Slider

Prospek Usaha Abon Lele : Analisa Keuntungan Kerugian Usaha Abon Lele


Prospek usaha abon lele tentu saja akan sangat menguntungkan. Sebab abon sendiri menjadi salah satu makanan yang terkenal memiliki cita rasa yang enak dan juga dapat dijadikan untuk lauk bersama saat menyantap nasi atau juga sering digunakan untuk menjadi isian dari makanan tertentu. Nah karena memiliki cita rasa yang enak dan juga sudah sering dijadikan sebagai lauk saat menyantap nasi, tentu saja prospek usaha abon lele sangat menguntungkan mengingat banyak orang yang suka mengkonsumsi abon.

Abon lele juga menjadi salah satu makanan yang sangat disukai oleh semua kalangan umur. Mulai dari anak-anak hingga orang tua tentu saja akan suka mengkonsumsi makanan jenis ini. Jika dulu abon biasa dibuat dengan menggunakan suwiran dari daging sapi, namun seiring dengan berkembangnya waktu membuat bahan baku dari pembuatan abon ini mengalami perkembangan yang cukup pesat.

Salah satu bahan baku pembuatan abon yang bisa kita gunakan adalah lele, dimana prospek usaha abon lele sangat menggiurkan untuk diterapkan saat ini. Salah satu hal yang membuat abon lele banyak disukai oleh orang-orang adalah karena rendah kolesterol.

Hal ini karena abon diolah dengan cara memasak sampai kering, hasilnya akan menghasilkan makanan abon lele yang dapat disimpan sampai waktu yang lama dan juga tidak akan mudah basi. Abon lele juga sangat disukai oleh orang-orang, sebab selain rasa yang enak dan juga gurih. Harga dari abon lele ini sangat terjangkau, sehingga siapa saja pasti dapat membeli abon lele dengan mudah.

Bagaimana Prospek Bisnis Abon Lele

Jika kebanyakan abon yang anda temui di sekitar masih dibuat dari bahan baku daging sapi dan juga daging ayam. Maka anda bisa mencoba bahan baku lainnya untuk membuat olahan abon.

Abon lele adalah makanan yang timbul karena perkembangan zaman dan juga pola pikir masyarakat yang sudah sangat kreatif serta inovatif dalam memodifikasi makanan yang sudah ada sebelumnya. Abon lele tentu saja menjadi salah satu ide bisnis yang sangat menguntungkan, mengingat harga daging lele yang murah meriah tentu saja modal usaha yang dibutuhkan untuk berbisnis abon lele sangat mudah untuk dilakukan.

Penggunaan daging lele yang diolah menjadi abon tentu saja juga dapat membuat abon menjadi lebih awet dan juga dapat disimpan dalam waktu yang lama tanpa harus merusak kandungan gizi yang terdapat di ikan lele.

Analisis Dan Prospek Usaha Abon Lele

Lalu bagaimana dengan prospek dan juga analisa keuntungan bisnis usaha abon lele? Mengingat abon memang menjadi salah satu bahan baku makanan yang tidak pernah akan ada habisnya untuk dibicarakan. Memang karena abon disukai oleh banyak kalangan, sehingga tidak akan ada habisnya untuk dibahas.

Abon lele adalah salah satu jenis olahan abon yang mengalami perkembangan. Inovasi penggunaan bahan baku lele sebagai pembuatan abon membuatnya menjadi semakin menarik. Abon lele karena terbuat dari bahan baku olahan ikan, tentu saja semakin menggugah selera. Pasalnya abon lele ini memiliki cita rasa yang gurih dan juga lezat.

Abon lele juga saat ini sudah mulai banyak dijual di pasaran, sehingga peluang usaha dari abon lele ini terbuka sangat lebar. Nah untuk anda yang memang tertarik untuk menjalani ide usaha abon lele, sebaiknya anda simak dulu ulasan mengenai prospek dan juga analisa keuntungan bisnis usaha abon lele yang sudah saya tuliskan dibawah ini.

1# Info Prospek Usaha Abon Lele

Abon lele tentu saja terbuat dari bahan baku ikan lele yang tentu saja mudah untuk ditemui. Sehingga dengan begitu untuk menjalankan ide usaha ikan lele akan sangat mudah. Dengan peluang yang bagus dan juga mudah dikerjakan, ide usaha abon ikan lele menjadi ide bisnis yang layak untuk dipertimbangkan dan dicoba.

Abon ikan lele selain menyehatkan juga memiliki cita rasa yang gurih. Dimana kandungan gizi dari ikan lele yang tinggi sehingga baik untuk pertumbuhan tubuh. Abon ikan lele juga sudah mulai banyak dijalankan oleh para pengusaha abon. Hal ini karena sudah ada banyak orang yang menyadari peluang dan keuntungan dari menjalankan bisnis abon lele tersebut.

