Slider

Rincian Modal Usaha Barber Shop Awal Dan Tips Memulai Usaha Barber Shop

Tidak bisa dipungkiri jika saat ini jumlah angkatan kerja baru di Indonesia semakin bertambah setiap harinya. Sementara itu jumlah dari posisi lowongan kerja sangat terbatas tentu saja menuntut untuk setiap orang harus memiliki atau membangun usaha sendiri. Nah salah satu usaha yang paling banyak digeluti oleh para remaja saat ini adalah membangun barber shop. Hal ini karena selain modal usaha barber shop yang sangat terjangkau juga karena peluang usaha barber shop yang sangat menjanjikan.

Bagaimana tidak, salah satu jenis usaha dengan prospek yang sangat menjanjikan adalah usaha barber shop atau potong rambut. Dimana jenis usaha yang satu ini tidak membutuhkan modal yang besar. Modal usaha barber shop yang kecil dan prospek yang menjanjikan inilah yang membuat banyak orang mulai meminati untuk menjalani usaha barber shop.

Misalnya saja anda mematok harga dengan Rp. 10.000 untuk setiap kali potong rambut, tentu saja keuntungan yang akan anda dapatkan sangat melimpah karena hanya dengan modal gunting dan peralatan cukur saja, tanpa harus membayar sewa tempat (untuk anda yang memanfaatkan lahan kosong di sekitar rumah untuk dijadikan sebagai tempat usaha barber shop).

Namun tentu saja untuk menjalankan usaha barber shop ini anda tidak boleh sembarangan. Usaha barber shop entah itu untuk pria maupun wanita tentu saja membutuhkan keterampilan dalam hal memangkas rambut dengan benar agar bisa menghasilkan rambut yang rapi. Oleh sebab itu terkadang ada banyak orang juga yang rela kursus potong rambut demi mengasah kemampuan mencukur rambut yang benar.

Rincian Modal Usaha Barber Shop Awal Pembukaan

Usaha barber shop atau pangkas rambut saat ini sedang menjamur dan berkembang dengan sangat pesat. Bahkan anda hampir bisa menemukan usaha barber shop ini di setiap sudut perkotaan dan jalan. Fenomena ini sebenarnya hadir karena tren dan juga kebutuhan pria untuk bisa tampil rapi, apalagi rambut adalah mahkota.

Belakangan ini juga usaha barber shop memang sedang digandrungi oleh para wirausahawan sebab dianggap menyajikan keuntungan yang sangat besar. Selain itu ada banyak juga keunggulan yang bisa anda manfaatkan dengan membangun usaha barber shop.

Nah mungkin anda sendiri juga memiliki minat untuk membantu usaha barber shop. Tentu saja anda harus menyiapkan modal terlebih dahulu untuk menjalankannya. Berikut dibawah ini adalah rincian modal yang anda butuhkan untuk membangun usaha barber shop yang harus anda persiapkan.

1.   Biaya Untuk Menyewa Lokasi Barber Shop

Apakah anda memang sudah yakin ingin membangun usaha barber shop? Jika sudah tentu saja anda harus menentukan lokasi dari barber shop terlebih dahulu. Sebab lokasi ini memiliki peran yang sangat penting untuk keberlangsungan dari usaha barber shop yang anda jalankan.

Lokasi dari barber shop juga berkaitan dengan target market yang anda tentukan sebelumnya. Untuk anda yang mengincar mahasiswa sebagai target utama, maka lebih baik agar anda menyewa lokasi di sekitar area kampus atau di perkampungan kos-kosan.

Namun untuk anda yang lebih mengincar target pasar secara umum. Anda bisa menyewa lokasi di tempat umum, misalnya dengan menyewa ruko di sekitar gang rumah yang padat penduduk, di dekat pasar atau di pinggir jalan raya.      

Sementara itu, untuk biaya sewa lokasi yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha barber shop ini adalah rata-rata Rp. 800.000 hingga Rp. 1.000.000 setiap bulannya. Tentu saja tergantung dari lokasi yang akan anda sewa.

Namun biaya sewa untuk modal usaha barber shop yang satu ini juga bisa anda pangkas jika anda sendiri memiliki lokasi yang strategis untuk menjalankan usaha barber shop. Misalnya anda memiliki space atau lahan kosong yang cocok untuk dijadikan sebagai tempat usaha menjalankan barber shop.

Tentu saja keuntungan yang akan anda dapatkan jika ternyata anda sudah memiliki lokasi atau lahan kosong guna menjalankan usaha barber shop akan membawa manfaat tersendiri. Dimana anda tidak perlu memikirkan biaya sewa bulanan ruko atau tempat.

