Slider

Yeppeo! OOTD Hijab ala Remaja Kekinian Korea Selatan

 Neomu yeppeo!

Untuk kalian yang menyukai K-Drama dan K-Pop pasti sudah tidak asing dengan kalimat tersebut. Yup! Artinya adalah sangat cantik.

Semenjak dunia dilanda pandemi, masyarakat berlomba-lomba mencari hobi ataupun kegiatan baru yang dapat menjadi obat jenuh dan bosan selama berkegiatan di dalam rumah. Mulai dari memasak, membuka usaha kecil-kecilan, bercocok tanam hingga marathon menghabiskan seri drama Korea.

Tidak seperti zaman dulu yang hanya bisa ditonton melalui televisi dan harus mengunduh per episode, sekarang, kita bisa dengan mudah menjangkau dan mengonsumsi berbagai produk budaya Korea Selatan melalui platform-platform digital.

Musik asal Korea Selatan atau biasa disebut K-Pop dan drama Korea menjadi sasaran utama konsumsi masyarakat. Selain dibintangi oleh para aktor, aktris dan penyanyi berwajah rupawan serta penuh talenta, gaya pakaian para selebriti Korea Selatan berhasil menarik minat para penikmat fashion untuk meniru sebagai gaya sehari-hari.

Pada artikel kali ini kami akan memberi penjelasan singkat mengenai tren pakaian Korea Selatan dan beberapa padu padan pakaian yang bisa digunakan para hijabers untuk OOTD kegiatan sehari-hari.

Penasaran? Yuk, simak penjelasan di bawah ini!

Gaya Pakaian Wanita Korea Selatan

Cr: pinterest.com

Sama seperti tren fashion pada umumnya, gaya pakaian wanita Korea Selatan juga mengalami perubahan yang sangat dinamis. Tapi terdapat beberapa gaya pakaian yang menjadi ciri khas wanita Negeri Gingseng tersebut, yakni memakai warna-warna basic, warna-warna pastel dan warna-warna earth tone.

Gaya pakaian wanita Korea Selatan tidak memiliki motif atau pattern yang terlalu ramai dan lebih banyak bermain di potongan dari pakaian itu sendiri. Seperti potongan asimetris, layering, dan lain-lain.

Kali ini terdapat beberapa gaya pakaian yang terinspirasi dari negara Korea Selatan yang bisa kalian tiru untuk OOTD kegiatan sehari-hari. Yuk, simak di bawah ini!

Chunk Sneakers

Chunk sneakers atau yang biasa dikenal sebagai dad sneaker adalah salah satu jenis sepatu sneakers yang telah menjadi item fashion paling diburu sejak dua tahun belakangan. Jika dulu dad sneakers banyak diproduksi oleh brand-brand seperti Puma dan Adidas, saat ini dad sneakers juga menjadi produk dari brand kenamaan. Seperti Gucci dan Balenciaga.

Tren dad sneakers juga melanda Korea Selatan, dimulai dari para boy group dan girl group Korea Selatan yang mengenakan sepatu tersebut sebagai pelengkap padu padan airport fashion mereka.

Cr: pinterest.com

Sol yang cukup tebal membuat kita jadi lebih tinggi beberapa sentimeter dan membuat kaki semakin jenjang. Kalian bisa memadukan dad sneakers ini dengan jeans dan oversized sweater untuk memberi kesan santai dan boyish seperti pada contoh gaya yang satu ini.

Printed Shirt

Printed shirt atau kemeja dengan motif ramai dan memiliki beragam warna menjadi salah satu item fashion yang terinspirasi dari gaya artis Korea Selatan. Tren ini mendaur ulang tren fashion tahun 80 hingga 90an dengan motif ramai pada kemeja kita.

Cr: pinterest.com

Di gaya satu ini, kalian bisa memadu padankan kemeja dengan warna cerah dengan wide black jeans dan manset berwarna hitam untuk mengimbangi warna dan corak dari kemeja. Dngan high cut sneakers, gaya ini bisa kalian gunakan untuk jalan-jalan dengan teman.

Satu tips dari gaya ini, kalian bisa mengenakan hologram bag sebagai highlight dari padu padan pakaian kalian.

