Slider

Perlengkapan Usaha Capucino Cincau : Analisis Bisnis Dan Keuntungan Usaha Capucino Cincau


Menyiapkan semua Perlengkapan Usaha Capucino Cincau tentu saja menjadi hal yang harus dipersiapkan sejak awal saat anda ingin membangun usaha Capucino Cincau. Memang usaha Capucino Cincau ini seakan tidak pernah mati, sebab minuman yang nikmat sekaligus menyegarkan ini memang sangat istimewa untuk dinikmati.

Capucino Cincau juga menjadi salah satu minuman yagn disukai oleh mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Capucino cincau adalah minuman perpaduan dari capucino dan juga cincau yang dicampur menjadi minuman yang nikmat dan menyegarkan, oleh sebab itu kenapa minuman ini diberi nama Capucino cincau.

Dengan cita rasa yang sangat lezat dan menyegarkan, tentu saja tidak heran jika banyak sekali peminat dari Capucino cincau. Oleh sebab itu juga tentu saja membuat minuman Capucino cincau ini menjadi salah satu ide usaha yang sangat menjanjikan. Ide usaha Capucino cincau juga tidak membutuhkan banyak modal dalam menjalankannya.

Bukti dari usaha capucino cincau sangat menjanjikan adalah, banyaknya penjual jenis minuman ini di sekitar anda. Bisnis capucino cincau sendiri juga tidak bisa dibilang sebagai bisnis yang baru. Namun walaupun bukan tergolong sebagai bisnis yang baru, jika andaa memiliki strategi yang tepat dalam menjalankan ide bisnis Capucino Cincau ini, tentu saja kesuksesan akkan datang menghampiri anda.

Nah mungkin anda sendiri tertarik untuk menjalankan ide usaha bisnis Capucino Cincau. Namun belum mengetahui seluk beluk mengenai bagaimana cara menjalankan usaha Capucino Cincau atau tidak tahu apa saja perlengkapan usaha capucino cincau yang harus dipersiapkan.

Tenang saja, karena pada postingan kali ini saya akan membahas tentang apa saja sih perlengkapan usaha capucino cincau dan bagaimana cara menjalankan usaha capucino cincau tersebut.

Hal Yang Harus Anda Perhatikan Sebelum Menjalankan Ide Usaha Capucino Cincau

Bisnis minuman dingin seperti ide usaha Capucino Cinau memang semakin banyak diminati oleh para pengusaha, terutama para pengusaha muda yang ingin mendapatkan keuntungan dengan hanya menjual minuman dingin yang lezat dan menyegarkan yang satu ini. Es Capucino CIncau sendiri juga tergolong sebagai salah satu minuman yang paling banyak diminati serta dikonsumsi oleh banyak masyarakat, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa menyukai minuman capucino cincau yang satu ini.

Mungkin anda sendiri tertarik untuk menjajah ide usaha cappucino cincau. Namun sebelum itu ada beberapa hal yang harus anda perhatikan terlebih dahulu sebelum membuka usaha es capucino cincau. Nah berikut dibawah ini adalah beberapa hal yang harus anda perhatikan sebelum menjalankan ide usaha Capucino Cincau.

Sediakan Berbagai Macam Topping Untuk Menjadi Pembeda

Biasa Nya untuk sebuah bisnis yang sudah berkembang seperti halnya Capucino Cincau ini akan mendapatkan berbagai macam halangan dan tantangan dalam menjalankan bisnisnya. Termasuk juga untuk Capucino Cincau yang terkadang akan mendapatkan banyak pesaing. Oleh sebab itu tentu saja anda harus menyiapkan inovasi yang dibutuhkan untuk mengembangkan ide bisnis usaha Capucino Cincau ini agar sukses menjadi salah satu usaha yang lebih besar.

Nah caranya adalah adna bisa dengan memberikan berbagai macam jenis toping yang bisa menjadi pilihan untuk calon pembeli anda. Dengan begitu tentu saja ide usaha capucino cincau yang anda jalankan akan lebih berbeda dari yang lainnya. Selain itu dengan memberikan berbagai macam jenis toping juga bisa menarik perhatian para calon konsumen anda, terutama untuk anak-anak yang ingin mendapatkan es capucino cincau dengan topik yang beragam.

Beberapa pilihan topping tersebut diantaranya adalah seperti toping coklat, meses, gula warna warni dan juga choco chips. Tentu saja selain menambahkan varian toping, anda juga harus memberikan varian isi seperti jeli, bubble, agar-agar supaya minuman capucino cincau yang anda jual tidak monoton seperti kebanyakan pengusaha capucino cincau lainnya.