Namun jangan dipaksakan jika ternyata anda tidak memiliki tempat yang strategis. Karena percuma juga jika anda memiliki tempat kosong untuk dijadikan sebagai barber shop, namun tempat atau lahan kosong tersebut tidak strategis.

2.   Modal Usaha Barber Shop : Peralatan Pangkas Rambut

Berikutnya setelah anda memiliki atau sudah menentukan tempat untuk membuka usaha barber shop, tentu saja anda juga harus menyiapkan peralatan pangkas rambut yang dibutuhkan. Nah berikut dibawah ini adalah beberapa rincian peralatan pangkas rambut yang anda butuhkan.

RINCIAN MODAL USAHA BARBER SHOP : PERALATAN PANGKAS RAMBUT

NO

NAMA PERALATAN

KETERANGAN

HARGA

1

Mesin Cukur

2 Buah

Rp. 700.000

2

Sisir Rambut

2 Buah

Rp. 20.000

3

Gunting Potong rambut

2 Buah

Rp. 100.0000

4

Gunting Sasak

2 Buah

Rp. 150.000

5

Pisau Cukur

2 Buah

Rp. 30.000

6

Silet Isi Ulang

20 Kotak

Rp. 45.000

7

Handuk kecil

1 Set

Rp. 200.000

8

Kap Penutup

2 Buah

Rp. 90.000

9

Botol Semprot

2 Buah

Rp. 30.000

10

Jepit Buaya Kecil

1 Pack

Rp. 10.000

11

Jepit Buaya Besar

1 Pack

Rp. 20.000

12

Mangkok Sabun

2 Buah

Rp. 10.000

13

Sikat Bulu

1 Buah

Rp. 25.000

 

Nah diatas sudah saya tuliskan beberapa modal usaha barber shop yang harus anda keluarkan untuk memulai usaha barber shop. Namun perlu anda ketahui bahwa modal dan harga yang saya tuliskan tidak mutlak ya, jadi anda bisa mengeluarkan uang lebih besar atau bahkan lebih kecil.

Namun agar aman, paling tidak anda membutuhkan modal usaha barber shop untuk membeli peralatan cukur sebesar Rp. 1.500.000 untuk sekali beli saja di awal anda membuka usaha barber shop tersebut.

3.   Perlengkapan Tambahan Untuk Usaha Barber Shop

Terakhir tentu saja anda juga akan membutuhkan perlengkapan tambahan untuk membuka usaha barber shop. Karena tentu saja tidak mungkin dalam membuka usaha barber shop anda hanya mengeluarkan modal untuk membeli peralatan cukur saja, namun anda juga membutuhkan biaya tambahan untuk membeli perlengkapan seperti, cermin, kursi dan juga meja pangkas rambut.

Untuk anda yang memiliki modal lebih, anda juga bisa menambahkan perlengkapan tambahan lainnya seperti AC, kipas angin dan sebagainnya. Atau untuk anda yang hanya memiliki modal minim, anda bias mencicil perlengkapan tambahan tersebut sesuai dengan kebutuhan barber shop yang anda kelola nantinya.

Perhitungan Analisa Omset Perbulan Dari Usaha Barber Shop

Setelah anda mengetahui modal yang harus anda keluarkan untuk memulai usaha barber shop. Tentu saja anda juga harus mengetahui bagaimana sih nantinya analisa perhitungan omset bulanan dari usaha barber shop yang anda kelola tersebut.

Sebelumnya, perlu anda ketahui bahwa pendapatan dari barbershop ini dapat bersumber dari tiga jenis yakni biaya jasa, penjualan produk dan juga uang tip yang diberikan oleh pelanggan. Nah karena uang tip dari pelanggan ini sifatnya adalah sukarela dan tidak wajib, tentu saja anda tidak bisa mengandalkannya.

Misalnya saja anda sudah membuat usaha barber shop yang nyaman dengan biaya modal awal Rp. 5 jutaan (barber shop ber AC). Misalnya anda juga menetapkan tarif untuk setiap kali potong rambut Rp. 15.000. Dan kita buat rata-rata barber shop bisa melayani sampai 15 pelanggan setiap harinya, artinya pendapatan harian yang akan anda dapatkan adalah sekitar Rp. 225.000 dalam satu hari.

Jika dikali selama 30 hari atau 1 bulan, anda akan mendapatkan pemasukan sebesar Rp. 6.750.000 dalam kurun waktu satu bulan.

Kemudian dari biaya tersebut anda potong Rp. 1.000.000 untuk biaya sewa ruko atau kios selama 1 bulan. Artinya anda masih memiliki omzet atau pemasukan sebesar Rp. 5.750.000 dalam waktu satu bulan. Tentu saja uang tersebut sudah cukup untuk menutup modal yang harus anda keluarkan selama menjalani atau membuka usaha barber shop tersebut.

