Slider

OOTD Makin Menarik dengan Outer

Berkembangnya teknologi juga membawa dampak pada perkembangan tren fashion, mulai dari munculnya berbagai motif atau pola baru hingga berbagai jenis pakaian baru yang ramai diperbincangkan masyarakat.

Outerwear, luaran, atau biasa disingkat dengan outer, merupakan salah satu item fashion yang terus berkembang dan berevolusi seiring waktu. Perubahan dan perkembangan outer ini disesuaikan dengan kebutuhan pasar dan juga kebutuhan mengejar tren fashion kekinian.

Outer sendiri memiliki beragam jenis yang dapat digunakan oleh para fashionista sebagai pelengkap outfit of the day mereka karena mudah ditemukan dalam berbagai platform jual-beli, mudah digunakan, mudah perawatannya dan mudah juga di mix and match dengan gaya sehari-hari.

Di artikel kali ini, kami akan memberikan informasi seputar outer, mulai dari pengertian apa itu outer, jenis-jenis outer sekaligus cara padu padan gaya dengan outer yang dapat kalian gunakan untuk OOTD kegiatan sehari-hari.

Mau tahu? Yuk, simak penjelasan di bawah ini!

Apa Itu Outer?

Outer, atau istilah yang digunakan untuk menyebut luaran, adalah jenis pakaian yang biasa digunakan untuk melengkapi atau menjadi highlight utama dari sebuah padu padan pakaian. Outer sendiri memiliki beberapa bentuk, seperti rompi, kimono, cardigan, blazer, jaket, dan lain-lain.

Menjadi highlight, sebuah outer yang digunakan dalam satu padu padan dapat mengubah total seluruh penampilan. Selain itu, untuk yang memiliki tubuh berisi, outer juga dapat digunakan untuk menyamarkan bentuk tubuh hingga terlihat lebih ramping.

Padu Padan Outer

Di bawah ini ada beberapa padu padan pakaian menggunakan outer yang dapat menjadi inspirasi untuk memilih padu padan outfit of the day kalian sebelum menjalani kegiatan.

Penasaran, yuk simak di bawah ini!

Outer Kimono

Kimono adalah pakaian tradisional asal Jepang. Dalam versi asli, kimono terdiri dari beberapa lapis pakaian untuk membentuk kimono itu sendiri. Namun seiring pesatnya era modernisasi, pakaian asli Jepang itu dimodifikasi dan disesuaikan agar dapat digunakan secara massal oleh masyarakat.

Bagian terluar dari kimono asli menjadi sasaran modernisasi, yakni memodifikasi bagian tersebut tapi tetap mempertahankan bentuk aslinya, salah satunya dimodofikasi menjadi outer.

Cr: pinterest.com

Gaya pertama dengan kimono outer ini bisa kita contek untuk OOTD ke kampus atau ke kantor. Bentuk kimono outer yang ada pada contoh gambar ini masih memberi kesan formal dan rapi, dipadukan dengan all black style dari hijab hingga celana.

Tampilan all black sangat mendukung pemakaian outer dengan motif yang ramai seperti ini, dimana warna polos dapat mengimbangi ramainya motif dari outer yang kita kenakan. Kalian bisa menggunakan slip-on shoes atau sneakers sebagai alas kaki.

Outer Batik

Siapa bilang batik ketinggalan zaman?

Kain dengan motif batik masih menjadi favorit masyarakat Indonesia sebagai pelengkap padu padan pakaian dalam berbagai kesempatan, seperti untuk kerja, jalan-jalan, hingga ke acara pernikahan. Motif yang makin beragam dalam paduan banyak warna menjadikan pakaian dengan motif batik masih menjadi item fashion favorit.

Gaya pertama dari influencer dwihandaanda atau dengan nama lengkap Dwi Handayani Syah Putri ini bisa kalian contek untuk OOTD ke kantor ataupun untuk acara formal lainnya.

Cr: pinterest.com

Penambahan outer batik dengan warna kontras dari setelan abu-abu membuat tampilan Mama Uwik – nama panggilan Dwi Handayani, menjadi semakin standout tapi tetap elegan. Potongan bootcut atau lengan terompet membuat tampilan ini makin beda dari yang lain. Tertarik mencoba?

Di gaya kedua yang masih menggunakan outer batik ini bisa kalian contek untuk OOTD ke kantor ataupun untuk menghadiri kondangan. Jumpsuit hitam dipadukan dengan long outer batik ini membuat tampilan kalian misterius dan elegan.

