Slider

Pretty in Dress: Rekomendasi OOTD Dress untuk Muslimah

Dress merupakan jenis baju terusan dari atasan hingga bawahan atau bagian rok yang menyatu menjadi satu pakaian utuh. Terusan ini tidak perlu menggunakan atasan dan bawahan secara terpisah, jadi pengguna hanya perlu memasukkan pakaian yang akan otomatis menutupi tubuh dengan panjang yang beragam, bergantung pada jenis dress nya.

Dress sendiri memiliki beberapa kategori yang dapat digunakan dalam berbagai aktivitas. Seperti midi dress, kimono dress, cocktail dress, off shoulder dress, hingga maxi dress. Jenis pakaian ini bisa digunakan oleh segala usia, baik yang menggunakan hijab maupun yang tidak menggunakan hijab.

Untuk muslimah, umumnya menggunakan maxi dress sebagai jenis dress untuk berbagai aktivitas. Sesuai dengan namanya, maxi dress memiliki panjang yang menutupi hampir seluruh bagian tubuh, yakni dari perpotongan leher hingga mata kaki. Ada juga maxi dress yang menutup hingga telapak kaki.

Berbagai jenis kain dapat digunakan sebagai pembuat maxi dress ini. Mulai dari chiffon, beludru atau velvet, hingga satin dan sutra. Seiring berkembangnya tren fashion, maxi dress ini hadir dalam berbagai warna, pola atau corak dan potongan pakaian.

Nah, pada kesempatan ini kami akan memberi beberapa rekomendasi mix and match dress yang cocok untuk digunakan dalam berbagai aktivitas. Selengkapnya ada di artikel bawah ini, ya!

Paisley Dress

Padu padan pakaian yang pertama yakni dress dengan corak mirip paisley berwarna biru ini. Corak paisley awalnya adalah salah satu jenis corak kain sari India. Seiring berjalannya waktu, corak ini banyak dicetak dan digunakan dalam pakaian jenis rok, kemeja, hingga dress seperti ini.

Penggunakan corak paisley sendiri sedikit tricky karena motif yang cukup ramai. Salah penggunaan atau salah dalam pemilihan warna, ternyata bisa merusak mix and match OOTD dan terlalu penuh untuk dipandang.

Dress dengan warna biru muda ini bisa menjadi inspirasi penggunaan dress bermotif namun tidak penuh dan ramai saat dilihat. Kalian bisa memilih dress dengan motif jarang atau motif yang cukup renggang antara satu dengan lainnya. Pemilihan warna juga sangat menentukan dalam suatu corak. Pilih motif yang menggunakan satu atau dua warna agar tidak terlalu meriah dan terlalu ramai saat digunakan.

Agar semakin cantik, kalian bisa memilih jilbab warna putih seperti pada rekomendasi di atas. Untuk alas kaki, dapat disesuaikan dengan lokasi dan kondisi. Seperti menggunakan sandal dengan warna putih, flat shoes ataupun heels warna serupa.

Brokat untuk Kondangan

Rekomendasi yang satu ini sangat pas untuk kalian yang lagi bingung menggunakan OOTD apa saat pergi ke acara pernikahan. Penggunaan dress brokat seperti rekomenasi ini sedang menjadi favorit bagi kaum muslimah dalam acara pernikahan. Motif brokat yang rapi dan warna-warna lembut menjadi pilihan tepat untuk terlihat feminine dan tetap rapi ke acara kondangan.

Dress brokat umumnya menggunakan dua jenis dalam satu pakaian. Yakni kain brokat pada bagian luar yang diberi aksesoris seperti berlian imitasi untuk kesan shimmering serta kain satin atau kain yang serupa sebagai lapisan kedua. Hal ini dilakukan agar pengguna dress tidak merasa kepanasan dan kegerahan saat menggunakan dress brokat ini.

Potongan terusan brokat ini juga sangat beragam. Ada yang menggunakan potongan mermaid di bagian bawah dress untuk kesan lebih mewah, penambahan lengan sabrina yang tetap sopan digunakan kaum muslimah, dan lain sebagainya.

