Slider

OOTD Rok untuk Muslimah

Rok adalah salah satu jenis pakaian yang banyak digunakan oleh wanita dalam berbagai kegiatan. Mulai dari kegiatan formal seperti sekolah dan bekerja, hingga untuk padu padan pakain jalan-jalan atau menikmati waktu dengan keluarga. Rok juga digunakan dalam kegiatan sehari-hari di rumah dan digunakan dalam banyak acara lainnya.

Apa Itu Rok?

Rok merupakan jenis pakaian yang berbentuk kerucut atau pipa, dimana cara penggunaannya adalah dimulai dari bagian pinggul dan dapat menutupi sebagian atau seluruh bagian kaki penggunanya. Rok tidak memiliki pembagian seperti celana yang membagi bagian kaki kiri dan kaki kanan, melainkan langsung menjadi satu bagian utuh yang dapat menutupi sebagian hingga seluruh bagian kaki.

Meski identik dengan perempuan, ternyata rok juga digunakan oleh laki-laki di kawasan Skotlandia sebagai salah satu pakaian tradisional yang digunakan dalam kegiatan tertentu. Selain itu, dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan selera masyarakat, beberapa desainer menciptakan rok yang dapat digunakan oleh laki-laki tanpa menghilangkan kesan maskulin.

Sama seperti jenis pakaian lainnya, rok memiliki beberapa jenis atau varian yang dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan dan selera penggunanya. Seperti A-Line Skirt yang dapat menambah volume pada tubuh dengan efek mengembang pada bagian bawah rok, maxi skirt yang dapat menutupi keseluruhan bagian bawah tubuh, pencil skirt pencil skirt yang memiliki bentuk ketat, hingga midi skirt yang menutupi bagian pinggul hingga sedikit di bawah lutut.

Kali ini, kami akan memberi beberapa rekomendasi OOTD menggunakan rok untuk kalian yang mengenakan hijab. Penasaran? Yuk, simak penjelasan di bawah ini!

Hitam Putih ala Dinda Hauw

Dinda Hauw memiliki selera pakaian yang cukup menarik, yakni gaya pakaian yang rapi namun tidak meninggalkan kesan feminine. Gaya pakaian Dinda Hauw yang digunakan ke toko buku ini bisa menjadi rekomendasi untuk pergi ke kantor, kencan dengan kekasih atau kegiatan lainnya.

Dinda memadukan basic skirt dengan bahan katun yang lembut dengan outer jenis blazer yang mirip dengan mantel warna hitam. Dinda memilih blazer dengan jenis kain katun yang terlihat nyaman digunakan dan dapat dipadukan dengan banyak gaya pakaian. Sebagai inner, Dinda mengenakan long sleeve warna serupa dengan blazer yang bagian lengannya ditarik lebih panjang.

Agar tidak terlalu monoton, Dinda memilih jilbab warna abu-abu sebagai penengah dari warna hitam dan putih dari padu padan pakaiannya. Sebagai alas kaki, Dinda memilih pointy heels yang membuat tampilannya makin terlihat klasik.

Tampilan klasik ini memberi kesan elegan, mewah namun tetap nyaman digunakan dalam berbagai kegiatan. Jenis padu padan ini awalnya banyak digunakan oleh wanita di kawasan Barat saat musim gugur atau musim dingin, sehingga sangat erat dengan rasa hangat dan nyaman.

Unpredictable in Boots

Saat ini ada banyak pilihan padu padan pakaian yang digunakan oleh kaum remaja. Dengan banyaknya inspirasi dari berbagai negara – seperti Korea Selatan yang sedang erat kaitannya dengan anak muda dan Amerika Serikat dengan pesona street style nya, maka semakin berkembang pula padu padan pakaian yang digunakan.

Salah satunya adalah pada rekomendasi OOTD yang satu ini. Basic skirt menjadi jenis rok yang paling nyaman dan aman digunakan untuk dipadukan dengan berbagai macam gaya, mulai dari yang santai hingga yang formal.

Kalian bisa memadukan basic skirt dengan gingham tank seperti pada OOTD ini. Gingham tank atau tank top dengan pola gingham – kotak-kotak, banyak digunakan oleh kaum wanita di Korea Selatan saat musim panas karena memiliki pola yang simpel dan hadir dalam warna-warna yang cerah.