2# Siapa Target Pasar Jualan Abon Lele?

Menjalani abon lele tentu saja sangat mudah dalam mencari konsumen. Dimana target pasar dari bisnis abon lele ini mulai dari anak-anak sampai orang tua. Apalagi jika anda berhasil membuat abon lele dengan rasa yang lezat dan gurih.

Tentu saja prospek dan juga keuntungan yang akan anda dapatkan setiap harinya semakin banyak jika anda berhasil membuat dan menemukan resep bagaimana cara membuat abon lele yang gurih dan lezat.

3# Bahan Baku Yang Dibutuhkan Untuk Membuat Abon Lele

Dalam proses pembuatan dan juga pengaplikasian ide usaha abon lele ini peralatan yang perlu anda siapkan hanya baskom, wajan, pengaduk dan juga kompor. Anda juga bisa menggunakan spatula dan peralatan masak pendukung lainnya. Tentu saja peralatan yang dibutuhkan tersebut termasuk dalam peralatan-peralatan memasak standar.

Sementara untuk bahan baku yang dibutuhkan dalam membuat ide usaha abon lele ini juga sangat mudah. Bahan-bahan yang dibutuhkan hanya seperti ikan lele segar, bumbu halus, minyak goreng dan juga bahan atau bumbu masakan tambahan lainnya.

Untuk bisa membuat abon ikan lele yang gurih, tentu saja dibutuhkan ikan lele yang segar dan juga proses pembuatan abon harus menggunakan bumbu yang berkualitas agar kualitas yang dihasilkan bisa maksimal.

4# Strategi Usaha Dan Promosi Abon Lele

Supaya ide usaha abon lele yang anda lakukan tersebut bisa berjalan dengan sempurna tentu saja dibutuhkan strategi usaha dan juga strategi promosi abon lele yang baik dan benar. Sementara itu cara mempromosikan produk abon lele bisa dikerjakan dengan mudah.

Anda bisa mencoba model promosi konvensional dengan mencetak brosur, spanduk dan juga membuat iklan di koran. Atau agar target penjualan bisa terpenuhi dengan mudah anda bisa memanfaatkan sosial media untuk melakukan strategi pemasaran digital.

Model bentuk pemasaran digital ini seperti dengan membuat akun sosial media untuk berjualan abon lele, atau anda juga bisa menggunakan sosial media tersebut untuk mengiklankan usaha abon lele yang anda geluti.

Bentuk promosi lainnya jika anda memiliki modal yang lebih, anda bisa memasarkan dengan cara paid promote atau endorse selebgram dari daerah anda. Dengan begitu tentu saja target pasar dan juga target penjualan bisa terpenuhi dengan mudah.

Selain melalui promosi, anda juga harus memiliki strategi usaha abon lele yang tepat. Dengan mengetahui strategi pemasaran yang tepat tentu saja abon lele yang anda buat akan disukai oleh para konsumen.

Beberapa ide strategi usaha abon lele adalah dengan cara menjual produk abon lele anda di berbagai macam tempat wisata atau menitipkan abon lele di beberapa rumah makan yang ramai pengunjung. DEngan menerapkan strategi usaha seperti itu tentu saja akan berdampak pada tingkat penjualan yang akan maksimal dan juga bisa mendatangkan konsumen-konsumen baru lainnya.

5# Perhitungan Untung Rugi Usaha Abon Lele

Dalam membangun sebuah ide usaha tentu saja anda harus mengetahui bagaimana atau seperti apa perhitungan untung rugi dari usaha yang anda jalani tersebut. Termasuk juga dengan ide usaha Abon Lele. Nah agar anda bisa mengetahui seperti apa prospek dan juga perhitungan untung rugi usaha abon lele, berikut sudah saya tuliskan secara detail pada tabel dibawah ini. 

PERALATAN UNTUK MEMBANGUN IDE USAHA ABON LELE

NO

NAMA PERALATAN

MASA PENGGUNAAN

HARGA STANDAR

1

Kompor Dan Gas

4 Tahun

Rp. 600.000

2.

Baskom

3 Tahun

Rp. 100.000

3.

Wajan

3 Tahun

Rp. 200.000

4.

Spatula

2 Tahun

Rp. 50.000

5.

Penghalus bumbu

3 Tahun

Rp. 200.000

6.

Peniris Minyak

3 Tahun

Rp. 500.000

7.

Pengemas

4 Tahun

Rp. 250.000

8.

Peralatan Tambahan

2 Tahun

Rp. 70.000

Berdasarkan data tabel yang sudah saya tuliskan diatas terkait modal peralatan yang dibutuhkan, anda harus mengeluarkan biaya sebesar Rp. 1.970.00. Biaya yang harus anda keluarkan tersebut tentu saja hanya sekali selama anda menjalankan ide usaha abon lele dalam tahap awal membangun bisnis usaha abon lele.

