Slider

Usaha Service HP : Analisa Prospek Dan Keuntungan Bisnis Usaha Service HP Di Rumah


Saat ini hp sudah menjadi salah satu kebutuhan pokok dalam kehidupan manusia modern. Oleh sebab itu, karena keadaan dan kondisi seperti ini tentu saja anda harus bisa mengambil peluang dari hal ini. Salah satu peluang yang bisa anda dapatkan dari kondisi ini adalah dengan membangun usaha service hp di rumah.

Banyaknya jumlah hp yang beredar di sekitar kita tentu saja membuat usaha service hp akan tumbuh dengan subur. Usaha service hp memang tidak akan pernah mati sejak pertama kali ditemukan. Belum lagi hampir semua pengguna hp saat ini tidak mengerti bagaimana sih cara mengatasi berbagai macam masalah-masalah yang terjadi pada perangkat mereka.

Oleh sebab itu untuk anda yang memiliki keahlian melakukan perbaikan dan penanganan pada masalah hp, anda bisa memanfaatkan kondisi seperti ini untuk mendapatkan keuntungan tersendiri dari kemampuan service hp tersebut.

ponsel atau hp saat ini sudah menjadi bagian penting dalam kehidupan manusia modern. Hal ini karena hampir semua aktivitas dan juga pola komunikasi sudah dijalankan dari hp atau smartphone. Apalagi saat ini sedang terjadi pandemi Covid-19 yang membuat proses pembelajaran dilakukan secara daring atau online menggunakan smartphone.

Karena terlalu sering digunakan, bukan tidak mungkin akan timbul berbagai macam masalah yang menghampiri hp yang digunakan tersebut. Nah untuk anda yang ingin memanfaatkan kondisi seperti ini untuk mendapatkan cuan dari membangun usaha bisnis service hp, silahkan anda simak postingan ini sampai selesai karena saya akan membagikan informasi yang sangat berguna untuk anda yang ingin membangun usaha service hp.

Bagaimana Cara Menjalankan Usaha Service HP Yang Benar

Usaha service hp saat ini mempunyai pasar yang sangat luas dan jelas, yakni para pengguna smartphone atau hp yang tidak mengerti bagaimana cara melakukan troubleshooting dan juga perbaikan terhadap setiap masalah atau kerusakan pada komponen hp tersebut.

Oleh sebab itu tentu saja peluang usaha membangun usaha service hp ini semakin besar seiring dengan perkembangan waktu. Dengan banyaknya pengguna yang tidak mengerti bagaimana cara melakukan service atau perbaikan terhadap hp, peluang untuk anda yang mengerti akan hal tersebut dan ingin menawarkan jasa service hp tentu saja semakin terbuka lebar.

Jasa service hp dan juga troubleshooting smartphone tentu saja juga akan semakin dibutuhkan oleh orang-orang modern saat ini. Apalagi dengan keberadaan dari smartphone yang tentu saja membutuhkan keahlian khusus dalam menangani berbagai macam masalah yang terjadi pada smartphone tersebut.

Kebutuhan akan keberadaan dari usaha service hp yang memberikan pelayanan one stop service juga semakin tinggi saat ini. Seperti yang sudah kita singgung sebelumnya, jika sebagian besar dari pengguna hp memang tidak dapat mengerti dan mengatasi berbagai macam masalah kerusakan yang terjadi pada perangkat mereka.

Oleh sebab itu, secara otomatis para pengguna hp akan membawa hp mereka yang rusak tersebut untuk di service ke tempat service hp saat terjadi masalah. Dengan begitu emmbangun usaha service hp saat ini tentu saja menjadi pilihan yang tepat karena sesuai dengan kebutuhan manusia modern saat ini.

Usaha seperti ini sebenarnya juga sekaligus menjawab kebutuhan dari service hp yang menawarkan harga miring. Sebab di gerai resmi, apabila hp yang dibeli sudah melewati masa garansi tentu saja ongkos service yang akan dikeluarkan sangat mahal.

Belum lagi jika ternyata harus ada beberapa penggantian sparepart yang harus dilakukan. Karena harga dari spare part asli terkadang hampir sama dengan harga beli dari hp itu sendiri. Oleh sebab itu walaupun persaingan yang sangat ketat, usaha service hp yang anda jalani masih bisa mendapatkan pasar tersendiri.

Untuk lokasi usaha service hp, anda juga tidak membutuhkan tempat yang luas untuk menjalankan usaha service hp. Cukup dengan ruangan kios kecil yang berukuran 3x3 saja anda sudah bisa membangun usaha service hp. Bahkan untuk anda yang memiliki teras rumah, anda bisa mengubahnya menjadi tempat service hp rumahan.