Kalian yang mengenakan hijab ternyata bisa menggunakan gingham tank sebagai luaran dari pakaian. Tapi tetap ingat, jangan sampai melanggar rasa nyaman kalian, ya. Paduan warna-warna cerah ini  bisa banget kalian contek untuk hangout dengan teman-teman.

Pemakaian boots sebagai alas kaki menjadi highlight dari keseluruhan padu padan dan membuat OOTD kalian semakin unik.

Being Formal in Brown

Warna cokelat pada padu padan pakaian erat kaitannya dalam banyak hal, salah satunya adalah musim gugur untuk negara dengan 4 musim. Warna cokelat memberi kesan hangat dan banyak mengingatkan akan rumah. Selain itu, warna cokelat identik dengan warna kayu yang kuat namun tetap hangat.

Padu padan pakaian ini sangat cocok untuk kalian yang ingin mengenakan OOTD ala musim gugur di waktu musim hujan nanti. Yakni dengan memadukan rok lipit atau rok plisket warna cokelat dengan blazer bermotif kotak-kotak. Sebagai alas kaki, kalian bisa mengenakan boots seperti pada gambar atau mengenakan berbagai jenis heels. Penggunaan heels yang dipadu dengan rok plisket bisa memberi kesan jenjang untuk kaki.

Tampilan ini bisa kalian gunakan untuk dinner dengan kekasih atau untuk hangout dengan teman-teman. Juga dapat digunakan sebagai OOTD ke kantor dengan penggunaan pump heels sebagai alas kaki.

Adaptasi Gaya Korea

Mengadaptasi gaya korea selanjutnya datang dari gaya monokrom dengan menggunakan basic skirt dengan motif gingham. Penggunaan warna pastel ini akan memberi kesan simpel, bersih namun tetap terlihat feminine.

Gaya akan semakin terlihat unik dengan penggunaan topi beret seperti gambar di atas. Gaya ini terlihat klasik dengan penggunaan sepatu jenis mary jane, yakni sepatu dengan kesan tertutup di bagian depan dan adanya tali yang membentang di bagian tengah.

Gaya sepatu mary jane sendiri banyak digunakan sebagai sepatu sekolah maupun sepatu berpergian yang unik. Selain mengingatkan akan gaya kekinian Korea Selatan, gaya ini juga mengingatkan dengan gaya pakaian Parisian atau gaya pakaian wanita yang tinggal di Paris. Gaya Parisian terkenal dengan keunikan dan kerapiannya, sehingga sangat cocok untuk digunakan dalam berbagai kegiatan.

All Black

Gaya monokrom selanjutnya datang dari Veby Palwinta yang menggunakan warna hitam pada padu padan pakaiannya. Warna hitam sendiri sangat klasik dan mudah dipadukan dalam berbagai gaya dan jenis pakaian.

Veby menggunakan rok lipit atau rok plisket yang dipadukan dengan kemeja warna hitam. Sebagai alas kaki, Veby memilih sepatu dengan sol espadrilles – yakni sepatu dengan hak rendah atau flat yang terbuat dari bahan karet atau kanvas. Espadrilles memiliki bagian luar sol yang dililit oleh tali pilinan kayu.

Sebagai jilbab, Veby memilih warna abu-abu tua agar tampilan tidak terlalu monoton. Kalian bisa menambahkan aksesoris, seperti kalung atau bros dengan warna gold agar memberi kesan mewah pada OOTD serba hitam ini.

Pretty in Pastel

Penggunaan warna pastel selanjutnya dapat diaplikasikan pada gaya OOTD seperti pada rekomendasi ini. Yaitu dengan menggunakan basic skirt dan kemeja warna cokelat pastel yang dipadukan dengan outer rajut atau vest berbahan rajut warna putih sebagai luaran. Tampilan ini memberi kesan hangat untuk OOTD dan sangat cocok untuk digunakan kencan atau sekedar hang out dengan teman-teman.

No comments

Post a Comment

DON'T MISS

Facebook, Instagram, Tiktok, Youtube
© all rights reserved
i want my journey to be full of laughter