Slider

Penjual Online Wajib Tahu! Begini Cara Berjualan di Lazada Indonesia Terbaru

Apakah kamu termasuk orang yang berkeinginan untuk mulai jualan online atau mau mengembangkan usahamu merambah pasar  yang lebih luas? Jika iya, tak ada salahnya kamu coba jualan di platform marketplace yang sudah mulai menjamur di Indonesia. Diantara banyaknya marketplace yang ada di Indonesia, Lazada bisa kamu jadikan pilihan untuk memperluas pemasaranmu. Jadi, pastikan kamu membaca artikel ini sampai selesai untuk mendapatkan informasi terlengkap mengenai cara berjualan di Lazada ya!

Kondisi pandemi yang masih terus berlanjut sampai saat ini membuat banyak dari kita harus memutar otak agar bisa tetap bertahan hidup. Banyaknya kasus diberhentikan dari pekerjaan lama akhirnya membuat orang-orang mencari alternatif pekerjaan baru lainnya. Salah satu pekerjaan alternatif yangt bisa kamu jadikan pilihan adalah berjualan.

Perkembangan teknologi yang semakin maju telah mengubah banyak segi dalam kehidupan manusia termasuk dalam hal berjualan. Jika sebelumnya kita hanya mengenal kegiatan jual beli dilakukan secara konvensional di pasar tradisional atau mall, sekarang kita bisa mengakses kegiatan yang satu ini dengan lebih mudah secara online. Ya, tren berjualan secara online mulai marak dilakukan oleh masyarakat Indonesia akhir-akhir ini.

Selain lebih hemat anggaran karena kamu tak perlu membangun toko dan mengeluarkan biaya tambahan untuk pemeliharaan toko fisik, berjualan secara online juga memungkinkanmu untuk menjangkau pasar yang lebih luas tanpa hambatan loh. Saat ini sudah banyak platform yang bisa kamu gunakan untuk mendukung kegiatan yang satu ini diantaranya marketplace yang tersedia di media sosial dan situs e-commerce seperti Lazada.

Lazada adalah salah satu e-commerce yang merupakan bagian dari Alibaba Group yang awalnya berasal dari Jerman dan banyak dipilih oleh masyarakat Indonesia. Aplikasi yang dirilis tahun 2013 ini tercatat setidaknya telah diinstal oleh lebih dari 100 juta pengguna android. Banyaknya pengguna aplikasi Lazada tentunya bisa kamu jadikan peluamg untuk mencari cuan dengan cara menjadi penjual online di Lazada.

Kelebihan Berjualan dan Cara Mulai Jualan di Lazada

Berjualan di Lazada punya beberapa kelebihan diantaranya identik dengan penghargaan yang diberikan kepada seller atau penjual yang memenuhi kriteria tertentu. Hadiah yang dimaksud dapat berupa subsidi terhadap harga yang diberikan oleh Lazada kepada seller dan adanya program seller prioritas untuk para seller di Indonesia. Selain itu, dengan mendaftar menjadi seller Lazada, kamu akan mendapatkan kemudahan berjualan berupa waktu pendaftaran yang relatif singkat yaitu hanya beberapa menit saja dan tokomu sudah siap untuk berjualan loh!

Adapun untuk menjadi seorang penjual atau seller yang sukses di Lazada, terlebih dahulu kamu harus melakukan pendaftaran. Tentunya proses ini harus memenuhi beberapa persyaratan yang telah ditetapkan oleh pihak Lazada. Berikut ini adalah syarat yang harus kamu penuhi jika ingin mulai berjualan di Lazada.

Untuk seller perorangan, kamu hanya memerlukan dua dokumen pendaftaran yaitu Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan buku rekening yang masih aktif. Pastikan nama yang tercantum dalam buku rekening sama dengan nama yang ada di Kartu Tanda Penduduk (KTP) ya. Sedangkan untuk seller yang berbentuk unit usaha atau perusahaan, dokumen yang kamu perlukan adalah izin usaha dari OSS atau Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) dan nomor rekening. Pastikan juga nama yang tercantum di buku rekening tidak berbeda dengan nama perusahaan atau nama dari penanggung jawab perusahaan.

Cara Membuat Akun Berjualan di Lazada untuk Pemula

Nah, jika kamu sudah mempersiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan untuk menjadi seorang penjual atau seller di Lazada, langkah selanjutnya adalah mulai membuka akun toko di marketplace atau e-commerce yang satu ini. Jangan khawatir, cara berjualan di Lazada terhitung sangat mudah kok. Jadi cara mulai berjualan di Lazada ini juga sangat cocok untuk kamu yang masih pemula. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mulai membuka toko onlinemu di Lazada

Pertama, pastikan kamu telah menginstall aplikasi Lazada. Untuk kamu yang menggunakan handphone berbasis android, kamu dapat menginstall aplikasi ini melalui Google PlayStore. Sedangkan untuk kamu yang menggunakan handphone berbasis iPhone, silahkan lakukan penginstalan lewat Appstore.

