Slider

Tampil Anggun dengan Model Jilbab Segi Empat yang Minimalis

Seiring perkembangan tren fashion, jilbab dengan model segi empat seringkali dikecualikan dari daftar jilbab yang modis untuk digunakan sehari-hari dan dalam berbagai kegiatan. Dengan modelnya yang simpel, mengaplikasikan jilbab segi empat seringkali terlihat monoton dan terkesan basic.

Meski begitu,jilbab jenis segi empat ini masih memiliki pangsa pasar dan penggemarnya tersendiri. Model jilbab yang simpel dan memiliki banyak variasi, mudah dibentuk, memiliki berbagai macam bahan sesuai kebutuhan dan tergolong murah menjadi alasan-alasan para hijabers untuk setia menggunakan jenis jilbab ini.

Untuk kalian yang gemar dan selalu menggunakan jilbab jenis segi empat untuk kegiatan sehari-hari kalian, artikel kali ini kami akan menjelaskan step by step mengaplikasikan jilbab segi empat dengan model yang simpel dan minimalis tapi masih bisa digunakan untuk kegiatan sehari-hari.

Penasaran? Yuk, simak penjelasan di bawah ini!

Memilih Bahan Jilbab

Jilbab dengan jenis segi empat memiliki banyak varian, mulai dari jenis bahan, warna dan motif. Kalian bisa menggunakan jilbab segi empat apapun yang kalian inginkan, atau sesuaikan dengan kebutuhan. Seperti jilbab paris, jilbab chiffon atau jilbab paris premium.

Agar mudah diaplikasikan, jangan lupa menyetrika jilbab sebelum dipakai, ya.

Cr: Kiara Leswara

Hal ini akan sangat berpengaruh pada waktu dan kecepatan kalian dalam mengaplikasikan jilbab, apalagi saat kalian sedang buru-buru. Menyetrika jilbab membantu bahan jilbab lebih mudah diatur dan terlihat rapi saat digunakan.

Memakai Ciput atau Ninja

Menggunakan ciput atau dalaman jilbab sangat dianjurkan agar tampilan jilbab kalian lebih rapi. Ciput berguna untuk menahan rambut dan anak rambut agar tidak mudah keluar saat kita menggunakan jilbab, jadi kalian tidak perlu repot-repot membenarkan rambut yang suka keluar.

Selain itu, ciput juga sangat membantu kalian saat akan mengaplikasikan jilbab karena bagian kepala kalian lebih rapi dan tidak harus repot membenarkan rambut.

Kalian bisa menggunakan ciput dengan jenis apapun, seperti ciput rajut atau ciput berbahan spandex.

Selain itu, untuk tampilan yang lebih rapi lagi, kalian bisa menggunakan ninja sebelum mengenakan jilbab. Menggunakan ninja bisa membuat fitur leher kalian lebih jenjang saat menggunakan jilbab.

Langkah Pertama

Dimulai dari mensejajarkan ujung jilbab kalian, yakni lipat jilbab segi empat kalian menjadi segitiga. Pastikan ujung kedua jilbab sejajar saat disatukan, ya.

Cr: Kiara Leswara

Hal ini berguna agar jilbab terlihat rapi dan tidak terlihat tumpang tindih. Ujung yang tidak sejajar juga berpengaruh pada aplikasi jilbab, loh. Jilbab kalian bisa menjadi susah untuk dibentuk dengan hasil yang berantakan. Memakai ciput juga harus disesuaikan dengan kebutuhan kalian, ya. Kalian bisa sedikit memajukan ciput atau dalaman jilbab agar wajah terlihat lebih kecil untuk kalian yang memiliki fitur wajah lonjong atau yang memiliki bentuk dahi yang lebar.

Untuk yang memiliki pipi tembam atau chubby, kalian bisa memundurkan sedikit agar wajah tidak terlihat penuh dan pendek saat dilihat.

Langkah Kedua

Pakai jilbab yang sudah sejajar ujungnya, lalu pastikan dua ujung bawah jilbab kalian sama rata. Hal ini berguna agar tampilan jilbab kalian sejajar dan rapi, tidak kurang di bagian kanan atau di bagian kiri.

Cr: Kiara Leswara

Jilbab yang sejajar juga memudahkan kalian untuk membentuk jilbab nantinya.

Langkah Ketiga

Cr: Kiara Leswara

Langkah ketiga, satukan jilbab di bagian leher seperti saat kalian akan menggunakan peniti atau jarum pentul.