Topi Baret

Topi baret atau beret hat sebenarnya pertama kali diproduksi secara massal pada abad ke-19 oleh negara Prancis dan Spanyol sebagai bagian dari seragam unit militer dan polisi, yang kemudian digunakan di hampir semua negara. Topi baret menjadi bagian tren fashion dan item fashion Negeri Gingseng setelah beberapa artis K-Pop memakai topi sejenis untuk padu padan stage style dan juga padu padan pakaian sehari-hari.

Cr: pinterest.com

Di contoh gaya ketiga, kalian bisa memadukan asymmetric ruffle skirt dengan pola kotak-kotak dengan kaos lengan panjang warna putih dan topi baret warna hitam yang senada dengan hijab kalian. Dengan tambahan riasan minimalis, mix and match ini akan memberi kesan elegan dan girly untuk tampilan kalian.

Cargo Pants

Cargo pants atau celana kargo yang dulu lebih banyak digunakan untuk aktivitas luar ruangan atau outdoor, sekarang celana kargo menjadi item fashion yang digemari oleh semua kalangan untuk berbagai kegiatan. Celana kargo mulai banyak digunakan setelah salah satu girl group Korea Selatan, ITZY, menjadikan celana kargo sebagai padu padan pakaian untuk tampil di berbagai music show Korea Selatan.

Cr: pinterest.com

Jauh dari kesan gahar, kini celana kargo hadir dalam berbagai warna-warna menarik, termasuk warna lilac yang menjadi tren di tahun 2020.

Gaya satu ini bisa kita contek untuk memadukan celana kargo menjadi bagian OOTD untuk jalan-jalan atau sekedar ngopi cantik dengan teman-teman. Padukan celana kargo warna lilac kalian dengan tie dye shirt warna serupa. Dominasi warna putih membuat tampilan kalian terlihat kalem dan standout dalam satu waktu.

Oversized Over Everything

Seperti yang sudah disinggung di atas, tren pakaian Korea Selatan seringkali bermain dengan potongan oversized atau ukuran yang jauh lebih besar dari ukuran asli tubuh untuk OOTD sehari-hari. Selain terkesan santai, pakaian oversized memberi ilusi tubuh lebih kecil dari ukuran asli.

Cr: pinterest.com

Pada gaya yang satu ini, kalian bisa menggunakan wide pants warna pastel mint dengan atasan berwarna abu-abu kehijauan, yang dipadukan dengan warna putih dank rem untuk sepatu, hijab dan baguette bag. Kombinasi warna-warna earth tone ini membuat tampilan kalian terlihat nyaman dan hangat dalam satu waktu.

Earth Tone

Memadukan warna-warna earth tone dan warna putih merupakan salah satu kunci bergaya ala remaja Korea Selatan, seperti pada contoh gaya yang satu ini.

Cr: pinterest.com

Menggunakan midi skirt berpotongan lipit atau plisket yang dipadukan dengan vest warna krem pastel, tampilan kalian terlihat hangat dan cerah untuk dipakai di musim hujan seperti sekarang ini. Paduan warna putih menambah kesan pure dan hangat untuk tampilan kalian.

All Blue

Gaya yang digunakan oleh influencer Ayana Jihye Moon ini adalah salah satu padu padan yang terinspirasi dari gaya pakaian Korea Selatan.

Cr: pinterest.com

Menggunakan midi skirt berwarna biru muda cerah yang dipadukan dengan jaket denim berwarna serupa, tampilan ini memberi kesan cerah dan elegan dalam satu waktu. Bergaya monokrom merupakan salah satu trik mix and match yang cukup mudah namun juga susah dilakukan.

Tips untuk gaya monokrom, kalian bisa menggunakan gradasi warna serupa atau memberi pola tertentu dalam padu padan pakaian agar tidak terlihat jenuh atau membosankan. Kalian  juga bisa bermain pada jenis bahan yang digunakan, misalnya dengan memadukan bahan denim dengan satin dalam satu padu padan.

Nah, dari sekian banyak contoh mix and match, mana nih gaya yang jadi favorit kalian? Semoga artikel kali ini bisa menambah informasi dan menginspirasi para pembaca sekalian, ya! Stay safe and stay healthy!

No comments

Post a Comment

DON'T MISS

Facebook, Instagram, Tiktok, Youtube
© all rights reserved
i want my journey to be full of laughter