Setelah itu, buka Chrome dan masukkan alamat website resmi Lazada yaitu lzd.co/menjadi seller. Kamu akan otomatis diarahkan ke bagian pendataran seller atau penjual yang terdapat di aplikasi Lazada seperti di bawah ini.

Klik tombol Daftar Gratis yang berwarna biru dan terdapat pada bagian bawah layar kemudian lakukan pengisian terhadap formulir yang ada. Pastikan kamu mengisi dengan data yang benar dan lengkap ya

Akun sellermu sudah jadi. Selanjutnya kamu akan diarahkan untuk menginstall aplikasi Lazada khusus seller. Lakukan penginstalan akun seller.

Isilah data-data yang diminta yang meliputi alamat bisnismu, buku rekening dan foto-foto dari produk yang kamu jual. Pastikan kamu upload foto produk dengan resolusi gambar yang baik ya.

Cara Berjualan di Lazada Tanpa Modal dan Stock Barang

Selain menawarkan banyak bonus untuk mitra seller yang bergabung di dalamnya, Lazada juga memungkinkanmu untuk mulai berjualan tanpa perlu stock barang. Sistem ini biasa dikenal sebagai dropship. Untuk menjadi seorang dropshipper di Lazada sangatlah mudah. Bahkan sistem ini memungkinkanmu untuk berjualan di Lazada tanpa perlu mengeluarkan modal lho. Simak informasi lengkap mengenai cara berjualan di Lazada tanpa modal dan stok barang di bawah ini 

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menentukan barang apa yang hendak kamu jual. Pastikan barang yang kamu pilih punya tingkat permintaan yang cukup tinggi di pasaran ya.

Selanjutnya pilih toko di marketplace atau e-commerce yang menyediakan layanan dropship dan menyediakan barang yang kamu inginkan. Salah satu e-commerce yang menyediakan layanan dropship adalah Shopee.

Jika sudah, mulai lakukan pengisian etalase tokomu di Lazada dengan produk yang kamu inginkan lalu tentukan harga dan tunggu sampai ada pesanan yang masuk.

Jika ada pesananan yang masuk, bukalah e-commerce lain seperti Shopee dan lakukan pembelian seperti biasa. Yang harus kamu ingat adalah bagian alamat yang tercantum harus diisi oleh alamat dari calon pembelimu dan jangan lupa untuk memilih Kirim Sebagai Dropshipper yang ada di bagian bawah layar. Kamu juga akan diminta untuk mengisi nama toko milikmu sebagai nama pengirim dan nomer yang aktif. Klik Buat Pesanan dan ikuti langkah yang diminta selanjutnya.

Tips Berjualan di Lazada Agar Semakin Laris

Siapa sih yang tidak ingin jualannya laris manis? Hal ini juga berlaku bagi kamu yang punya toko online di marketplace seperti Lazada. Walaupun popularitas Lazada mulai tergeser oleh marketplace lain seperti Tokopedia dan Shopee, tak ada salahnya jika kamu terus menekuni usha berjualan di marketplace yang satu ini. Ikuti tips-tips di bawah ini agar jualanmu di Lazada semakin laris manis!

  1. Usahakan untuk selalu fast respond saat ada sebuah pertanyaan atau pesanan yang masuk. Hal ini sangat penting agar calon pembeli yang kurang sabar menunggu tidak membatalkan pesanan dan beralih mencari toko yang lain
  2. Berikan banyak promo menarik untuk calon pembeli. Kamu pasti tahu kalau penggunaan promo dapat mempengaruhi psikologi pembeli dalam memilih suatu produk. Oleh sebab itu, sediakanlah banyak promo menarik untuk menggaet pembeli agar mau belanja di toko onlinemu di Lazada
  3. Tampilkan foto produk dan deskripsi produk yang menarik. Hal ini juga akan membuat tokomu dianggap lebih kredibel oleh calon pembeli sehingga peluangmu untuk lebih laris dalam berjualan di Lazada juga akan meningkat.
  4. Berikan pelayanan terbaik dan giring pembeli untuk memberikan rating yang bagus bagi produk yang ada di tokomu. Produk-produk dengan rating yang bagus akan punya kemungkinan meningkatkan penjualan yang lebih baik.

Itulah informasi lengkap mengenai cara berjualan di salah satu marketplace terpopuler di Indonesia yaitu Lazada. Dengan berjualan di marketplace yang satu, kamu tak hanya bisa mendapat banyak bonus yang menarik tapi juga bisa mulai berjualan tanpa modal dengan menjadi dropshipper. Semoga informasi ini bermanfaat ya.


No comments

Post a Comment

DON'T MISS

Facebook, Instagram, Tiktok, Youtube
© all rights reserved
i want my journey to be full of laughter