BIAYA OPERASIONAL SETIAP BULAN (BIAYA TETAP)

NO

HAL / KEJADIAN

PERHITUNGAN

NILAI

1.

Penyusutan kompor dan gas

1/48 x harga kompor

Rp. 15.000

2.

Penyusutan baskom

1/36 x harga baskom

Rp. 5.000

3.

Penyusutan wajan

1/36 x harga wajan

Rp. 4.000

4.

Penyusutan spatula

1/24 x harga spatula

Rp. 2.000

5.

Penyusutan penghalus bumbu

1/36 x harga penghalus bumbu

Rp. 5.000

6.

Penyusutan peniris minyak

1/24 x harga peniris minyak

Rp. 20.000

7.

Penyusutan pengemas

1/48 x harga pengemas

Rp. 5.000

8.

Penyusutan peralatan tambahan

1/24 x harga peralatan tambahan

Rp. 3.000


Berdasarkan data yang sudah saya tuliskan pada tabel diatas, terkait biaya operasional setiap bulan (Biaya tetap setiap bulan) yang harus anda keluarkan adalah sebesar Rp. 59.000. Biaya tersebut berlaku berkali-kali setiap bulannya selama anda masih melaksanakan ide bisnis usaha abon lele.

BIAYA PENGELUARAN VARIABEL IDE BISNIS ABON LELE

NO

NAMA VARIABEL

PENGELUARAN

TOTAL PENGELUARAN

1.

Ikan Lele

Rp. 250.00 x 30

Rp. 7.500.000

2.

Bawang Merah

Rp. 45.000 x 30

Rp. 1.350.000

3.

Bawang putih

Rp. 20.000 x 30

Rp. 600.000

4.

Jahe

Rp. 15.000 x 30

Rp. 450.000

5.

Garam

Rp. 2.000 x 30

Rp. 60.000

6.

Gula

Rp 17.000 x 30

Rp. 510.000

7.

Minyak goreng

Rp. 45.000 x 30

Rp. 1.350.000

8.

Gas LPG

Rp. 20.000 x 4

Rp. 80.000

9.

Biaya listrik

Rp. 65.000 x 1

Rp. 65.000

10.

Biaya air

Rp. 40.000 x 1

Rp. 40.000

11.

Biaya tambahan lainnya

Rp. 35.000 x 30

Rp. 1.050.000

Data diatas sudah saya tuliiskan informasi terkait biaya variabel yang harus dikeluarkan setiap bulannya. Berdasarkan data diatas, anda harus mengeluarkan biaya sebesar Rp. 13.055.000. Biaya tersebut tentu saja harus anda keluarkan setiap bulannya selama anda masih menggeluti usaha bisnis abon lele.

Jika pendapatan yang anda dapatkan dari bisnis abon lele selama 1 hari bisa menjual 60 bungkus/kemasan setiap harinya, dengan asumsi setiap bungkusnya anda menjual seharga Rp. 7.500. Maka dalam sebulan anda akan menghasilkan Rp. 13.000.000.

Melalui data-data yang sudah saya sampaikan diatas, biaya investasi atau balik modal akan anda alami setelah 3 bulan menjalani atau menggeluti ide bisnis abon lele ini.

Kenapa Abon Lele Banyak Diminati Oleh Masyarakat

Biasanya abon saat dijual ke pasaran dalam bentuk kemasan atau dalam bentuk curah. Dengan memiliki keistimewaan berupa rasa yang manis namun gurih, tentu saja membuat abon bisa menjadi salah satu jenis makanan yang hampir disukai semua masyarakat di seluruh Indonesia.

Nah mungkin untuk anda yang ingin membangun ide usaha abon lele, berikut adalah beberapa alasan kenapa abon lele banyak diminati oleh masyarakat Indonesia.

1# Harga Yang Ekonomis Tapi Efisien

Manfaat dan juga keutaman paling penting dari makanan olahan abon lele adalah menjadi salah satu produk olahan makanan yang praktis, ekonomis dan juga tidak ribet. Sebab biasannya abon dikemas dalam bentuk kemasan botolan hingga kemasan plastik.

Abon juga bisa dikonsumsi secara langsung atau tanpa nasi. Oleh sebab itu membuat abon ini sangat efektif, terutama untuk para mahasiswa yang tinggal di kos atau untuk anda yang sedang berpergian dan membutuhkan bekal camilan.

Karena tingkat efektifitas yang tinggi dan juga harga yang ekonomis itulah membuat abon lele banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Jika sudah begitu, tentu saja prospek usaha abon lele sangat menjanjikan kedepannya.

