhatikan dalam membuat surat lamaran kerja bahasa Inggris dan terjemahannya. Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat yang bisa dijadikan sebagai referensi untuk Anda yang akan membuat surat lamaran kerja.


No comments

Post a Comment

DON'T MISS

Facebook, Instagram, Tiktok, Youtube
© all rights reserved
i want my journey to be full of laughter