Modal Dan Keuntungan Dari Usaha Service HP

Dalam membangun usaha service hp, tentu saja juga dibutuhkan modal dalam membangun usahanya. Nah berikut dibawah ini sudah saya tuliskan analisa usaha service hp terkait modal yang dibutuhkan dan juga perhitungan keuntungan yang akan anda dapatkan dari usaha service hp tersebut.

MODAL YANG DIBUTUHKAN UNTUK MEMBUKA USAHA SERVICE HP (PENGELUARAN 1X)

No

Keterangan / Hal

Biaya

1.

Alat Reparasi Untuk Service HP

Rp. 5.000.000

2.

Komputer Untuk Reparasi HP

Rp. 7.000.000

3.

Etalase Dan Meja Kursi Untuk Service HP

Rp. 1.500.000

4.

Sparepart Standard HP Berbagai Macam Merk

Rp. 2.000.000

5.

Deposit Stok Ketersediaan Pulsa

Rp. 500.000

6.

Stok Kuota Data Dan Paket Internet

Rp. 500.000


Berdasarkan data yang sudah saya tuliskan diatas, modal yang anda butuhkan untuk membangun ide usaha service hp dalam sekali pengeluaran adalah  Rp. 16.500.000.  Tentu saja modal tersebut untuk anda yang sudah memiliki tempat sendiri, artinya anda tidak perlu lagi menyewa tempat untuk dijadikan sebagai usaha service hp tersebut.
Biaya tersebut tentu saja belum termasuk biaya bulanan yang harus anda keluarkan, misalnya seperti koneksi internet yang dibutuhkan dan juga biaya listrik bulanan yang harus anda bayarkan. Lalu seperti apa perhitungan keuntungan yang akan anda dapatkan nantinya?
Misalnya dalam setiap jasa perbaikan anda mematok biaya servis Rp. 50.000 untuk jasa perbaikan software dan Rp. 100.000 untuk setiap jasa penggantian sparepart dan komponen hardware pada smartphone.
Kita buat data misalkan dalam sehari anda mendapatkan 3 service software, dan juga 2 service sparepart atau komponen hardware. Maka anda sudah mendapatkan keuntungan Rp. 350.000 dalam waktu sehari.
Jika anda rutin mendapatkan keuntungan Rp. 350.000 dalam sehari, hanya dalam waktu 2 bulan saja anda sudah bisa balik modal dan mulai mendapatkan keuntungan. Apalagi jika anda berhasil mendapatkan pelanggan yang banyak dan mampu menyelesaikan orderan perbaikan service hp yang dibutuhkan oleh orang-orang.
Tentu saja keuntungan yang akan anda dapatkan akan semakin melimpah, bahkan bukan tidak mungkin anda bisa merekrut karyawan untuk melakukan perbaikan hp anda. Jadi anda tidak perlu lagi bersusah payah melakukan perbaikan, biarkan karyawan anda yang mengerjakan bisnis usaha service hp yang sedang anda geluti tersebut.

Tips Sukses Membangun Usaha Service HP Agar Sukses

Dalam membangun usaha service hp tentu saja anda harus mengetahui bagaimana sih tata cara pengelolaan bisnis dan juga tips sukses dalam membangun usaha service hp supaya sukses menjalankannya.
Karena modal yang kuat saja tentu saja tidak cukup untuk menjalani usaha service hp jika anda tidak mengetahui apa saja sih tips dan kiat-kiat sukses menjalani usaha service hp dengan benar. Nah untuk itu, berikut dibawah ini sudah saya tuliskan bagaimana sih kiat-kiat dan tips sukses membangun usaha service hp yang harus anda terapkan untuk membangun usaha service HP.

1# Miliki Dulu Keahlian Tentang Bagaimana Service HP

Untuk anda yang tidak memiliki modal cukup untuk menjalankan usaha service hp, tentu saja anda harus memiliki skill atau keahlian dalam bagaimana sih langkah-langkah reparasi atau service hp itu. Selayaknya pemilik usaha service hp, paling tidak anda harus memiliki dan memahami skill teknik-teknik melakukan troubleshooting terhadap kerusakan atau setiap masalah yang terjadi pada hp.
Namun untuk anda yang tidak mau repot-repot memiliki skill expert dalam perbaikan hp, anda bisa merekrut karyawan yang memang sudah paham dengan bagaimana sih langkah-langkah perbaikan hp dalam setiap permasalahan.
Apalagi saat ini hp sudah semakin canggih, sehingga semakin kompleks juga kemungkinan permasalahan yang mungkin bisa terjadi. Paling tidak anda harus memahami skill-skill dasar dari perbaikan software atau hardware pada hp.
Jadi nantinya anda bisa melakukan seleksi terhadap perekrutan karyawan yang anda butuhkan untuk menjadi teknisi dari usaha service hp yang sedang anda jalankan tersebut. Namun tentu saja konsekuensi yang harus anda terima jika merekrut karyawan adalah ada biaya tambahan yang harus anda keluarkan.
Oleh sebab itu, di awal tadi sudah saya jelaskan bahwa merekrut karyawan paling cocok jika anda memiliki modal yang lumayan banyak dalam menjalankan usaha service hp.