Selain itu, anda mungkin juga bisa mendapatkan biaya atau pemasukan tambahan dengan menjual beberapa produk perawatan rambut seperti pomade dan vitamin rambut. Dengan begitu, keuntungan yang akan anda dapatkan tentu saja juga akan semakin meningkat dan melimpah.

Oleh karena itulah, banyak orang yang ingin membuka usaha barber shop karena tergiur dengan pemasukan atau keuntungan bulanan yang sangat banyak, bahkan melebihi upah minimum daerah jika memang anda berhasil menjaring dan mendapatkan pelanggan tetap setiap bulannya.

Tips Membangun Usaha Barber Shop Agar Sukses

Dalam membangun suatu usaha termasuk juga usaha barber shop tentu saja paling tidak anda harus mengetahui bagaimana sih tips untuk membangun usaha tersebut agar tetap berjalan lancar tanpa hambatan. Nah oleh sebab itu, berikut dibawah ini sudah saya tuliskan beberapa tips memabngun usaha barber shop agar sukses.

1.   Membangun Branding Pada Barber Shop

Yang pertama tentu saja anda harus bisa membangun branding atau merek pada usaha barber shop yang anda jalankan. Sebab brand atau merk memang sangat dibutuhkan untuk semua jenis usaha yang anda lakukan. Apabila suatu brand atau merk dari barber shop yang anda miliki sudah mulai dikenal masyarakat, tentu saja pemasukan harian anda juga akan semakin bertambah.

Selain itu, keberadaan dari branding juga sangat dibutuhkan untuk semakin meyakinkan para calon pelanggan dari barber shop yang anda miliki agar semakin yakin dan percaya bahwa pelayanan barber shop yang anda miliki ini mampu memberikan kualitas pelayanan yang maksimal.

Terlebih lagi jika anda sukses membentuk branding pada usaha barber shop yang anda miliki, tentu saja anda bisa dengan bebas dan tanpa ragu menetapkan harga dari layanan barber shop yang anda jalankan tersebut.

2.   Tentukan Juga Layanan Apa Yang Akan Anda Berikan

Berikutnya, setelah anda membangun sebuah brand dari usaha barber shop yang anda miliki tentu saja langkah selanjutnya adalah bagaimana anda membuat konsep dari layanan barber shop. Dalam hal ini, tentu saja selain mengandalkan usaha sebagai jasa potong rambut, anda juga bisa mencoba usaha jasa lain seperti semir rambut, memijat, mencuci rambut dan juga memotong kumis.

Semakin banyak layanan yang anda berikan tentu saja semakin menarik juga usaha barber shop yang anda jalankan. Karena pada dasarnya manusia ini akan lebih suka dengan pelayanan yang sangat menarik dan lengkap, namun dengan harga yang standar. Oleh sebab itu tentukan juga layanan apa yang akan anda berikan pada pelanggan di barber shop anda untuk membuat usaha barber shop yang anda jalankan tersebut sukses.

3.   Membuat Pelanggan Agar Kembali Ke Barber Shop

Sebenarnya langkah ini masih berkaitan dengan konsep layananan. Namun tentu saja dalam masalah ini layanan yang anda berikan harus lebih spesifik lagi. Dengan memberikan layanan yang lebih spesifik dan maksimal tentu saja anda bisa meningkatkan persentase kemungkinan pelanggan kembali lagi ke barber shop yang anda miliki karena merasa nyaman dan puas dengan pelayanan yang anda berikan tersebut.

Mungkin anda sendiri bingung dengan bagaimana cara membuat pelanggan agar kembali lagi ke barber shop yang anda kelola. Nah tenang saja karena dibawah ini sudah saya tuliskan beberapa cara dan upaya yang bisa anda lakukan untuk membuat pelanggan agar kembali ke barber shop yang anda miliki.

  • Memberikan fasilitas wifi gratis
  • Memberikan fasilitas minuman dingin gratis.
  • Memberikan promo atau diskon khusus.
  • Menghargai para pelanggan yang datang di barber shop.
  • Memberikan kupon yang bisa ditukarkan dengan 1 x potong rambut gratis.
  • Memberikan tempat yang nyaman dan pastinya harus instagrammable.
  • Memiliki lokasi barber shop yang strategis.

4.   Pilih Lokasi Barber Shop Yang Strategis

Penentuan dari lokasi barber shop tentu saja sangat penting untuk diperhatikan. Hal ini karena pemilihan lokasi yang tepat dan strategis tentu saja bisa meningkatkan tingkat penjualan dari barber shop yang anda jalankan tersebut. Untuk itu, pastikan anda memilih tempat atau lokasi dari barber shop di area yang memang strategis dan sesuai dengan target pasar yang anda inginkan.