2# Makanan Yang Tahan Lama

Abon lele juga termasuk dalam salah satu jenis makanan yang lebih tahan lama. Dengan tingkat taraf keawetan yang tinggi dibandingkan produk olahan makanan lain tentu saja sangat wajar jika abon lele banyak disukai oleh masyarakat Indonesia.

Selain itu, untuk menyimpan abon juga sangat mudah untuk dilakukan. Dimana anda bisa menyimpan abon di suhu ruangan apapun. Anda tidak perlu membutuhkan kulkas atau freezer untuk mengawetkan abon lele. Oleh sebab itu abon lele juga menjadi salah satu jenis makanan yang bersifat urgent namun tetap mempunyai nilai gizi yang tinggi tentu saja.

3# Abon Lele Bisa Menjadi Lauk Yang Enak Dan Bergizi

Selain bisa dimakan tanpa nasi, abon lele juga dapat anda jadikan sebagai lauk teman nasi yang pastinya memiliki rasa yang enak dan tetap bergizi. Abon lele adalah salah satu lauk makanan yang bermutu tinggi dan juga bergizi untuk kesehatan anda.

Anda bisa menjadi abon untuk lauk saat sarapan, dan yang paling utama adalah anda juga bisa mengkonsumsi abon tanpa nasi. Abon juga bisa dipadukan dengan makanan lainnya selain nasi seperti Bubur ayam.

Walaupun memiliki bentuk fisik yang berserabut dan terlihat sama seperti makanan ringan, namun jangan salah jika abon memiliki kandungan energi yang tinggi. Hal ini tentu saja bisa menolong anda dalam mencukupi asupan energi yang cukup seharian penuh. Oleh sebab itu waktu yang tepat untuk mengkonsumsi abon lele adalah saat sarapan di pagi hari agar anda bisa mendapatkan asupan energi yang cukup sampai sore hari.

4# Bermanfaat Untuk Pembentukan Sel Darah

Abon juga memiliki khasiat lainnya yaitu bisa menjadi makanan olahan yang bermanfaat untuk pembentukan sel darah tubuh. Hal ini karena abon memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi, dimana kandungan zat besi yang tinggi ini bisa bermanfaat untuk peredaran darah dan juga untuk pembentukan sel darah di dalam tubuh.

Dengan asupan zat gizi yang sudah terpenuhi, maka bisa berdampak terhadap perputaran darah dan juga pembuatan sel darah menjadi optimal. Jika begitu maka anda juga bisa terhindar dari masalah anemia, kecapekan dan juga infeksi terhadap luka menjadi bisa diminimalisir.

5# Bermanfaat Untuk Sistem Imun Tubuh

Karena terbuat dari daging lele, tentu saja abon memiliki kandungan selenium yang sangat produktif. Selenium yang produktif ini bisa membantu tubuh dalam memelihara sekaligus meningkatkan sistem kekebalan atau sistem imun tubuh. Hal ini tentu saja dapat bermanfaat karena selain mencegah tubuh dari serangan berbagai macam penyakit, juga akan membuat anda selalu fit saat ingin menjalankan berbagai macam pekerjaan.

Manfaat lainnya adalah dengan mengkonsumsi abon lele, aliran darah yang ada di dalam tubuh akan jadi lebih lancar. Dimana jika aliran darah di dalam tubuh lancar maka bisa berdampak terhadap lebih maksimalnya persedian darah dan juga oksigen di bagian-bagian tubuh lainnya. Sehingga anda akan menjadi lebih bisa berkonsentrasi dan lebih fokus lagi.

6# Abon Bagus Untuk Jantung Dan Membantu Mengatur Pembuatan Hormon

Alasan kenapa abon lele banyak diminati oleh masyarakat adalah karena abon membawa dampak positif untuk jantung dan juga bisa membantu dalam mengatur pembuatan hormon di dalam tubuh. Dengan suplai darah yang lancar dan maksimal, tentu saja kesehatan jantung menjadi lebih terjaga dengan baik dan juga dapat menahan dari berbagai macam gangguan kesehatan pada jantung misalnya seperti gagal jantung hingga jantung koroner.

Karena kandungan protein yang tinggi pada abon lele, tentu saja mengkonsumsi abon lele bisa membantu tubuh dalam mengatur pembuatan hormon. Sebab pada dasarnya, protein di dalam tubuh bisa membantu dalam menolong tubuh membuat hormon menjadi meningkatkan. Jika kadar hormon tidak dipelihara dengan baik, akan berdampak pada tubuh yang akan lebih lelah dan juga gangguan kesehatan lainnya.

Nah itulah informasi mengenai prospek usaha abon lele terkait perhitungan keuntungan dan kerugian menjalani bisnis abon lele. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk anda.


No comments

Post a Comment

DON'T MISS

Facebook, Instagram, Tiktok, Youtube
© all rights reserved
i want my journey to be full of laughter