2# Berikan Pelayanan Maksimal Kepada Setiap Pelanggan

Inti dari memulai bisnis jasa adalah anda harus memberikan pelayanan yang maksimal kepada setiap pelanggan atau konsumen anda. Karena kepuasan pelanggan atau konsumen anda tersebut tentu saja akan membuat mereka menjadi nyaman dan bukan tidak mungkin mereka akan merekomendasikan jasa service hp yang anda lakukan kepada teman-teman atau kerabat mereka.
Oleh sebab itu anda harus bisa memberikan pelayanan yang maksimal dan prima terhadap setiap konsumen. Anda harus bisa mengemas layanan reparasi atau troubleshooting dengan profesional. Misalnya dengan cara transparansi harga.
Jujur saja terhadap detail kondisi dari ponsel yang rusak dan pergantian apa yang harus dilakukan. Misalnya anda melakukan pergantian terhadap IC Power atau komponen lainnya. Dengan begitu tentu saja konsumen atau pelanggan anda akan puas dengan transparansi harga dan jasa yang anda tawarkan. Sebab salah satu hal penting yang harus anda perhatikan adalah transparansi harga menjadi hal penting yang harus dilakukan.

3# Berikan Harga Yang Wajar (Tidak Terlalu Murah Dan Tidak Terlalu Mahal)

Perlu anda ketahui bahwa tidak ada standar baku yang menetapkan biaya harga service hp. Namun cara yang paling tepat adalah anda harus melihat harga yang dipatok oleh jasa service hp yang dilakukan oleh pesaing anda.
Selain itu biaya service juga harus ditentukan dari jenis kerusakan apa yang terjadi pada hp yang anda perbaiki. Tentu saja biaya penggantian spare part atau komponen hardware hp harus berada di luar dari biaya service.
Sebagai bentuk dari pelayanan yang prima, jangan sampai anda menaikan harga service dan layanan yang anda berikan dengan harga yang mahal. Bahkan jika bisa anda harus mematok harga yang lebih murah daripada harga pesaing anda.
Bukankah lebih baik anda mendapatkan keuntungan yang tipis-tipis tapi berhasil menjaring banyak pelanggan sekaligus daripada anda berhasil mendapatkan keuntungan melimpah namun pelanggan anda tersebut kapok dengan harga yang anda tawarkan.
Sebab tentu saja terlalu tinggi dalam mematok harga service akan membuat para pelanggan langsung membandingkan harga yang anda tawarkan dengan toko atau jasa service hp lainnya di sekitar anda. Saat jasa yang ditawarkan sama, namun harga yang ditawarkan berbeda atau bahkan terlalu tinggi.
Bukan tidak mungkin, anda akan kehilangan pelanggan dan justru memberikan pelanggan anda tersebut kepada jasa service hp lainnya yang berada di sekitar anda tersebut. Namun jangan juga terlalu mematok harga layanan sangat murah, karena anda berbisnis juga mencari keuntungan.

4# Pilih Lokasi Yang Strategis

Lokasi yang strategis tentu saja menjadi hal terpenting yang harus anda perhatikan jika ingin membangun usaha jasa. Seperti yang sudah saya bahas sebelumnya, bahwa biasanya lokasi service hp ini berada di pusat perbelanjaan kebutuhan elektronik di perkotaan.
Misalnya berada di pusat perbelanjaan yang memang dikhususkan untuk menjadi tenant-tenant dari pemilik service hp. Namun untuk anda yang tidak memiliki uang untuk menyewa tempat atau tenant-tenant tersebut, anda juga bisa memanfaatkan rumah yang anda miliki untuk menjadi lokasi usaha service hp yang anda miliki tersebut.
Keuntungan menyewa tenant tentu saja adalah anda bisa menjaring banyak pelanggan sekaligus, namun kelemahannya adalah anda harus membayar biaya sewa yang cukup mahal. Oleh sebab itu untuk anda yang tidak memiliki modal yang cukup banyak, lebih baik anda menggunakan lahan kosong atau rumah anda untuk dijadikan sebagai tempat usaha service hp yang akan anda geluti tersebut.

