Slider

Vitamin untuk Ayam Broiler


Tidak hanya manusia, hewan ternak juga memerlukan vitamin dan beragam nutrisi lainnya untuk menunjang kesehatan serta kualitas dari hasil ternak yang akan dihasilkan. Pakan mungkin memiliki kandungan vitamin dan nutrisi yang penting bagi hewan ternak, namun tidak semua pakan dapat memenuhi kebutuhan vitamin dari hewan ternak.

Untuk itu, beberapa peternak menambahkan vitamin buatan lainnya untuk hewan ternak guna memenuhi kebutuhan vitamin agar ternak senantiasa sehat dan dapat menghasilkan produk peternakan yang baik dan prima.

Kali ini kami akan memberi informasi mengenai vitamin yang baik untuk ternak ayam broiler. Untuk selengkapnya, simak artikel di bawah ini ya!

Pengertian Vitamin

Vitamin diambil dari bahasa Inggris vital amine-vitamin dengan pengertian sebagai sekelompok senyawa organik dengan bobot molekul kecil yang mempunyai fungsi vital dalam metabolisme setiap organisme. Vitamin ini bersifat tidak dapat dihasilkan sendiri oleh tubuh.

Vitamin pada ternak ayam pedaging biasanya diberikan sejak awal pengembang biakkan hingga akhir panen. Fungsi dari vitamin pada ternak ayam pedaging adalah untuk menjaga dan memperkuat antibodi tubuh, mengurangi tingkat heat stress pada saat panas, dan masih banyak lagi.

Produsen Vitamin dan Obat-Obatan untuk Ternak Ayam

Dengan sifatnya yang tidak bisa dihasilkan sendiri oleh tubuh, maka ada banyak produsen yang menyediakan atau memproduksi vitamin serta obat-obatan bagi ternak hewan pedaging. Antara lain:

1. Medion

Yang pertama yakni Medion. Produsen ini terbilang sebagai produsen vitamin terlama dan telah memiliki nama serta reputasi yang baik di lingkungan peternak dengan banyak menghasilkan vitamin, obat serta vaksin untuk hewan ternak. Medion telah menghasilkan banyak produk untuk ayam pedaging, ayam petelur, ikan, babi, sapi dan kambing. Selain itu, Medion juga menyediakan peralatan perlengkapan peternak unggas, seperti tempat minum ayam, tempat pakan ayam, dan lain sebagainya.

Medion telah berdiri sejak 40 tahun lalu dan telah memiliki banyak cabang di hampir seluruh wilayah di Indonesia. Untuk kegiatan vaksin, Medion tidak hanya memproduksi vaksin, melainkan juga menyediakan layanan vaksin bagi hewan ternak.

2. Mensana

Produsen ini berdiri 20 tahun setelah Medion. Mensana merupakan perusahaan yang menyediakan berbagai macam obat, vaksin, dan peralatan peternakan lainnya. Sama seperti Medion, Mensana juga memiliki beberapa cabang yang tersebar di wilayah Indonesia, sehingga sangat mudah menemukan produk dari Mensana.

3. M2P

Yang ketiga yakni M2P. Dibandingkan dengan Mensana dan Medion, M2P terbilang baru berdiri sebagai penyedia obat dan vitamin bagi hewan ternak. Perbedaan dengan dua perusahaan lainnya, produk yang dihasilkan oleh M2P diklaim memiliki harga yang lebih terjangkau. Namun, produk M2P masih jarang ditemukan karena masih sangat baru dalam dunia peternakan.

Jenis Vitamin untuk Ayam Pedaging

Ada beberapa jenis vitamin yang dapat diberikan pada ayam pedaging selama diternakkan. Antara lain:

a. Vitamin C

Jenis vitamin yang satu ini sangat bermanfaat pada ayam yang sedang mengalami atau hendak mengalami sakit. Vitamin C memiliki kegunaan untuk membantu memperkuat daya tahan tubuh dari penyakit yang menyerang dan bertahan dari penyakit tersebut.

Selain menjaga kondisi daya tahan tubuh, Vitamin C pada ayam pedaging juga membantu menjaga fungsi hati, jantung, limpa dan bursal ternak ayam.

b. Vitamin B1, B2, B6, B12

Yang kedua yakni vitamin B kompleks. Vitamin B1 pada ternak ayam akan membantu mencukupi kebutuhan energi pada ayam. Di sisi lain, Vitamin B2 dapat membantu bagian usus ayam untuk mencerna makanan yang masuk, khususnya karbohidrat dan protein pada pakan agar dapat terolah dengan sempurna.