Kelola Booth Agar Lebih Menarik

Keberadaan dari booth dengan desain yang menarik tentu saja juga harus anda pertimbangkan terlebih dahulu. Hal ini karena sebelum calon pembeli memutuskan untuk membeli capucino cincau yang anda jual. Mereka akna melihat dulu dari tampilan booth capucino cincau yang anda beli.

Nah peran dari booth yang lebih menarik ada disini. Sebab semakin menarik dan juga semakin berwarna dari booth yang anda miliki maka tentu saja bisa menarik perhatian dari konsumen yang ingin mencoba atau membeli es capucino cincau yang anda buat.

Anda harus bisa mendesain atau membuat tampilan booth yang menarik dan unik, namun juga tetap harus perhatikan tema atau tampilan yang enak dipandang dengan tambahan merk produk capucino cincau dan juga slogan yang menarik untuk ide usaha capucino cincau anda tersebut.

Menggunakan Strategi Bonus Untuk Semakin Menarik Pelanggan

Tidak bisa dipungkiri jika strategi bonus ini masih sangat relevan digunakan saat ini. Untuk itu anda bisa memberikan bonus untuk pelanggan setia yang selalu membeli produk ide usaha capucino cincau yang anda miliki.

Selain itu anda juga bisa memberikan bonus seperti promosi beli 3 gratis satu, atau bonus bisa bebas memilih topping yang lebih dari satu. Dengan begitu tentu saja akan ada banyak konsumen yang akan membeli capucino cincau yang anda jual tersebut.

Namun tentu saja anda juga harus memperhatikan pendapatan dan keuntungan yang akan anda dapatkan setelah memberikan bonus. Jangan sampai anda mengalami kerugian karena promosi bonus yang anda berikan tersebut.

Jika hanya untuk opening, mengalami kerugian mungkin bukan menjadi masalah. Namun jangan sampai anda selalu mengalami kerugian karena ketentuan bonus yang anda buat tersebut. Untuk itu selalu buat pelanggan anda merasa puas dengan sekumpulan bonus yang anda tawarkan beserta perhitungkan dana atau keuntungan yang akan anda dapatkan walaupun sudah memberikan bonus.

Dengan begitu pelanggan anda akan selalu merasa senang dengan dimanjakan oleh beberapa program bonus yang anda berikan, dan anda tidak merasa dirugikan dengan program bonus tersebut.

Sesuaikan Dengan Selera Minuman Masyarakat

Hal yang harus anda perhatikan terakhir saat anda ingin memulai usaha Capucino Cincau tentu saja adalah anda harus bisa menyesuaikan selera minuman dengan selera yang disukai oleh masyarakat. Lebih baik untuk anda memberikan atau melakukan trial produk terlebih dahulu kepada calon konsumen sebelum anda resmi menjualnya secara umum.

Dengan begitu tentu saja anda bisa menemukan komposisi yang pas dari minuman yang akan anda jual tersebut kepada publik. Dengan mengetahui bagaimana kira-kira komposisi yang pas untuk membuat capucino cincau tentu saja akan ada semakin banyak pelanggan atau konsumen anda yang mengkonsumsi capucino cincau yang anda buat tersebut. Dengan begitu target penjualan juga akan terpenuhi.

Pilih Lokasi Yang Strategis

Terakhir, tentu saja pemilihan lokasi yang tepat sangat penting untuk kesuksesan dari sebuah usaha yang anda jalankan. Apa jadinya jika anda sudah memiliki rencana usaha yang sangat matang, memiliki perlengkapan usaha capucino cincau yang lengkap namun tidak didukung dengan pemilihan lokasi yang strategis?

Beberapa pilihan lokasi yang strategis untuk membangun usaha capucino cincau tersebut diantaranya adalah seperti di area kampus, di depan sekolah atau di pinggiran jalan raya yang pasti ramai orang lalu lalang.

Dengan bisa menentukan dan memilih lokasi yang strategis untuk menjual capucino cincau, dan juga anda berhasil membuat produk es capucino cincau yang berkualitas, lezat dan menyegarkan tentu saja usaha yang anda jalankan tersebut bisa berjalan dengan lancar.

Keuntungan Memilih Usaha Capucino Cincau

Mungkin dari betapa banyaknya ide usaha lainnya, anda memiliki pertanyaan terkait kenapa sih harus memilih usaha Capucino Cincau? Jika kita melihat potensi dari bisnis atau usaha es capucino cincau, tentu saja anda juga harus melihat masing-masing keuntungan yang akan anda dapatkan dengan menjalani ide usaha Capucino Cincau.

Nah untuk semakin meyakinkan anda dalam membangun ide usaha Capucino Cincau. Berikut dibawah ini sudah saya tuliskan beberapa keuntungan jika anda memilih ide usaha Capucino Cincau.