5# Miliki Jaringan Spare Part HP Yang Kuat

Jasa service hp tentu saja tidak bisa dipisahkan dari sparepart hp, bahkan rata-rata service hp tersebut membutuhkan pergantian sparepart. Oleh sebab itu pengetahuan dari supplier sparepart yang lengkap dan juga murah sangat penting.
Lebih baik jika anda membangun jaringan atau relasi dengan pedagang supplier sparepart yang lengkap dan murah terlebih dahulu sebelum anda memutuskan untuk membangun usaha service hp. Sebab dengan membangun jaringan atau relasi bersama supplier sparepart hp yang kuat tentu saja anda tidak akan kebingungan lagi jika mencari stok atau kebutuhan sparepart yang sering digunakan untuk melakukan perbaikan service hp.
Anda juga harus mempelajari terlebih dahulu sparepart apa yang paling sering dibutuhkan untuk melakukan service hp. Sebab dengan mengetahui kebutuhan ini, anda bisa lebih mengontrol pengadaan barang.
Banyaknya jenis dan juga merk hp tentu saja menjadi tantangan tersendiri untuk anda dalam pengadaan sparepart. Nah baru jika anda sudah mempunyai jaringan yang luas dan kuat, sparepart yang bisa dibeli sesuai kebutuhan bisa anda kontrol dengan mudah.
Keuntungannya tentu saja adalah anda bisa menekan biaya operasional toko atau usaha service hp yang sedang anda geluti tersebut. Sebab usaha service hp harus dilakukan oleh orang-orang yang memang tahan banting dalam menjalankannya.
Sebab dengan persaingan usaha yang semakin ketat, tidak sedikit juga para pelaku usaha service hp yang harus gulung tikar karena tidak bisa menghadapi berbagai macam permasalahan dan juga persaingan. Selain itu, kurangnya kualitas dari SDM yang menjadi teknisi juga menjadi salah satu kendala penghambat dalam menjalani usaha service hp tersebut.

6# Menjalin Hubungan Kerjasama Dengan Counter HP

Terkadang salah satu kendala lainnya yang menjadi penghambat dari usaha service hp adalah karena kesusahan dalam mendapatkan pelanggan atau konsumen. Nah oleh sebab itu cara yang paling efektif untuk mendapatkan pelanggan adalah dengan cara menjalin hubungan kerjasama bisnis dengan pemilik toko hp atau counter jual beli hp.
Kenapa menjalin hubungan kerjasama dengan counter hp ini sangat penting?  Perlu anda ketahui bahwa orang yang memang tidak memiliki kenalan tukang service hp atau belum mengetahui mana tempat service hp yang bagus cenderung akan mendatangi counter dari tempat ia membeli hp untuk meminta bantuan dalam memperbaiki masalah atau kerusakan yang terjadi pada hp mereka.
Jika ternyata hp yang dibeli sudah melebihi batas garansi, Maka secara otomatis pihak dari counter tersebut yang bertanggung jawab untuk melakukan perbaikan atau service hp. Nah biasanya counter atau toko hp tersebut kebanyakan tidak memiliki skill atau kemampuan dalam melakukan service hp.
Sehingga ada banyak counter atau toko hp yang juga langsung melemparkan job tersebut kepada jasa service hp rumahan. Oleh sebab itu sangat penting untuk anda menjalin hubungan kerja sama dengan counter hp atau toko hp.
Sebab dengan menjalin kerjasama, counter atau toko hp akan membawa hp yang rusak dari pelanggan mereka untuk menggunakan jasa anda dalam membantu memperbaiki nya. Dengan begitu tentu saja anda tidak perlu repot-repot mencari pelanggan, sebab anda akan mendapatkan pelanggan dari setiap toko atau counter hp yang anda ajak kerja sama tersebut.
Biasanya jika anda menjalin hubungan dengan counter hp, anda harus mematok harga yang lebih murah. Karena tentu saja pihak dari counter hp juga akan mengambil keuntungan dari setiap perbaikan yang anda lakukan.
Namun sesuai dengan prinsip bisnis bahwa lebih baik untung sedikit tapi berhasil mendapatkan banyak orderan, daripada mendapatkan banyak keuntungan tapi hanya sekali dan gagal menjaring banyak orderan.
Nah kira-kira itulah analisis keuntungan dan prospek dalam menjalani usaha service hp. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk anda yang sedang ingin memulai usaha service hp tapi masih ragu apakah bisnis service hp ini memiliki prospek dan keuntungan yang bisa diandalkan di tahun ini.
Yang terpenting adalah anda harus memiliki skill standar dalam troubleshooting atau perbaikan reparasi hp. Karena skill tersebut sangat dibutuhkan jika anda menawarkan jasa service hp sendiri atau tanpa merekrut karyawan.
Selalu berusaha dan jangan mudah menyerah jika menjalani usaha service hp, sebab usaha service hp ini hanya bisa digeluti oleh orang-orang yang ulet dan tidak mudah menyerah. Jangan pernah ragu dengan rencana bisnis yang anda miliki. Walaupun ada banyak saingan, bukan menjadi masalah yang cukup berarti asalkan anda memiliki tekad dan kemauan.

No comments

Post a Comment

DON'T MISS

Facebook, Instagram, Tiktok, Youtube
© all rights reserved
i want my journey to be full of laughter