Rapikan sisi kanan dan sisi kiri jilbab di bagian wajah menyesuaikan dengan kebutuhan kalian. Untuk kalian yang memiliki pipi tembam atau chubby, kalian bisa memajukan sisi bagian kanan dan sisi bagian kiri untuk tampilan wajah lebih slim.

Cr: Kiara Leswara

Lalu, lipat sedikit bagian samping bawah jilbab untuk mengurangi bentuk jilbab yang terlalu mengembang. Pastikan semua rapi sebelum menggunakan jarum pentul atau peniti, ya.

Langkah Keempat

Cr: Kiara Leswara

Untuk langkah keempat, setelah mensejajarkan kedua ujung bagian bawah jilbab kalian, gunakan jarum pentul atau peniti di bagian leher. Kalian bisa menyesuaikan tingkat keeratan jilbab sesuai dengan selera dan kebutuhan kalian, ya.

Pastikan jarum pentul dan peniti kalian tidak akan lepas selama menggunakan jilbab.

Langkah Kelima

Cr: Kiara Leswara

Untuk tampilan yang rapi namun minimalis, kalian bisa menyampirkan bagian bawah jilbab ke belakang.

Pertama, tentukan bagian kiri atau kanan dari bagian bawah jilbab sebagai bagian depan. Untuk yang memilih bagian kanan, ambil bagian kiri dan kempeskan bagian tersebut agar tidak memberi kesan mengembang saat ditarik.

Caranya dengan menarik pelan bagian tersebut, pastikan tidak terlalu banyak lipatan yang muncul agar tidak mengembang saat ditali ke belakang. Usahakan tidak ada ruang untuk angin masuk dan tarik bagian tersebut ke arah kanan dengan cukup kuat agar rapi.

Cr: Kiara Leswara

Jika kalian memilih arah sebaliknya, lakukan hal tersebut dengan sama

Langkah Keenam

Cr: Kiara Leswara

Di langkah ini, tarik bagian kanan ke arah sebaliknya sama kuat dengan bagian sebelumnya. Pastikan tidak terlalu banyak lipatan yang muncul saat ditarik agar jilbab kalian terlihat rapi, ya.

Agar lebih rapi dan menarik, tekuk bagian jahitan jilbab ke dalam. Hal ini bertujuan agar tampilan jilbab lebih rapi serta menciptakan kesan lipatan yang alami untuk aplikasi jilbab kalian.

Langkah Ketujuh

Rapikan kerutan atau lipatan-lipatan jilbab sebelum di tali.

Cr: Kiara Leswara

Untuk kekuatan talinya menyesuaika dengan kebutuhan kalian, ya. Apabila ingin mendapat tampilan professional dan rapi, kalian bisa membuat ikatan yang erat di belakang. Hal ini juga menambah kesan jenjang di leher kalian.

Sedangkan untuk tampilan yang lebih santai, kalian bisa membuat ikatan yang sedikit kendur. Hal ini juga membantu kalian yang tidak ingin terlalu terlihat formal dan tidak nyaman dengan ikatan yang terlalu erat karena sudah memakai ninja sebagai dalaman.

Selain itu, ada pilihan tampilan jilbab yang lebih formal menggunakan cara yang sama.

Kalian bisa membuat ikatan yang sama dengan langkah-langkah yang sama seperti yang sudah dijelaskan di atas, namun kalian bisa mengangkat bagian belakang jilbab terlebih dahulu.

Setelah selesai membuat ikatan, taruh bagian belakang jilbab di luar sedangkan bagian tali jilbab di bagian dalam. Jilbab dengan tampilan seperti ini sangat cocok digunakan untuk kegiatan yang lebih formal. Kalian akan terlihat rapi dan professional. Seperti untuk ke acara pernikahan, untuk wisuda maupun tampilan untuk sekedar hangout dengan teman-teman.

Hal yang terpenting dalam fashion adalah nyaman dan percaya diri. Pilih dan gunakan jenis pakaian yang membuat kalian nyaman, ya. Karena dengan pakaian yang nyaman, kalian bisa lebih percaya diri untuk melakukan kegiatan sehari-hari.

Semoga penjelasan di artikel kali ini bisa memberi informasi dan menginspirasi para pembaca sekalian, ya!

Tetap patuhi protokol kesehatan dan jangan lupa melakukan 3M. Sayangi dan lindungi diri sendiri untuk melindungi orang-orang tersayang!

No comments

Post a Comment

DON'T MISS

Facebook, Instagram, Tiktok, Youtube
© all rights reserved
i want my journey to be full of laughter