Bahan Baku Yang Mudah Didapatkan

Bahan utama atau bahan baku dari membuat usaha es capucino cincau secara dasar adalah kopi bubuk dan juga susu. Dengan menggunakan dua bahan ini yang dicampurkan, anda sudah bisa membuat es capucino cincau yang siap untuk disajikan. Anda bisa menambahkan es batu untuk menambah kesegaran dari es capucino cincau yang anda buat.

Untuk anda yang tidak mau repot, anda juga dapat menggunakan bahan capucino instan yang dijual secara bebas di pasaran. Namun tentu saja anda juga harus mencicipinya terlebih dahulu, karena bisa saja minuman yang dihasilkan dari bubuk capucino instan tersebut terlalu pahit atau mungkin justru terlalu manis.

Anda juga bisa menggunakan tambahan agar-agar, jeli atau bubble untuk digunakan sebagai bahan isian dari capucino cincau. Dan yang terpenting adalah cincau yang bisa didapatkan dengan mudah entah melalui bubuk cincau instan atau dengan membeli cincau yang sudah siap pakai.

Perlengkapan Untuk Membangun Usaha Capucino Cincau

Tentu saja anda juga harus mempersiapkan terlebih dahulu perlengkapan untuk usaha capucino cincau. Beberapa peralatan wajib yang harus anda miliki adalah seperti blender, cooler atau kulkas kecil dan juga termos untuk bisa mulai menjalani bisnis berjualan es capucino cincau.

Dimana fungsi dari blender adalah untuk membantu mengocok susu sebelum dituangkan ke dalam gelas cup, kemudian kulkas kecil atau cooler untuk menyimpan es batu dan juga termos untuk menjadi tempat menyeduh air.

Jangan lupa juga untuk membeli gelas plastik cup dan juga sedotan untuk menjadi wadah dari minuman es capucino cincau yang anda buat. Tentu saja dengan peralatan yang mudah didapatkan tersebut anda tidak perlu repot-repot untuk menemukannya.

Hanya Membutuhkan Modal Awal Yang Kecil

Keuntungan berikutnya jika ingin membangun atau memulai usaha Capucino Cincau adalah modal yang kecil. Mengingat semua bahan dan juga peralatan yang dibutuhkan untuk menjalani bisnis Capucino Cincau ini mudah didapatkan dan juga tergolong sedikit.

Tentu saja dapat dipastikan jika modal awal yang anda butuhkan untuk membuat es capucino cincau ini sangat sedikit. Belum lagi dari harga bahan-bahan dan juga peralatan yang dibutuhkan juga sangat terjangkau. Dengan begitu tentu saja anda bisa mendapatkan keuntungan dengan mudah walaupun menjual capucino cincau dengan harga yang murah.

Resep Dan Cara Membuat Es Capucino Cincau

Sebelum anda memulai untuk menjalani bisnis capucino cincau, tentu saja anda juga harus mengetahui bagaimana sih cara membuat es capucino cincau dengan sempurna, enak dan segar. Nah salah satu varian minuman yang sedang sangat populer dan digandrungi oleh seluruh elemen masyarakat di Indonesia ini tentu saja tidak bisa dibuat dengan sembarangan resep.

Untuk menghasilkan kualitas dan rasa es capucino cincau yang enak dan melezatkan tentu saja dibutuhkan perpaduan dari resep yang sempurna juga. Nah berikut dibawah ini adalah bagaimana resep dan cara membuat es capucino cincau untuk dijual di pasaran.

Bahan-Bahan Untuk Membuat Es Capucino Cincau

·         cappucino instan 2 sachet

·         susu bubuk rasa coklat 50 gram

·         air dingin 100 ml

·         gula pasir 50 gram

·         susu kental manis 25 ml

·         es batu 600 gram

Bahan Untuk Membuat Boba

·         tepung sagu 100 gram

·         kopi instan ¼ sendok teh

·         air hangat 50 ml

·         gula bubuk 1 sendok makan

Bahan Tambahan Untuk Membuat Capucino Cincau

·         Cincau Hitam yang sudah diparut halus 200 gram

·         susu kental manis 2 sendok makan

Cara Membuat Capucino Cincau

1.    Untuk membuat boba capucino cincau, anda campurkan dulu tepung sagu, gula bubuk dan juga kopi instan ke dalam satu wadah sehingga tercampur menjadi adonan.

2.    Berikutnya silahkan anda bentuk menjadi bulatan bola-bola kecil, kemudian anda rebus di dalam air yang mendidih.

3.    Segera angkat bob apabila sudah mengapung di atas air.

4.    Boba yang sudah matang tentu saja harus direndam terlebih dahulu di air dingin, jika sudah diamkan beberapa saat.

5.    Langkah berikutnya silahkan anda blender capucino instan dan juga bubuk, gula pasir, air dingin dan juga susu kental manis serta es batu sampai halus.