Beberapa area atau lokasi dari barber shop yang strategis adalah seperti yang sudah saya tuliskan dibawah ini :

  • Di area kampus.
  • Di area perumahan.
  • Di area kos-kos an.
  • Di area fasilitas umum seperti pasar dan sebagainnya.
  • Di pinggiran jalan raya.

5.   Gunakan Konsep Yang Menarik

Saat ini ada banyak sekali barber shop yang menawarkan layanan bukan hanya tempat untuk potong rambut saja. Namun banyak juga diantara barber shop yang menawarkan konsep yang menarik yang tentu saja bisa membuat para pelanggan atau konsumen merasa betah dengan apa yang ditawarkan oleh barber shop tersebut.

Nah untuk itu anda bisa menggunakan konsep yang menarik dan berbeda dari lainnya. Buatlah trademark sendiri agar orang-orang bisa lebih mudah untuk mengenal identitas dari barber shop yang anda geluti tersebut. Semakin unik dan semakin menarik barber shop yang anda miliki, maka tentu saja akan semakin banyak juga orang-orang atau calon pelanggan yang tertarik untuk menggunakan layanan jasa barber shop anda.

6.   Melakukan Promosi Usaha Barber Shop Yang Anda Miliki

Sebuah usaha yang baik tentu saja tidak akan luput dari perjuangan promosi. Dimana keberadaan dari promosi ini bertujuan untuk menjaring dan juga memikat para calon pelanggan dan juga memberikan informasi penjelasan terkait usaha yang anda jalankan supaya orang-orang lain bisa datang dan tertarik pada usaha yang anda geluti tersebut.

Sementara itu, promosi dapat anda lakukan dengan menggunakan berbagai macam cara. Untuk langkah awal, anda bisa melakukan promosi kepada teman atau kerabat yang dari mulut ke mulut. Maksudnya mungkin teman atau kerabat anda akan membantu mempromosikan usaha barber shop yang anda miliki tersebut dari mulut ke mulut, merekomendasikannya ke orang lain.

Dengan menggunakan strategi promosi seperti ini tentu saja anda bisa lebih menghemat biaya yang harus dikeluarkan saat membuka usaha barbershop. Selain itu anda juga bisa mencoba sarana promosi gratis lainnya dengan memanfaatkan sosial media.

Mulailah dengan membuat akun instagram dari bisnis usaha barber shop yang anda jalankan. Dengan begitu anda juga bisa menjaring lebih banyak calon pelanggan dari barber shop yang anda jalankan. Dengan melakukan promosi di media digital anda bisa menjaring pelanggan tak terbatas jarak dan usia.

7.   Mempekerjakan Barber Yang Berpengalaman

Setiap barber shop tentu saja akan membutuhkan bantuan campur tangan seorang barber yang bisa memberikan pelayanan dan kualitas cukur yang maksimal kepada para pelanggannya. Untuk itu, bagi anda yang sudah mulai memiliki pelanggan tetap dan mulai kewalahan dalam menghandle setiap pelanggan di barber shop yang anda kelola tersebut, tidak ada salahnya untuk anda mempekerjakan karyawan barber yang berpengalaman.

Paling tidak anda harus melakukan seleksi terhadap calon karyawan barber shop yang anda miliki. Pilih dengan kriteria berpengalaman minimal 2 tahun, memiliki sertifikat kursus dan yang pastinya harus murah senyum atau ramah terhadap pelanggan.

Sebab sikap dari seorang barber kepada pelanggan tentu saja juga menjadi salah satu faktor penting kenapa banyak pelanggan yang setia menggunakan layanan barber shop anda. Tidak hanya itu saja, bahkan terkadang ada juga pelanggan yang kabur ke barber shop lainnya karena merasa sudah tidak puas dengan pelayanan yang diberikan oleh pekerja dari barber tersebut.

Oleh sebab itu, selalu berhati-hati dan juga teliti dalam memilih calon karyawan atau pekerja di usaha barber shop yang anda miliki. Attitude lebih penting, kemudian skill akan mengikuti. Karena skill akan semakin terasah seiring dengan pengalaman dan jam terbang yang dimiliki, namun untuk attitutde ini akan sulit untuk diubah.

Nah itulah rincian modal usaha barber shop awal dan juga tips memulai usaha barber shop. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk anda yang mungkin memiliki niat dan tujuan ingin membangun usaha barber shop dan ingin meraih kesuksesan dari usaha barber shop tersebut.

Yang terpenting dalam membangun usaha barber shop adalah, anda harus selalu berusaha melakukan inovasi, mengikuti perkembangan zaman dan juga memberikan kualitas pelayanan terbaik yang kalian bisa lakukan. 

 

No comments

Post a Comment

DON'T MISS

Facebook, Instagram, Tiktok, Youtube
© all rights reserved
i want my journey to be full of laughter