Cr: pinterest.com

Untuk menambah kesan feminine, kalian bisa menggunakan pump heels warna nude sebagai alas kaki. Tips untuk tampilan ini, pilih outer batik denga motif yang ramai tapi dalam warna netral agar tampilan kalian tidak menjadi berat.

Leather Jacket

Leather jacket atau jaket kulit tidak hanya digunakan oleh kaum laki-laki saja, kita para perempuan juga bisa loh memadu padankan jaket kulit sebagai pelengkap OOTD.

Cr: pinterest.com

Mencontoh gaya yang satu ini, kalian bisa memadukan rok lipit atau rok plisket berwarna hijau army dengan jaket kulit. Tampilan ini memberi kesan misterius dan elegan dengan tambahan sunglass sebagai aksesoris.

Untuk alas kaki, kalian bisa menggunakan heels atau juga sepatu boots andalan kalian.

Tule Outer

Memakai tule outer sebagai pelengkap padu padan pakaian akan memberi kesan formal dan elegan, seperti pada gaya yang satu ini.

Cr: pinterest.com

Bergaya monokrom tidak lagi membosankan dan terkesan main aman dengan menambahkan tule outer sebagai pelengkap. Aksen blink-blink di bagian kerah outer bisa memberi kesan ‘mahal’ untuk tampilan kalian. Gaya satu ini bisa banget jadi alternatif gaya ke kondangan. Berani mencoba?

Cr: pinterest.com

Gaya kedua dengan tule outer yang bisa kalian contek adalah dengan memadukan gaya hitam putih kalian dengan tule outer bermotif bunga-bunga seperti ini. Selain memberi kesan elegan, kalian juga makin terlihat girly, loh. Agar makin standout, kalian bisa mengenakan flat shoes berwarna terang seperti warna oranye ini.

Mengubah Kemeja menjadi Outer? Siapa Takut!

Kemeja adalah jenis pakaian yang biasa digunakan sebagai atasan atau jadi dalaman dari outer, tapi gimana kalau dibalik ya? Gaya dari Zaskia Adya Mecca ini bisa kalian contek untuk jalan-jalan dengan teman. Selain terlihat santai, gaya kalian terlihat standout dengan memadukan kemeja kotak-kotak sebagai outer dan ruffle skirt sebagai bawahan.

Cr: pinterest.com

Agar makin terlihat boyish dan santai, kalian bisa menggunakan waist bag dan sunglass sebagai aksesoris OOTD kali ini.

Gaya kedua ini juga nggak kalah keren, loh! Kalian bisa menjadikan kemeja sebagai outer yang dipadukan dengan mom jeans seperti ini. Tampilan dengan warna-warna basic, seperti warna hitam, putih dan abu-abu memang nggak salah untuk padu padan hangout bareng teman!

Blazer Outer

Cr: pinterest.com

Memadu padankan pakaian dalam warna-warna cerah di musim hujan tentu sah-sah saja. Seperti yang ada pada gaya pertama ini, kalian bisa memadukan blazer berwarna oranye pastel dengan straight pants warna nude. Setelan ini akan sangat cocok kalian gunakan ke kantor atau ke acara formal lainnya.

Jaket Denim

Mulai bosan dengan gaya all black yang itu-itu saja? Mungkin memadukan dengan jaket denim bisa menjadi solusi!

Cr: pinterest.com

Memadukan jaket denim dengan maxi skirt bermotif bunga-bunga membuat tampilan kalian terlihat santai namun tetap elegan dengan dominasi warna hitam pada padu padan pakaian. Untuk memberi kesan elegan, kalian bisa menggunakan heels warna hitam atau juga flat shoes favorit kalian. Siap deh jalan-jalan dengan teman!

Nah, dari padu padan di atas, gaya mana yang jadi favorit kalian? Pastikan kalian merasa nyaman ya, karena dari rasa nyaman bisa menumbuhkan rasa percaya diri untuk menjalani kegiatan sehari-hari.

Semoga artikel kali ini bisa memberi informasi dan menginspirasi para pembaca sekalian, ya! Stay safe, stay healthy!

No comments

Post a Comment

DON'T MISS

Facebook, Instagram, Tiktok, Youtube
© all rights reserved
i want my journey to be full of laughter