6.    Ambil gelas kemudian anda masukkan boba yang sudah siap.

7.    Tuangkan capucino cincau yang sudah anda blender, kemudian sajikan sedikit demi sedikit dengan tambahan susu kental manis.

Tekstur yang kenyal dari boba dan juga cincau hitam tentu saja akan membuat es capucino cincau menjadi semakin enak dan lezat. Dengan cara pembuatan es capucino cincau yang mudah dan cepat tentu saja juga akan membuat anda tidak mudah dipusingkan dengan proses pembuatan dari capucino cincau yang rumit tersebut.

Analisa Prospek Dan Keuntungan Usaha Capucino Cincau

Sebelum memulai sebuah usaha baru, tidak terkecuali usaha capucino cincau tentu saja anda harus menyiapkan modal yang harus anda miliki terlebih dahulu. Selain itu anda juga harus mengetahui terlebih dahulu bagaimana prospek dan keuntungan dari sebuah usaha capucino cinau. Nah berikut dibawah ini sudah saya tuliskan secara detail analisa prospek dan keuntungan dari usaha capucino cincau yang mungkin bisa bermanfaat untuk anda.

MODAL TETAP UNTUK MEMBANGUN USAHA CAPUCINO CINCAU

NO

BIAYA TETAP

PENYUSUTAN

NILAI

1

Termos

Rp. 90.000

Rp. 4000

2.

Pisau

Rp. 25.000

Rp. 1000

3.

Serbet

Rp. 20.000

Rp. 1500

4.

Gelas

Rp. 100.000

Rp. 10.000

5.

Sendok

Rp. 40.000

Rp. 3000

6.

Nampan

Rp. 20.000

Rp. 2000

7.

Mesin Blender

Rp. 200.000

Rp. 8000

 

Jika dilihat dari perhitungan biaya untuk modal peralatan dalam membangun usaha Capucino Cincau, modal yang anda butuhkan kurang dari Rp.500.000. Namun dengan menjalankan ide usaha Capucino Cincau tersebut, biaya Rp. 500.000 tersebut bisa digunakan atau berlaku selama 2 tahun dari masa sejak awal anda membangun usaha Capucino Cincau.

Namun tentu saja biaya tersebut belum termasuk modal yang harus anda keluarkan selama sehari-hari untuk membeli bahan-bahan dari pembuatan es Capucino Cincau yang anda butuhkan tersebut. Sementara itu beberapa bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat Es Capucino Cincau adalah sebagai berikut.

BIAYA OPERASIONAL BULANAN CAPUCINO CINCAU

No

Barang

Jumlah

Estimasi harga

1

Cappucino bubuk

10 kg

Rp 400.000

2

Cincau 

15 kg

Rp 350.000

3

Susu bubuk

30 pcs

Rp 300.000

4

Gula

30 pcs

Rp 300.000

5

Susu kental manis

30 pcs

Rp 300.000

6

Tepung sagu

30 pcs

Rp 300,000

7

Kopi bubuk

15 pcs

Rp 250.000

8

Air

10 galon

Rp 550.000

9

Gelas plastik

1500 pcs

Rp 250.000

10

Sedotan

1500 pcs

Rp 25.000

11

Listrik

30 hari

Rp 200. 000

12

Sewa tempat

30 hari

Rp 1,000,000

 

Nah dari data yang sudah saya tuliskan di tabel diatas, tentu saja sudah diketahui bahwa modal yang harus anda keluarkan setiap bulannya dalam menjalankan ide usaha bisnis capucino cincau adalah sebesar Rp. 4.400.000.

Perhitungannya adalah misal anda menjual satu cup atau satu gelas capucino cincau seharga Rp. 12.000, dan dalam satu hari anda bisa menjual 30 gelas setiap harinya. Maka jika hal tersebut konsisten, anda akan langsung mendapatkan keuntungan dan balik modal di bulan pertama.

Namun untuk bisa mendapatkan itu semua tentu saja anda harus konsisten memberikan pelayanan yang terbaik dan prima terhadap setiap pelanggan dari capucino cincau yang anda miliki tersebut. Dengan begitu pelanggan akan puas dan menjadi langganan dari konsumen capucino cincau yang anda jalankan tersebut.

Nah kira-kira seperti itulah perlengkapan usaha Capucino Cincau beserta perhitungan untung rugi dari usaha Capucino Cincau. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk anda yang masih kebingungan saat ingin memulai usaha Capucino Cincau.  

No comments

Post a Comment

DON'T MISS

Facebook, Instagram, Tiktok, Youtube
© all rights reserved
i want my journey to be full of laughter