Ada baiknya kalian memilih warna dan potongan dress yang sesuai dengan bentuk tubuh dan nyaman saat digunakan. Kalian dapat memadukan jenis dress ini dengan stiletto, wedges atau pump shoes dengan warna netral agar tampilan kian menarik.

Maxi Mauve

Maxi dress juga bisa dipadu padankan dengan outer dengan panjang yang sama dengan dress seperti pada rekomendasi OOTD satu ini. Penambahan outer akan membuat look tidak monoton, terlihat lebih rapi, elegan dan feminine.

Pemilihan bahan kain dan warna juga bisa mempengaruhi kesan yang hendak ditampilkan dalam padu padan outfit of the day kalian, loh. Misalnya, seperti rekomendasi gaya ini yang mengenakan dress serta outer berbahan chiffon yang membuat tampilan lebih ringan dan elegan.

Pemilihan warna mauve juga memberi kesan feminine untuk tampilan padu padan kalian. Agar tidak monoton, kalian bisa menggunakan alas kaki dan tas warna hitam untuk menegaskan kesan elegan pada OOTD dengan maxi dress ini.

Two-Toned Dress

Rekomendasi OOTD untuk kondangan kembali hadir dengan jenis two-toned dress ini. Two-toned dress adalah penggunaan dua warna atau dua bahan yang berbeda pada satu dress. Disini, maxi dress menggunakan kain tulle dengan motif floral yang dipadukan dengan warna abu-abu polos di bagian kanan.

Dress ini akan membuat tampilan kalian terlihat unik dan beda dari yang lain, namun tetap cantik dalam balutan maxi dress ini. Untuk warna jilbab, kalian bisa menggunakan warna putih tulang atau krem seperti pada gambar di atas. Sebagai alas kaki, kalian bisa menggunakan heels atau flat shoes dengan warna yang sama dengan jilbab agar tampilan lebih serasi.

Sebagai aksesoris, kalian bisa menambahkan bros kecil di bagian dada agar tidak terlihat terlalu kosong, atau bisa juga dengan menggunakan kalung dengan desain dan warna yang simpel.

Picnic with Dress

Rekomendasi selanjutnya sangat cocok untuk kalian yang ingin mengenakan dress tapi tetap ingin terlihat santai. Yakni dengan memadukan floral dress dengan oversized cardigan warna putih berbahan rajut ini. Potongan puff pada bagian lengan bisa memberi kesan girly dan menyeimbangkan kesan ramai dari corak dress yang digunakan.

Untuk terhindar dari kesan membosankan menggunakan warna hitam dan putih, kalian bisa menggunakan jilbab dengan warna yang berbeda dari hitam putih, namun tidak terlalu mencolok. Seperti warna salem, krem atau khaki. Pemilihan warna lembut ini bisa meredam ramai dari corak dress yang kalian gunakan.

Untuk sepatu, kalian bisa menggunakan boots seperti pada contoh gambar di atas maupun menggunakan sneakers favorit kalian. Jika bagian betis terlihat, kalian bisa menggunakan kaos kaki panjang yang menutup hingga betis dalam warna cokelat, putih, maupun warna kulit.

OOTD ini bisa kalian gunakan untuk ke kampus, jalan-jalan dengan teman ke mall, maupun untuk piknik dengan orang tercinta. Selain nyaman, OOTD ini tetap memberi kesan feminine dan rapi sehingga cocok untuk segala aktivitas.

Kunci utama dari padu padan fashion adalah kenyamanan dari pengguna. Kalian bisa menggunakan jenis pakaian apapun dengan warna atau corak apapun asalkan tetap nyaman saat menggunakan. Karena dari rasa nyaman ini, akan muncul rasa percaya diri yang tentu akan meningkatkan aura kalian dalam menggunakan pakaian.

Semoga rekomendasi di atas bisa berguna untuk para pembaca sekalian, ya!

No comments

Post a Comment

DON'T MISS

Facebook, Instagram, Tiktok, Youtube
© all rights reserved
i want my journey to be full of laughter