Vitamin B6 untuk ayam dapat membantu kelancaran peredaran darah dengan mengangkut oksigen ke seluruh tubuh ayam. Sedangkan Vitamin B12 dapat merubah makanan atau pakan yang masuk menjadi energi yang dibutuhkan oleh tubuh ayam dalam beraktifitas.

c. Lysine

Pakan yang diberikan pada ternak ayam umumnya mengandung protein sekitar 20 hingga 25 persen yang nantinya akan dirubah dan dibentuk menjadi daging oleh tubuh ternak ayam. Disini, ayam perlu bantuan untuk proses tersebut dan tidak hanya mengandalkan tubuh ayam. Terlebih jika ayam dalam kondisi yang tidak optimal akibat terserang penyakit.

Diperlukan Lysine dalam proses pembentukan pakan menjadi daging padat pada tubuh ayam. Lysine sendiri memiliki fungsi untuk membantu memproses protein yang masuk ke dalam tubuh ternak ayam.

d. ATP

 ATP atau Adenosima trifosfat adalah suatu energi yang langsung diserap oleh tubuh tanpa perlu diproses terlebih dahulu. Sekarang ini, DOC yang baru datang dapat diberi ATP secara langsung dibandingkan gula. Hal ini dikarenakan ternak ayam yang diberikan gula memerlukan proses yang lebih lama untuk mengolah, sedangkan kondisi ayam sudah mengalami kelelahan akibat perjalanan yang panjang.

Pemberian ATP pada anak ayam dapat menyembuhkan kelelahan lebih cepat dan juga dapat meningkatkan nafsu makan anak ayam.

e. Sorbitol

Sorbitol merupakan gula alkohol yang nantinya akan diproses oleh tubuh secara lambat. Dengan kinerja yang lambat tersebut, Sorbitol dapat memenuhi kebutuhan gula yang akan datang pada ternak ayam.

f. Elektrolit

Elektrolit pada manusia erat kaitannya dengan 3L, yakni Lelah, Letih dan Lesu. Tidak hanya manusia, ternak ayam juga dapat mengalami 3L tersebut, terutama saat musim panas datang atau pada saat ayam kekurangan cairan tubuh.

Pemberian elektrolit pada ternak ayam dapat membantu tubuh mencukupi cairan yang hilang akibat paparan panas matahari dari waktu ke waktu, stress dan juga memulihkan tubuh ayam setelah mengalami mencret atau penyakit pencernaan lainnya.

g. Paracetamol

Vitamin yang satu ini juga berguna sebagai obat pada ternak ayam. Paracetamol mempunyai fungsi untuk membantu menyembuhkan rasa sakit yang diderita oleh ternak ayam, mulai dari sakit ringan hingga sakit berskala sedang. 

Paracetamol pada manusia umumnya dikonsumsi pada saat merasakan sakit atau nyeri pada bagian kepala, gigi, maupun membantu penyembuhan pada saat sakit flu. Untuk ternak ayam, paracetamol diberikan dan dimanfaatkan untuk membantu menurunkan panas atau demam, terutama diberikan pada ternak ayam saat cuaca panas di siang hari.

Vitamin pada ternak ayam dapat membantu menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh apabila diberikan sesuai dengan kebutuhan atau dosis yang pas. Sebaliknya, apabila pemberian dosis vitamin berlebihan maka dapat menimbulkan berbagai gangguan dan penyakit lainnya pada hewan ternak.

Ada baiknya dilakukan pemeriksaan menyeluruh pada hewan ternak sebelum diberikan berbagai jenis vitamin. Pemeriksaan dapat dilakukan oleh dokter hewan atau pihak berwenang lainnya agar ayam dapat diberikan vitamin dengan dosis yang pas sesuai dengan kebutuhan tubuh ayam.

Pilih juga vitamin dengan merk produsen kenamaan atau sesuai dengan anjuran dokter. Hal ini untuk menghindari efek samping berbahaya pada hewan ternak yang dapat mengganggu metabolisme tubuh hewan ternak setelah diberikan vitamin.


No comments

Post a Comment

DON'T MISS

Facebook, Instagram, Tiktok, Youtube
© all rights reserved
i want my journey to be full of laughter