Slider

SURAT KUASA PEMBELIAN, Begini Cara Membuatnya

Artikel ini membahas surat kuasa pembelian. Penting  untuk mengetahui cara membuat surat ini, utamanya kalau anda melakukan aktivitas jual beli atau kegiatan bisnis.Apa itu surat kuasa pembelian? Surat kuasa sendiri diartikan sebagai surat yang isinya pelimpahan kewenangan dari pihak pemberi kuasa kepada pihak penerima kuasa untuk melakukan hal hal tertentu mewakili atau bertindak atas nama pihak pemberi kuasa.  Surat kuasa ditulis dalam bahasa baku dan biasanya berkekuatan hukum.

Dari pengertian surat kuasa diatas, bisa dipahami bahwa surat kuasa pembelian artinya adalah surat yang dibuat tujuanya untuk pelimpahan kewenangan dari pihak pertama/pemberi kuasa kepada pihak yang diberi kuasa untuk melakukan pembelian pembelian tertentu. Dalam surat kuasa pembelian, pihak yang diberi kuasa punya kewenangan sesuai yanh ditugaskan kepada dirinya oleh pihak pemberi kuasa. 

Format Surat Kuasa Pembelian 

Berikut ini format surat kuasa pembelian. Setidaknya menulis surat ini harus memuat beberapa hal berikut :

Memuat Keterangan Pemberi Kuasa

Di surat kuasa pembelian, berisi keterangan data dari pihak pemberi kuasa mencakup, Nama pemberi kuasa, jabatan, alamat lengkap, nomor KTP. 

Memuat Keterangan Penerima Kuasa

Dalam surat kuasa pembelian juga mencantumkan data lengkap penerima kuasa mencakup, nama lengkap penerima kuasa, jabatanya, alamat lengkap dan nomor KTP. 

Isi Surat Kuasa Pembelian 

Selanjutnya, dalam surat kuasa pembelian harus dicantumkan maksud dan tujuan surat dibuat. Yakni, intinya berisi bahwa pihak kuasa memberikan kewenangan kepada pihak penerima kuasa melakukan aktivitas pembelian tertentu dengan nominal tertentu. Sesuai yang telah disepakati dua belah pihak. 

Bisa juga mencantumkan tambahan keterangan lain yang dirasa perlu disampaikan dalam surat kuasa pembelian. Inti surat ditulis singkat, tidak bias sehingga maksud dan tujuan terpahami dengan benar. 

Penutup Surat 

Dalam surat kuasa pembelian juga diisi penutup surat. Biasanya juga dilengkapi dengan keterangan tanggal dan tempat pembuatan surat. 

Tanda Tangan 

Pada bagian akhir surat kuasa pembelian, pihak pemberi kuasa dan penerima kuasa sama sama membubuhkan tanda tangan. Tanda tangan. Sebagian besar tanda tangan diatas materai, agar surat ini sah dan berkekuatan hukum. 

Berikut ini Contoh Surat Kuasa Pembelian. Silakan Download Link berikut. File berbentuk word tinggal edit sesuai kebutuhan :




SURAT KUASA PEMBELIAN

 

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama               :          

Jabatan                       

Alamat            :          

No. KTP          :

 

Bersama ini kami memberikan kuasa penuh dengan hak menggantu diri kepada :

 

Nama               :                                                          

Jabatan            :

Alamat             :                                                          

 

Baik secara bersama-sama atau sendiri untuk atas namanya membeli _____________ dengan harga Rp.________________ (terbilang ….. rupiah). Dengan syarat dan ketentuan yang dianggap baik.

 

Yang memberi kuasa agar membayar harga tersebut dan menerima bukti pembayaran yang sah, memerintahkan pembuatan akta surat-surat, dan mengatur segala sesuatu yang berhubungan dengan pembelian tersebut.

 

Surat Kuasa ini dibuat dan ditandatangani di  ____________ pada hari ini,……….., tanggal …..-…..-20…....

 

 

 

 

Penerima Kuasa

 

 

 

___________________

 

Pemberi Kuasa

 

 

 

___________________

 

 


No comments

Post a Comment

DON'T MISS

Facebook, Instagram, Tiktok, Youtube
© all rights reserved
i want my journey to be full of laughter